10 Amalan Sunnah di Hari Jumat Awal Bulan Rajab yang Memiliki Keutamaan Berlimpah Pahala

 08 Mar 2019  Penulis
10 Amalan Sunnah di Hari Jumat Awal Bulan Rajab yang Memiliki Keutamaan Berlimpah Pahala

Sumber gambar banjarmasin.tribunnews.com

Selain berpuasa sunnah Rajab, banyak juga amalan yang memiliki keutamaan berlimpah pahala lainnya yang bisa lakukan, agar jumatmu terus membawa berkah dalam hidupmu yang telah dirangkum wajibbaca.com.

Memasuki bulan Rajab 1440 hijriah dalam kalender Islam. Bulan ketujuh dalam kalender hiriah ini menjadi bulan yang mulia selain bulan-bulan mulia lainnya seperti Ramadhan, Syawal, Dzulhijah ata bulan lainnya.

Bertepatan di hari jum'at awal bulah Rajab tahun ini menjadi hari yang istimewa, sebab dihari jum'at pasti selalu trending di sosial media soal tagar #JumatBerkah.

Selain berpuasa sunnah Rajab, banyak juga amalan yang memiliki keutamaan berlimpah pahala lainnya yang bisa lakukan, agar jumatmu terus membawa berkah dalam hidupmu yang telah dirangkum wajibbaca.com.

1. Membaca Surat Kahfi

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jum’at.”(HR Hakim dalam Al-Mustadrok).

2. Sebanyak Mungkin Membaca Shalawat Nabi

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”.

Para sahabat berkata, “Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?”

Nabi bersabda,“Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa-i).

3. Perbanyak Doa di Waktu Mustajab Ini

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari Jum’at kemudian berkata, “Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.”

Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Banyak-banyak Dzikir Mengingat Allah

Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari jum’at, maka bersegeralah mengingat Allah…” (QS. Al Jumu’ah: 9).

Baca juga:

  1. Pengakuan Sedih Ibu yang Dibuang Anaknya di Tepi Jalan Tanpa Bekal Apa-apa
  2. Tanda-tanda Suami Sering Bohongi Istri, 7 Tanda Ini Bisa Jadi Buktinya
  3. Hutang Puasa Tahun Kemarin Belum Lunas, Apa Boleh Qadha Ramadhan Sekaligus Puasa Rajab?

5. Mandi Jumat

Dalam sebuah hadits dari  Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat, maka ia mandi seperti mandi janabah…” (HR. Bukhari dan Muslim).

6. Gunakan Pakaian yang Paling Disukai

Anjuran ini terkait erat dengan perintah shalat Jumat. Ketika sholat muslim menghadapkan dirinya pada Allah. Maka sepantasnyalah ia tampil dengan pakaian terbaiknya.

Nabi SAW bersabda, “Wajib bagi kalian membeli dua buah pakaian untuk shalat Jumat, kecuali pakaian untuk bekerja” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani)

7. Gunakan Wewangian

Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

8. Tidak Duduk dengan Memeluk Lutut Saat di Masjid

Ada sebuah larangan yang disampaikan Rasulullah SAW dalam sebuah hadis hasan yang diriwayatkan Abu Dawud dan Tirmidzi dari Sahl bin Mu’adz bin Anas. Ia  mengatakan bahwa Rasulullah SAW melarang Al Habwah (duduk sambil memegang lutut) ketika sedang mendengarkan khatib berkhutbah. Maka, menghindarkan diri dri prilaku yang dilarang tersebut pun bisa menjadikan sebuah amal ibadah.

9. Bergegas ke Masjid

Bersegera ke masjid merupakan salah satu sunnah yang bisa kita lakukan di hari Jumat.

Anas bin Malik berkata, “Kami berpagi-pagi menuju sholat Jumat dan tidur siang setelah shalat Jumat” (HR. Bukhari).

10. Melaksanakan Shalat Sunnah Setelah Shalat Jumat

Sama seperti shalat wajib lainnya, ada juga shalat sunnah yang mengiringi shalat Jumat. Shalat sunnah setelah shalat Jumat dilakukan dua rakaat atau empat rakaat.

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kalian telah selesai mengerjakan shalat Jumat, maka shalatlah 4 rakaat.” Amr menambahkan dalam riwayatnya dari jalan Ibnu Idris, bahwa Suhail berkata, “Apabila engkau tergesa-gesa karena sesuatu, maka shalatlah 2 rakaat di masjid dan 2 rakaat apabila engkau pulang.” (HR. Muslim, Tirmidzi)

10 Amalan Sunnah di Hari Jumat Awal Bulan Rajab yang Memiliki Keutamaan Berlimpah Pahala yang dianggap sepele ini seringkali diabaikan, padahal jika kita melakukannya makala pahala akan mengalir dengan deras.

Dengan mengerjakannya akan bertambah pula kebaikan pada diri kita. Wallahu A'lam.

KOMENTAR