Amalan yang Dapat Menghapus Dosa

Penulis Al Putra | Ditayangkan 25 Apr 2020

Amalan yang Dapat Menghapus Dosa

dosa - Image from Asli Indonesia

Setiap manusia tak ada yang terlepas dari berbuat kesalahan atau dosa. Dosa yang dilakukan manusia bisa berupa dosa kecil sampai dosa yang besar yang pasti akan ada balasan yang setimpal dari Allah subhanahu wa ta'ala.

Bukan hanya manusia biasa, bahkan para nabi dan rasul yang termasuk orang-orang pilihan Allah juga tidak terlepas dari berbuat dosa atau kesalahan.

Itulah yang menjadikan mereka senantiasa berdzikir mengingat Allah dan memperbanyak beristighfar atau memohon ampunan setiap waktu.

Seperti halnya Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, beliau sudah mendapat jaminan Syurga dari Allah subhananhu wa ta'ala, namun beliau senantiasa beristighfar memohon ampunan setiap harinya.

Lantas bagaimanakah dengan kita sebagai manusia biasa yang tidak mendapat jaminan apapun?

Nah, berikut ini merupakan amalan yang dapat menghapus dosa-dosa kita:

Baca Juga:

Menyempurnakan wudhu

Amalan yang Dapat Menghapus Dosa

wudhu - Image from Darunnajah

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang berwudhu lalu memperbagus wudhunya, dosa-dosanya akan keluar dari tubuhnya (yang terkena air wudhu) sampai keluar dari ujung jemarinya.” (HR. Muslim).

Selain amalan tersebut, kita juga perlu menyempurnakan wudhu walaupun dalam keadaan tidak menyenangkan seperti keadaan tubuh kedinginan, sibuk beraktivitas di lapang, dan lainnya.

Perbanyak Jalan Menuju Masjid

Amalan yang Dapat Menghapus Dosa

masjid - Image from Wahdah Islamiyah

Amalan yang satu ini terlihat sepele, tapi jangan salah mengerti! Bukan hanya sekedar memperbanyak berjalan menuju masjid tanpa tujuan, namun menyegerakan untuk datang memenuhi panggilan adzan ketika berkumandang agar dapat melaksanakan shalat berjama'ah di awal waktu.

Ketahuilah, bahwa setiap ayunan kaki yang melangkah untuk berjama'ah di masjid akan terampuni dosa dan derajat yang ditinggikan oleh Allah subhananahu wa ta'ala.

Menunggu Shalat Sesudah Shalat

Amalan yang Dapat Menghapus Dosa

masjid - Image from Ihram Asia

Diriwayatkan dalam sebuah hadits oleh Imam Muslim, yaitu: "Tunggulah shalat sesudah shalat."

Amalan ini merupakan salah satu yang dapat menghapus dosa-dosa kita. Banyak orang biasanya meninggalkan masjid setelah salam, padahal menunda untuk berlama-lama didalam masjid setelah shalat adalah amalan yang sangat baik.

Ketika diisi dengan banyak berdo'a, diniatkan i'tikaf, banyak berdzikir dan membaca Al-Qur'an tentunya nilainya jauh berbeda.

Amalan tersebut mungkin sangat sulit dilakukan bagi mereka yang memiliki banyak kesibukan duniawi, sehingga terasa berat. Namun, jika dilakukan dan dikerjakan dengan hati ikhlas, niat serta kesungguhan insyaallah terasa ringan untuk dapat dilakukan diantara waktu kesibukan kita.

Sedekah

Amalan yang Dapat Menghapus Dosa

sedekah - Image from Tribunnews.com

Sedekah merupakan amalan yang juga dapat menghapus dosa-dosa kita. Didalam syari'at islam, sedekah mempunyai banyak keutamaan diantaranya pahala yang dilipatgandakan oleh Allah dan menjadi penggugur dosa.

Sebagaimana dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, "Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api."

Segala sesuatu tentu berdasarkan niatnya. Jika sedekah dilakukan dengan niat ikhlas karena Allah, maka keutamaan itu mudah didapatkan atas izin-Nya. 

Sedekah selain mendatangkan ampunan dari Allah, juga  membersihkan harta kita agar menjadi barokah.

Bersabar Pada Setiap Ujian dan Cobaan

Amalan yang Dapat Menghapus Dosa

sabar - Image from Titiknol

Dalam sebuah hadits riwayat Imam Ahmad dijelaskan, Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla berfirman, “Sesunguhnya apabila Aku menguji seorang hamba-Ku yang mukmin, lalu ia memuji-Ku atas ujian yang Aku timpakan kepada-Nya, maka ia bangkit dari tempat tidurnya (dalam keadaan) bersih dari dosa seperti hari ibunya melahirkannya.“

Setiap manusia yang hidup didunia tidak akan terlepas dari setiap ujian dan cobaan, dan semua itu akan berakhir setelah kematian.

Maka, seringkali kita mendengar nasehat tentang sabar. Kita harus menanamkan pada hati kita benih-benih kesabaran, sifat keridhaan, keikhlasan, bahwa setiap ujian dan cobaab yang datang itu datangnya dari Allah subhanahu wata'ala.

Sehingga, jika seseorang mampu bersabar dan bertawakkal kepada Allah atas setiap ujian dan cobaab, maka ia akan memperoleh peluang ampunan yang besar dari Allah subhanahu wata'ala.

Mengerjakan Amal Shaleh

Memperbanyak berbuat amal shaleh merupakan salah satu amalan yang dapat menghapus dosa apabila dilakukan ikhlas karena Allah subhanahu wata'ala.

Banyaknya dosa yang kita lakukan akan dapat tertutupi oleh banyaknya amalan shaleh dan kebaikan yang dikerjakan. Di padang mahsyar nantinya akan ditimbang antara amal baik dan buruk kita, manakah yang lebih berat?

Imam Ahmad dan Tirmidzi meriwayatkan dalam sebuah hadits; "Bertakwalah kepada Allah di mana pun kamu berada, ikutilah kejelekan dengan kebaikan yang menghapusnya dan bergaullah dengan sesama manusia dengan akhlak (perangai/perilaku) yang baik.”

Semoga segala kebaikan kita mampu menutupi semua keburukan yang telah kita kerjakan dan senantiasa kita mengharapkan ampunan kepada Allah.

Itulah amalan-amalan yang dapat menghapus dosa-dosa kita jika kita kerjakan ikhlas karena mengharap keridhaan Allah subhanahu wata'ala. Semoga kita termasuk orang-orang yang berakhir dengan lebih banyak membawa kebaikan, aamiin.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb