Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Pria, Wanita, Maupun Ibu Hamil

 08 Feb 2019  Cheryl mikayla
Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Pria, Wanita, Maupun Ibu Hamil

Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Pria, Wanita, Maupun Ibu Hamil (foto: tribunnews.com)

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang kini mulai populer.

Olahraga ini tidak membutuhkan kekuatan fisik yang berlebih seperti berlari, melompat, atau menendang sehingga cocok bagi siapa saja, termasuk lansia maupun ibu hamil.

Selain itu, banyak sekali manfaat kesehatan yang bakal didapatkan.

Manfaat yoga untuk kesehatan sudah banyak dikenal luas di masyarakat karena Yoga dianggap dapat membantu membuat kondisi mental, emosional, dan spiritual menjadi lebih baik.

Hal tersebut didukung oleh banyak penelitian yang mengatakan Yoga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan serta kualitas hidup bagi yang rutin melakukannya.

Yoga sendiri berkembang semenjak 5-10 ribu tahun yang lalu di India. Kata yoga berasal dari bahasa Sansekerta “Yuj” yang berarti penyatuan jiwa dan kesadaran yang tak terbatas serta jiwa dan kesadaran yang universal dan ilahi.

Sederhananya, yoga dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat membawa jiwa dan raga kembali menuju kenyataan.

Yoga adalah sebuah aktivitas fisik yang melibatkan meditasi dengan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh untuk mencapai keselarasan dan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas, dan tubuh Anda.

Jenis-jenis yoga

Yoga terus berkembang selama berabad-abad dan dipengaruhi oleh beragam budaya, hingga kini tercipta berbagai jenis yoga;

  • Yoga Hatha: Kelas-kelasnya terdiri atas kelas pengantar, postur dasar yoga, hingga teknik pernapasan. Yoga hatha lebih berfokus kepada aspek fisik dibandingkan mental.
  • Yoga Ashtanga: Yoga ashtanga terdiri atas 6 seri postur-postur yoga yang kuat dan cukup menantang, dilakukan tanpa henti. Yoga tipe ini tidak direkomendasikan bagi yang memiliki otot dan sendi yang lemah.
  • Yoga Power: Diadaptasi dari yoga ashtanga tradisional pada tahun 1980-an. Merupakan jenis yoga yang dinamis dan menantang,
  • Yoga Bikram: Yoga bikram terdiri atas 26 gerakan dan 2 rangkaian pernapasan. Yang unik dari jenis yoga ini adalah harus dilakukan di ruangan yang panas dengan suhu sekitar 40,6º C dan kelembapan 40%.
  • Yoga Iyengar: Jenis yoga yang mengimplementasikan penggunaan benda-benda seperti selimut, tali, kursi, atau bantalan untuk membentuk postur.
  • Yoga Kundalini: Dalam bahasa Sansekerta, “Kundalini” diartikan sebagai gulungan, menyerupai gerakan ular yang fleksibel. Jenis yoga ini menggabungan rangkaian gerakan, meditasi, dan nyanyian yang dibuat untuk membangkitkan tenaga dalam yang terletak di bagian bawah tulang belakang.
Setiap jenis yoga memiliki gerakan, rutinitas, dan manfaat yang berbeda-beda. Maka dari itu, pilihlah jenis yoga yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

Nanfaat Yoga Untuk Pria

Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Pria, Wanita, Maupun Ibu Hamil

Kompas.com

Pada umumnya, kelas-kelas yoga yang tersedia di berbagai pusat olahraga dihadiri oleh wanita. Namun faktanya yoga bukan olahraga khusus wanita saja.

Manfaat Yoga untuk pria juga luar biasa, diantaranya:

1. Meningkatkan jangkauan gerak tubuh

Pria memiliki banyak kelompok otot keras, seperti hamstring (otot belakang paha), glutes (pinggul dan bokong), perut, dan bahu.

Yang tidak kita sadari, otot-otot ini memiliki batasan kemampuan untuk dilatih memenuhi kapasitas rentang geraknya.

Gerakan yoga untuk pria bisa membuka jalan bagi otot-otot ini bekerja lebih optimal.

2. Melancarkan pernapasan

Yoga akan menantang untuk memusatkan energi pada tarikan dan hembusan napas, khususnya saat Anda berjuang untuk menjaga postur yang rumit dan tidak familiar untuk tubuh.

Semakin intens kelas yoga, gerakan-gerakan ini “memaksa” Anda untuk memperlambat laju pernapasan daripada mempercepatnya.

Teknik pernapasan ini akan mengajarkan Anda untuk mengambil napas panjang dan perlahan di saat benar-benar membutuhkannya, sekaligus memperluas kapasitas paru untuk memungkinkan Anda menghirup oksigen dalam jumlah yang sama, atau bahkan lebih banyak, dengan pernapasan pendek.

3. Menguatkan keseimbangan tubuh

Yoga melibatkan banyak gerakan unik sebagai tambahan dari gerakan-gerakan klasik, seperti down dog, plank, dan variasi lain dari gerakan lateral, twisting, spinal-arch, dan banyak latihan keseimbangan lainnya.

Melalui gerakan-gerakan unik ini, tubuh akan dipacu untuk mengembangkan kapasitas otot dalam cara yang baru dan sama sekali tidak diduga, untuk menguatkan otot penyeimbang tubuh dan meningkatkan kesehatan persendian seiring waktu.

4. Relaksasi

Yoga adalah pilihan aktivitas yang pas untuk mengisi “kekosongan” hari, di mana kita bisa tetap aktif sekaligus mendapatkan waktu relaksasi dan pemulihan otot, guna menjaga kebugaran tubuh.

5. Menyeimbangkan tubuh, mental, dan holistik

Selain membantu memperbaiki keseimbangan fisik, yoga akan mendorong kita untuk mengeksplorasi kapasitas tubuh dengan pose-pose rumit, guna membiarkan kita tahu dimana letak kelemahan tubuh sebenarnya. Selain itu, yoga termasuk ampuh untuk membantu mengatasi stress.

Seiring waktu, yoga akan melatih kita untuk mulai mengganti pola makan dan gaya hidup secara naluriah. Selama yoga, pikiran bisa berhenti sejenak untuk tetap fokus dan tenang.

Singkatnya, fokus, produktivitas, dan wawasan kreativitas semua bisa ditingkatkan dengan rutin beryoga.

6. Membentuk otot

Yoga menggunakan berat tubuh kita sendiri untuk membangun massa dan kekuatan otot.

Dengan beryoga, kita juga bisa mendapatkan manfaat pembentukan otot yang sama optimalnya dari bench press dengan melakukan push-up, squat, dan leg lift yang dimodifikasi melalui gerakan khas yoga.

Hasilnya, massa dan kekuatan kelompok otot yang sama baiknya, namun akan selalu bertambah kuat seiring waktu.

7. Meringankan nyeri dan cedera

Yoga menggunakan gerakan terkontrol dan keselarasan antara fisik, sistem penggerak tubuh, dan pernapasan untuk membangun tubuh secara lebih efisien dan meminimalisir risiko cedera.

Manfaat Yoga Bagi Wanita

Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Pria, Wanita, Maupun Ibu Hamil

halodoc.com

Khusus wanita, yoga memiliki banyak manfaat yang lebih bagi kesehatan fisik maupun pikiran. Diantaranya:

1.  Melatih Kesabaran

Manfaat yoga bagi wanita yang pertama adalah untuk melatih kesabaran. Hal ini dikarenakan setiap gerakan yoga dilakukan dalam hitungan nafas, dimana jumlah nafas yang terhitung biasanya 3 sampai 7 kali (inhale dan exhale). Jadi sebisa mungkin, tahan gerakan tersebut hingga hitungan nafas selesai. Dengan melewatinya, disitulah letak kesabaran kamu dilatih saat beryoga.

2.  Sarana Relaksasi

Selama yoga berlangsung, Anda akan diiringi musik bertempo lambat yang sangat merelaksasi. Gerakan-gerakannya pun bersifat meregangkan otot-otot yang kaku.

Sejumlah riset telah membuktikan bahwa yoga dapat mengurangi tingkat stres seseorang. Berlatih yoga juga mampu memperbaiki mood, terlebih di beberapa hari menjelang menstruasi yang terkadang membuat wanita lebih sensitif dari biasanya.

3.  Fleksibilitas dan Kekuatan Tubuh

Sama seperti pria, manfaat yoga bagi wanita yang lain adalah meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh.

Baca Juga: Jangan Kaget! Ternyata Ini 15 Manfaat Senam Aerobik Bagi Wanita, Luar Biasa

4.  Memperbaiki Postur Tubuh

Sebagian besar gerakan yoga melibatkan kekuatan otot yang membuatnya jauh lebih produktif. Jika rutin berlatih, otomatis postur tubuh akan terbentuk lebih ideal dengan sendirinya.

Yoga juga membantu tubuh menjadi lebih peka, misalnya ketika tanpa sengaja postur duduk kita membungkuk, tubuh akan segera merubah ke posisi yang benar.

5.  Menurunkan Berat Badan

Ya, menurunkan berat badan menjadi salah satu manfaat yoga bagi wanita yang pastinya sangat diidam-idamkan.

Dengan berlatih satu jam saja, yoga dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan berjalan kaki santai dengan durasi yang sama.

6.  Kualitas Tidur Membaik

Pasca berlatih yoga, semua bagian otot yang tadinya kaku akan perlahan meregang. Peregangan inilah yang membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks untuk beristirahat.

Tak hanya itu, pikiran yang tenang setelah melakukan olahraga yoga juga akan memperbaiki kualitas tidur Anda di malam hari.

7.  Tingkatkan Gairah Hubungan Intim

Bagi yang sudah menikah, yoga juga mampu meningkatkan performa berhubungan intim dengan pasangan.

Hal ini dikemukakan oleh Rak Sahelian, M.D. dalam buku Natural Sex Boosters, Ia menjelaskan bahwa peningkatan peredaran darah di berbagai bagian tubuh setelah rutin beryoga, termasuk daerah pinggang ke bawah, merupakan alasan utama di balik meningkatnya gairah wanita.

Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil

Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Pria, Wanita, Maupun Ibu Hamil

ibudanmama.com

Kusus bagi ibu hamil, Anda bisa berlatih prenatal yoga atau yoga hamil.

Apa saja manfaat dari prenatal yoga?

1. Membantu tubuh untuk tetap sehat, kuat, dan aktif

Di masa kehamilan, tubuh Anda mengalami perubahan yang cukup drastis, baik secara fisik, hormonal maupun emosional.

Hormon seperti estrogen, progesteron, prolaktin, relaxin, dan oksitosin meningkat tajam dan mengubah tubuh Anda.

Berlatih prenatal yoga bisa membantu Anda untuk bisa beradaptasi secara konsisten terhadap perubahan tubuh Anda.

Selama 9 bulan, area tubuh bawah Anda akan membawa beban yang lebih berat karena pertumbuhan bayi Anda. Banyak gerakan yoga yang akan membantu Anda tetap sehat dan kuat, dan di saat yang sama membantu Anda merasa rileks menjalani masa kehamilan.

2. Belajar teknik pernapasan lebih baik

Berlatih teknik pernapasan akan memberikan efek baik tak hanya bagi fisik namun juga bagi mental Anda.

Di masa kehamilan, sering kali perubahan hormon yang terjadi tidak hanya mempengaruhi diri Anda secara fisik namun juga membuat emosi atau mood Anda naik turun tanpa alasan.

Bila Anda bisa bernapas lebih baik, hal ini bisa membantu Anda mengontrol emosi selama kehamilan.

Tak hanya itu saja, dalam proses kelahiran bayi, bernapas yang baik akan membantu Anda mengurangi atau mengontrol rasa sakit selama proses kontraksi. Istilah yang sering saya gunakan: “Napas adalah sahabat terbaik saat melahirkan

3. Membantu meningkatkan keseimbangan tubuh dan mengurangi sakit pinggang

Masalah umum yang sering dialami ibu hamil biasanya adalah kehilangan keseimbangan tubuh, dan pertumbuhan bayi dalam rahim yang juga sering mengakibatkan sakit pinggang berkepanjangan.

Banyak gerakan prenatal yoga yang akan membantu sirkulasi tubuh, melatih keseimbangan tubuh, dan membantu merenggangkan otot pinggang.

4. Melatih diri dan mempersiapkan area pinggul untuk proses melahirkan

Banyak postur dalam prenatal yoga yang ditujukan untuk membantu mempersiapkan otot-otot di area pinggul lebih lentur dan fleksibel untuk proses melahirkan. Beberapa postur seperti squat atau jongkok, biasanya dilatih berulang kali untuk membantu membuka area pinggul dan pelvis.

Tak hanya latihan fisik, sering kali juga ada penggabungan persiapan mental, misalkan berlatih cara-cara memadukan napas dengan postur dan mengontrol rasa sakit saat proses kontraksi. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk persiapan melahirkan secara normal.

5. Membantu relaksasi dan melatih diri lebih mudah beristirahat

Di masa kehamilan, biasanya Anda punya kecenderungan merasa cemas sepanjang waktu. Intuisi sebagai calon Ibu membuat Anda tak bisa berhenti memikirkan perkembangan bayi Anda, persiapan melahirkan, atau bahkan semudah memilih makanan bernutrisi pun menjadi kekhawatiran.

Tak hanya rasa cemas, saat memasuki trimester ketiga kehamilan Anda, sulitnya memilih posisi tidur juga bisa menjadi penyebab utama insomnia datang.

Berlatih prenatal yoga secara rutin bisa memiliki peran besar untuk membantu Anda lebih tenang dan lebih rileks di kala rasa cemas tiba-tiba muncul. Anda juga bisa menghalau insomnia dengan mempraktikkan pose relaksasi atau savasana.

6. Menjalin ikatan mendalam dengan jabang bayi

Saat berlatih yoga hamil, banyak sekali gerakan yang membuat bayi merasa nyaman, dan sering kali juga instruktur mengajarkan cara-cara berkomunikasi dengan bayi, misal mengusap perut sebelum memulai yoga dan meminta Anda memberitahukan bayi Anda bahwa Anda dan jabang bayi akan bergerak bersama.

Hal ini membuat Anda merasa lebih nyaman saat berlatih dan juga membuat Anda lebih terbiasa berkomunikasi dengan bayi Anda.

Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Secara Umum

Secara umum, yoga juga memiliki manfaat kesehatan, diantaranya:

  • Mengatur berat badan.
  • Membantu mencegah dan mengobati beberapa masalah kesehatan seperti penyakit jantung, artritis, asma, dan tekanan darah tinggi.
  • Meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi stres, depresi, dan gangguan tidur.
  • Melancarkan pernapasan.
  • Menguatkan keseimbangan tubuh.
  • Menjaga kebugaran tubuh.
  • Relaksasi dan pemulihan otot setelah olahraga.
  • Meringankan nyeri dan cedera.
  • Membentuk otot.
Nah demikianlah pembahasan lengkap manfaat yoga bagi kesehatan pria, wanita maupun bagi ibu yang sedang mengandung.

Semoga artikel ini menambah wawasan serta bermanfaat untuk Anda.

KOMENTAR