Jangan Kaget! Ternyata Ini 15 Manfaat Senam Aerobik Bagi Wanita, Luar Biasa

Komentar
manfaat senam aerobik
15 Manfaat Senam Aerobik Bagi Wanita (Foto: yaoutube.com)

Berapapun usia Anda, lakukanlah senam aerobik secara teratur!

Apa sih manfaat senam aerobik bagi tubuh kita? Yuk simak ulasannya biar nggak nyesel...

Senam aerobik merupakan salah satu olahraga yang paling diminati wanita. Senam ini memang cukup mengasyikkan dan sangat efektif untuk membuat kita berkeringat.

Terlebih lagi, di balik gerakan-gerakn lincah dan dinamis, senam aerobik ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Tak hanya itu, berapapun usia Anda, melakukan senam aerobik secara teratur dapat mendatangkan banyak manfaat untuk menstimulasi denyut jantung, pernapasan, dan baik untuk jantung Anda.

Manfaat senam aerobik bagi wanita gemuk juga efektif menurunkan berat badan. Melakukan senam aerobik selama kurang lebih satu jam saja sudah cukup banyak membakar kalori tubuh.

Pengertian Senam Aerobik

Pada dasarnya setiap olahraga yang dilakukan lebih dari 4 menit secara terus-menerus dapat disebut sebagai olahraga aerobik, termasuk berenang, berlari, hingga bersepeda. Di Indonesia sendiri, olahraga aerobik yang paling populer adalah senam aerobik, karena memang terdapat kata ‘aerobik’ di dalamnya.

Senam aerobik adalah serangkaian gerakan yang dilakukan beriringan dengan irama musik yang dilakukan dalam durasi waktu tertentu. Gerakan senam aerobik dilakukan untuk melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung meningkat. Tidak seperti tarian, gerakan senam aerobik selaras namun tidak terpaku oleh musik yang mengiringinya.

Manfaat Senam Aerobik


Senam aerobik (Rumu)

Seperti kami kutip dari manfaat.co.id, berikut adalah berbagai rincian manfaat senam aerobik setiap hari.

1. Aerobik dapat meningkatkan stamina dan daya tahan.

Manfaat senam aerobik bagi tubuh: Pasti setiap manusia pernah mengalami letih dan lesu dalam menjalankan berbagai aktivitas bahkan cenderung mudah sakit.

Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat meningkatkan stamina untuk beraktivitas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Meningkatkan fungsi jantung.

Nah dalam hal ini aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup ampuh. Aerobik dapat meningkatkan denyut dan menstabilkan irama jantung sehingga akan lebih sehat.

3. Manfaat senam aerobik untuk menurunkan berat badan.

Tentu setiap olahraga memiliki peran dalam menurunkan berat badan manusia, salah satunya adalah aerobik yang terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan secara bertahap.

4.Mengurangi berbagai penyakit / mencegah penyakit.

Nah yang satu ini penting untuk anda ketahui, aerobik dapat membantu mencegah berbagai penyakit berbahaya sebut saja stroke, jantung, kolesterol, dan berbagai kemungkinan lain bahkan penyakit kanker.

5. Ingin umur panjang ? Aerobik Solusinya.

Penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada tahun 1986, mengungkapkan bahwa untuk pertama kalinya ada hubungan ilmiah antara olahraga dan umur panjang. Aerobik merupakan salah satu olahraga yang dapat membuat tubuh anda sehat dan memiliki umur panjang.

6. Meningkatkan Kesehatan Otot.

Otot manusia membutuhkan oksigen untuk membantu agar terhindar dari asam laktat atau limbah lainnya. Aerobik akan mendorong pembuluh darah untuk menyediakan cukup oksigen dalam otot dan menjauhkannya dari berbagai limbah. Selain itu, dengan aerobik juga dapat mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan oleh penderita nyeri otot kronis dan sakit punggung.

7. Meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat mengaktifkan endorfin yang dapat memberikan rasa tenang dan sejahtera. Selain itu dengan melakukan aerobik anda juga dapat mengurangi stres yang ditimbulkan oleh berbagai aktivitas serta kesibukan anda.

8. Membersihkan arteri.

Latihan aerobik dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) sekaligus dapat menurunkan low-density lipoprotein (LDL), kolesterol jahat dalam darah. LDL dapat mengakibatkan penumpukan plak di arteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti jantung.

9. Memperkuat napas/stamina.

Jika anda sering merasa lelah ketika baru beraktivitas sebentar saja, itu artinya napas anda tidak kuat yang dapat disebabkan oleh lemak dan gangguan aliran oksigen dalam darah. Aerobik rutin dapat membantu mengembalikan fungsi napas agar anda lebih powerful dan kuat beraktivitas.

10. Mengurangi tekanan darah tinggi.

Aerobik juga dipercaya dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan dengan membantu melancarkan peredaran darah dan oksigen dalam tubuh.

Baca Juga: Inilah 5 Hal yang Dianggap Sepele Tapi Dapat Membahayakan Kesehatan Wanita

11.Mencegah diabetes.

Sudah bukan rahasia umum olahraga seperti aerobik merupakan cara ampuh untuk mencegah diabetes.

12. Mengatasi insomnia.

Insomnia merupakan penyakit sulit tidur yang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Terlepas dari penyebabnya, ternyata aerobik juga dapat membantu anda mengatasi sulit tidur dan membuat anda lebih nyenyak untuk tidur.

13. Aerobik memperkuat tulang dan sendi.

Ini adalah manfaat yang sangat penting bagi perempuan karena tulang yang kuat dan sendi mengurangi kemungkinan seorang wanita untuk terkena penyakit osteoporosis.

14. Awet muda.

Rajin beraerobik merupakan salah satu rahasia untuk membuat anda awet muda, pembakaran kalori,lemak, dan pembuangan keringat akan membantu meningkatkan elastisitas otot dan kulit sehingga tampak lebih cerah dan bersinar.

15. Untuk ibu hamil.

Manfaat senam aerobik bagi ibu hamil dapat membantu persalinan normal dengan meningkatkan elastisitas otot.

Melakukan Senam Aerobik Sederhana di Rumah


Senam aerobik (bolehkah.com)

Berikut ini adalah beberapa rangkaian gerakan senam aerobik yang dapat dilakukan sendiri di rumah.

Rocket jump

Berdirilah agak bungkuk dengan kedua kaki dibuka sedikit. Tekuk lutut sedikit. Tempatkan kedua telapak tangan pada paha. Melompatlah dengan tangan lurus ke atas, serta meluruskan kaki.

Mendaratlah dengan pelan. Kemudian posisikan tubuh kembali pada posisi sebelum lompat. Lakukan dua set dengan pengulangan sebanyak 15-25 kali.

Squat jump

Berdirilah tegap, kencangkan perut dan luruskan punggung. Kemudian berjongkoklah dengan mendorong bokong ke belakang seperti akan duduk dan punggung masih lurus seperti membentuk sudut 45 derajat. Lengan berada pada kanan kiri lutut.

Lompatlah tinggi-tinggi dengan merentangkan tangan ke kanan dan kiri dan kaki terbuka lebar. Mendaratlah dengan ringan dengan posisi kembali membungkuk dan tangan berada pada sisi kiri kanan lutut. Lakukan dua rangkaian masing-masing dengan 15-25 pengulangan.

Squat

Dengan kedua kaki dibuka sejajar bahu, julurkan kedua tangan ke depan dan rendahkan paha serta bokong hingga mencapai posisi seperti orang duduk di kursi, dengan posisi paha yang sejajar lantai.

Jaga agar punggung tetap lurus membentuk sudut 45 derajat, kedua tangan lurus ke depan. Ulangi gerakan-gerakan tersebut sebanyak 15-25 kali.

Burpee 

Dilakukan dengan rangkaian gerakan sebagai berikut:

- Dari posisi berdiri, ambil posisi jongkok dengan kedua tangan memegang lantai.- Kemudian luruskan kedua kaki ke belakang dengan kedua tangan tetap di lantai, hingga membentuk posisi push-up.
- Dengan cepat, kembali ke posisi jongkok tanpa mengubah posisi tangan, lalu berdirilah dengan kedua tangan meraih ke atas.

- Ulangi gerakan ini sebanyak 15-25 kali.

Jika Anda sudah lama tidak melakukan olahraga rutin dan ingin melakukan senam aerobik, mulailah dengan durasi dan intensitas ringan. Misalnya melakukan gerakan lima menit di pagi hari, kemudian 2-3 hari berikutnya meningkat menjadi 10 menit, dan seterusnya.

Namun jika Anda memiliki penyakit kronis, konsultasikan dulu ke dokter sebelum berolahraga. Misalnya Anda mengidap artritis, maka Anda perlu menanyakan bagaimana agar tetap dapat melakukan senam aerobik yang aman untuk kondisi Anda.

Nah, itulah sederet manfaat senam aerobik bagi tubuh kita. Jadi, mulai sekarang rajin-rajin ya melakukannya.
Top