Bacaan Allahummaghfirlaha Lengkap dengan Latin dan Artinya

Penulis duwi Pebrianti | Ditayangkan 16 Aug 2018


Bacaan Allahummaghfirlaha Lengkap dengan Latin dan Artinya

doa allahummaghfirlaha wajibbaca.com

Allahummaghfirlaha doa untuk apa? Apa arti dari doa Allahummaghfirlaha? Yuk simak doa selengkapnya dalam artikel ini.

Masih banyak dari kita yang belum memahami apa makna doa bacaan "Allahummagfirlaha" yang jarang di dengar atau jarang diketahui bila tidak pernah mempelajari agama lebih mendalam.

Sebenarnya bacaan "Allahummagfirlaha" termasuk doa umum yang digunakan ketika ada orang meninggal. 

Doa ini merupakan doa yang diamalkan untuk jenazah atau mayat. 

Doa ini dibacakan ketika sholat jenazah atau mayat . Sudah menjadi kewajiban sebagai umat muslim jika ada tetangga yang meninggal untuk berziarah dan dianjurkan membaca doa untuk mayat atau jenazah.

Dalam Islam doa untuk jenazah atau mayit laki-laki dan perempuan memiliki tata cara bacaan yang berbeda. 

Bacaan "Allahummagfirlaha", merupakan doa mohon perlindungan dan keselamatan, doa jenazah perempuan dewasa, dan doa jenazah laki-laki, untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

BACA JUGA

Memahami Doa Bacaan "Allahummagfirlaha" 

Teriring doa, “Allahummaghfirlaha warhamha wa 'afiha wa'fuanha.” 

Semoga Allah mengampuninya, merahmatinya, memberikan keselamatan. Doa itu merupakan doa yang dibaca untuk mayit perempuan, simak selengkapnya berikut ini.

Dari Auf bin Malik radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan,

صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَلَى جَنَازَةٍ فَحَفِظْتُ مِنْ دُعَائِهِ وَهُوَ يَقُولُ « اللَّهُمَّ اغْفِرْ ل وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ…

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menshalati jenazah, dan aku menghafal doa yang beliau baca. Beliau membaca, “Allahummaghfir lahuu, warham huu, wa ‘aafihii wa’fu ‘anhu…” (HR. Muslim 2276)

Tersampaikan dalam hadist di atas, Nabi SAW membaca doa dengan dhamir (kata ganti) "HU" yang menunjukkan orang ketiga laki-laki. 

Ada perbedaan antara para ulama mengenai dhamir [هُ], apakah kembali ke kata mayit [الميت] yang diwakili dengan kata ganti orang ketiga laki-laki ataukah kembali ke jenis kelamin jenazah? Karena ketika itu, Nabi SAW menshalati jenazah seorang lelaki.

Dalam Ibnu Utsaimi menyatakan,

وقوله: «اللهم اغفر له» الضمير للمفرد المذكر، فإذا كان الميت أنثى، فهل نقول: اللهم اغفر له، أو نقول: اللهم اغفر لها بالتأنيث؟ الجواب: بالتأنيث؛ لأن ضمير الأنثى يكون مؤنثاً، فنقول: اللهم اغفر لها وارحمها، وعافها، واعف عنها

Doa beliau,

Allahummaghfir lahuu…” kata ganti tunggal untuk lelaki. Jika mayitnya perempuan, apakah kita berdoa, ‘Allahummaghfir lahuu’ ataukah kita membaca doa, ‘Allahummaghfir lahaa’ dengan kata ganti perempuan? Jawabannya, kita baca dengan kata ganti perempuan. Sehingga kita membaca, ‘Allahummaghfir lahaa warham-haa wa ‘aafihaa, wa’fu anhaa…

Beliau juga memberikan sanggahan untuk pendapat as-Syaukani, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menggunakan kata ganti orang lelaki karena jenazah yang beliau shalati seorang lelaki. 

Karena hadisnya adalah keterangan dari Auf bin Malik, dari doa yang beliau dengar ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menshalati jenazah.

Bagaimana jika orang yang shalat tidak tahu apa jenis kelamin jenazahnya?

