5 Amalan Malam Jumat yang Disukai dan Disunnahkan Oleh Rasulullah

Penulis duwi Pebrianti | Ditayangkan 31 Aug 2018


3 Amalan Malam Jumat yang Disukai dan Disunnahkan Oleh Rasulullah

Amalan via fadlilsangaji.wordpress.com

Hari Jumat adalah hari yang istimewa bagi umat Islam

Lantas apa saja amalan malam jumat yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW? Berikut adalah 3 amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk dilakukan setiap hari Jumat. 

Bagi setiap umat Islam, Jumat adalah momen yang istimewa. Sebab di hari Jumat banyak sekali keistimewaan, keagungan dan keutamaan melebihi hari-hari lain. 

Bahkan sebagian umat Islam menyebut hari Jumat sebagai hari raya mingguan umat Islam. Di hari ini banyak orang yang berbondong-bondong melakukan ibadah demi meraih pahala dan ridho Allah SWT. 

"Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya Fitri" hadist riwayat Al Imam al Syafi'i dan al Imam Ahmad.

”Hari terbaik di mana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat” (HR. Abu Hurairah)

Berdasarkan kalender hijraiyah, hari Jumat mulai berlangsung saat Kamis petang saat matahari terbenam. Untuk itu sangat disarankan melakukan amalan-amalan sunnah di malam Jumat. 

Baca Juga : Amalan Mustajab untuk Hadapi Penyakit dan Musibah Anjuran Rasulullah SAW

Berikut adalah 3 amalan malam Jumat yang disukai dan disunnahkan oleh Rasulullah dibawah ini.

Amalan Malam Jumat sesuai Sunnah Rasul 

Menyambut hari istimewanya umat Islam tentu kita perlu memberikan yang terbaik dengan persembahan amalan-amalan yang baik pula.

Berikut ialah amalan-amalan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW di mala jumat dan bernilai pahala yang sangat besar. 

1. Membaca Surat Al Kahfi

Amalan malam jumat yang pertama ialah membaca surat Al Kahfi. Keutamaan membaca surat ini ialah memberikan ketenangan hati hingga satu minggu ke depan. 

Selain itu, dengan membaca surat ini kita akan diterangi cahaya antara dua Jumat. Selain itu kita juga akan dijauhkan dari fitnah Dajjal. 

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan untuknya Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menyinarinya dengan cahaya antara dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim)

Mengapa surat Al Kahfi bisa menjauhkan kita dari fitnah Dajjal? Sebab pada surat ini terkandung empat pembelajaran yang penting. Diantaranya ialah: 

  • Kisah tentang ujian keimanan yang dialami oleh sekelompok pemuda yang dikenal dengan Ashabul Kahfi. Dikisahkan mereka rela pergi dari kampung halamannya dan bersembunyi di gua demi menjaga keimanannya dari raja yang lalim, yang saat itu memerintahnya. 
  • Kisah Shohibul Jannatain atau pemilik dua kebun yang kufur terhadap nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT karena tergoda harta duniawi.
  • Kisah dialog antara Nabi Musa dan Nabi Khidir. Musa diperintahkan untuk belajar kepada Nabi Khidir, sekalipun beliau adalah seorang Nabi yang memiliki Taurat. Dalam kisah tersebut terkandung pelajaran bahwa diatas orang yang berilmu ada orang yang berilmu. Dan menunjukkan pentingnya rendah hati, meski merasa memiliki ilmu. 
  •  Kisah Dzulqarnai, seorang raja yang menguasai hampir seluruh dunia, dari ujung timur hingga ujung barat. Ia adalah sosok mukmin yang bertauhid, penyayang dan tidak menyimpang dari jalan keadilan hingga dicintai oleh Allah SWT.  

Baca Juga: 10 Amalan Sunnah di Hari Jumat Awal Bulan Rajab yang Memiliki Keutamaan Berlimpah Pahala

2. Membaca Salawat Nabi Muhammad SAW

Amalan malam jumat selanjutnya ialah memperbanyak membaca salawat. Membaca salawat ini memiliki banyak manfaat, salah satunya ialah mendorong agar doa kita dikabulkan oleh Allah SWT. 

"Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan selawat kepada Muhammad dan keluarganya." (HR Thabrani).

“Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling afdhal adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. Oleh karena itu perbanyaklah shalawat di hari Jum’at, karena shalawat akan disampaikan kepadaku.” (Aus Bin Aus ra)

3. Memperbanyak Berdoa 

Saat hari Jumat datang umat Muslim disunahkan untuk memperbanyak berdoa. Namun tidak berarti di hari yang lain kita tak berdoa kepada Allah SWT ya. Hanya saja berdoa di hari jumat memiliki keutamaan tersendiri sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini:

”Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangan beliau sebagai gambaran akan sedikitnya waktu itu (H.R Abu Hurairah dan Muttafaqun Alaih)

4. Membaca Surat Yasin 

Sunah malam Jumat selanjutnya ialah membaca Surat Yasin. Keutamaan membaca surat tersebut yakni Allah akan mengabulkan permintaan kita sebagaimana hadist berikut ini: 

"Barangsiapa membaca Surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya." (HR Abu Daud dari al-Habr).

Baca Juga : Amalan yang Dapat Menghapus Dosa

5. Berhubungan Suami Istri 

Amalan malam Jumat yang populer diketahui masyarakat ialah berhubungan suami istri. 

Sebagian ulama berpendapat bahwa berhubungan suami istri juga menjadi amalan sunnah malam Jumat. Imam Al Ghazali misalnya menjelaskan mengenai berhubungan suami istri di malam Jumat.

Jika perlu memilih hari dalam berjima (hubungan suami istri), adakah keutamaan malam Jumat dibandingkan malam-malam lainnya? 

Dalam hal ini, hadis yang sah dijadikan rujukan ialah hadist riwayat Tirmidzi nomor 496, An-Nasai 3/95-96, Ibnu Majah nomor 1078, dan Ahmad 4/9.

"Barangsiapa (yang menggauli istrinya) sehingga mewajibkan mandi pada hari Jumat kemudian diapun mandi, lalu bangun pagi dan berangkat (ke masjid) pagi-pagi, dia berjalan dan tidak berkendara, kemudian duduk dekat imam dan mendengarkan khutbah dengan seksama tanpa sendau gurau, niscaya ia mendapat pahala amal dari setiap langkahnya selama setahun, balasan puasa dan shalat malam harinya," (HR. Tirmidzi, An-Nasa'i, Ibnu Majah dan Ahmad).

Namun ada pula ulama yang berbeda pendapat, yakni Syekh Wahbah Az-Zuhayli, seorang ulama Ahlussunnah dunia di Damaskus Suriah menyebutkan bahwa Rasulullah tidak menganjurkan suami - istri mengkhususkan malam Jumat untuk berhubungan badan.

"Di dalam sunah tidak ada anjuran berhubungan seksual suami-istri di malam-malam tertentu, antara lain malam Senin atau malam Jumat. Tetapi ada segelintir ulama menyatakan anjuran berjima' di malam Jumat," sebagaimana tertulis dalam buku Syekh Wahbah Az-Zuhayli, Al-Fiqhul Islami wa Adillatuh, cetakan kedua. 

Nah, itulah 5 amalan malam jumat yang disukai dan disunnahkan Rasulullah. Mari lakukan 5 amalan tersebut semoga Allah SWT melimpahkan pahala yang besar kepada kita semua.