Beliau mengatakan, boleh dengan kata ganti lelaki atau wanita. (as-Syarh al-Mumthi’, 5/329)

Artinya : "ya Allah ampunilah dan kasihanilah mayat ini, berilah kesehatan dan ampunillah mayit ini, jadikanlah surga menjadi tempatnya."

Itu merupakan arti dari doa "Allahummaghfirlaha Warhamha Wa'afiha Wa'fuanha", 

Dibawah ini adalah doa mayit wanita lengkap dengan latin dan artinya".

Allahummaghfirlaha warhamha wa'afiha wa'fuanha arab, 

Berikut ini wajibbaca.com jelaskan mengenai bacaan "Allahummagfirlaha" untuk mayit wanita dan untuk mayit laki-laki.

BACA JUGA

Doa Mayit Wanita

Berbeda dengan doa mayit laki-laki, beda juga doa untuk mayit wanita. 

Sebenarnya perbedaan ini tidak terlalu jauh, hanya sekedar berbeda dari setiap akhir kalimat yang mana jika berdoa untuk laki-laki diakhiri dengan "HU".

Sedangkan untuk wanita diakhiri dengan "HA". Berikut bacaan doa mayit wanita:

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا

Allahumagfir laha warhamha wa ‘afuha wa ‘fu’anha

Artinya : “Ya Allah, ampuni dan rahmatilah dia. Selamatkanlah dan maafkanlah dia.

Atau mungkin kalian mau membacakan doa yang lebih panjang, di bawah ini teks arab dan latin berikut dengan artinya:

اللهم اغفرلها وارحمها  وعافها  واعفوعنها واجعل الجنة  مثواها  اللهم لا تحرمنا  اجرها  ولا تفتنا  بعدها  واغفرلنا  ولها  

Allahummaghfirlaha warhamha wa'afiha wa'fu 'anhu waj'alil jannata matswaha, allahumma laa tahrimnaa ajroha walaa taftinna ba'daha waghfirlanaa walaha.

Artinya : "ya Allah ampunilah dan kasihanilah mayat ini, berilah kesehatan dan ampunillah mayit ini, jadikanlah surga mebjadi tempatnya. Ya Allah Janganlah Engkau tidak memberikan kepada kami pahalanya dan janganlah Engkau fitnah kami sesudahnya dan berilah ampun kepada kami dan kepadanya( mayit ). Amin"

BACA JUGA

Doa Mayit Laki-laki

Kita perlu mendoakan kepada sang mayit agar mayit diampuni dosanya, dirahmati, disematkan dari siksa kubur dan dimaafkan dari segala kesalahan semasa hidupnya. Di bawah ini bacaan doa shalat mayat laki-laki

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُ  وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

Allahumagfir lahu warhamhu wa ‘afuhi wa ‘fu’anhu

Artinya : “Ya Allah, ampuni dan rahmatilah dia. Selamatkanlah dan maafkanlah dia.

Atau mungkin kalian mau membacakan doa yang lebih panjang, di bawah ini teks arab dan latin berikut dengan artinya:

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَقِهِ فِتْنَةَ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّار

Allahummagfir lahu warhamhu wa ‘afihi wa ‘fu’anhu wakrim nuzulahu wa wasi’ madkholahu wagsilhu bilma’i watsalju wal bardi wa naqqihi minadzunubi walkhotoyaya kama yunaqqi atssaubulabyadhu binaddanasi wa abdilhu daaron khoiron min daarihi, wahlan khoyron min ahliho, wa zaujan khoyron min zaujihi waqihi fitnatalqobri wa ‘adzabi nnar.

Artinya

Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Selamatkan dan maafkanlah dia. Berilah kehormatan terhadapnya, luaskanlah tempat kuburnya. Mandikanlah dia (mayit) dengan air, salju, dan embun. Bersihkanlah dia dari segala kesalahan sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran. Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, juga isteri yang lebih baik dari isterinya. Dan peliharalah (lindungilah) ia dari azab kubur dan neraka.

Berikut juga kami sampaikan cara shalat jenazah: Niat Sholat Jenazah dan Bacaan serta Doa Sholat Jenazah Lengkap

Itulah arti dari doa Allahummaghfirlaha atau doa mayit wanita, demikian artikel ini kami buat, semoga bisa membantu dan bermanfaat serta kita tetap dalam perlindungan Allah SWT.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb