Berikut Doa Untuk Orang Meninggal Lengkap dengan Artinya

 30 Jan 2019  Khoirul Rizky F
Berikut Doa Untuk Orang Meninggal Lengkap dengan Artinya

Image Source: rumaysho.com

Doa Untuk Orang Meninggal - Meninggal dunia pengertiannya secara umum adalah keadaan terpisahnya ruh dari jasad seseorang dan apabila dilihat dari ilmu kedokteran, orang akan bisa dikatakan sudah meninggal apabila jantung seseorang sudah berhenti berdenyut sehingga sudah tidak bisa menunjukkan lagi akan kehidupan di dunia ini.

Selain itu, mendoakan orang yang sudah meninggal dunia adalah kewajiban bagi umat Islam yang masih hidup. Meskipun sudah berpisah di kehidupan dunia, Allah masih memberikan rahmat kepada orang yang beriman untuk bisa memberikan kebaikan.

Salah satu caranya yaitu dengan memberikan doa kepada mukmin yang telah meninggal, terutama jika yang telah meninggal adalah pihak keluarga. Lalu apa doa untuk orang meninggal dunia? 

Apa doa untuk orang meninggal dalam islam? Apa doa untuk orang meninggal beserta artinya? Yuk simak dibawah ini.

Doa Untuk Orang meninggal Perempuan dan Laki-Laki

Berikut Doa Untuk Orang Meninggal Lengkap dengan Artinya

Image Source: nu.or.id

1. Doa Untuk Orang Meninggal Perempuan

Berikut doa untuk orang meninggal perempuan:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لها وَارْحَمْها وَعَافِها وَاعْفُ عَنْها وَأَكْرِمْ نُزُلَها وَوَسِّعْ مُدْخَلَها وَاغْسِلْها بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّها مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْها دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِها وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِها وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِها وَأَدْخِلْها الْجَنَّةَ وَأَعِذْها مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Teks Latin:

“ALLAHUMMAGHFIR LAHAA WARHAMHAA WA ‘ASFIHAA WA FU’ANHAA WAKRIM NUDZULAHAA WAWASI’ MUDHOLAHAA WAGSILHAA BILMAAI WATSALJI WAL BARODI WANAQQOHAA MIN KHOTOOYAA KAMAA NAQOITATS TSAUBAL ABYADO MINAD DANASI WABDILHAA  DAAROL KHOIRON MIN DAARIHAA EAAHLAN KHOIRON MIN AHLIHAA  WAJAUDZAN KHOIRON NIN JAUDZIHAA  WAADHILNAJ JANNATA WA A’IDZHAA MIN ADZAABIL QOBRII AU MIN ADZABIN NAAR.”

Artinya:

“Ya Allah! Ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia, maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), pasangan yang lebih baik daripada pasangannya (di dunia), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.”

2. Doa Untuk Orang Meninggal Laki-Laki

Berikut doa untuk orang meninggal laki laki:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ له وَارْحَمْها وَعَافِها وَاعْفُ عَنْه وَأَكْرِمْ نُزُلَه وَوَسِّعْ مُدْخَلَه وَاغْسِلْه بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّه مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْه دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِه وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِه وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِه وَأَدْخِلْه الْجَنَّةَ وَأَعِذْها مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Teks Latin:

“ALLAHUMMAGHFIR LAHU, WARHAMHU, WA ‘AAFIHI WA’ FU’ANHU, WA AKRIM NUZULAHU, WAWASSI’ MADKHALAHU, WAGHSILHU BILMAA I, WATTLJI WALBARDI WANAQQIHI MINALKHAAYAA KAMAA YUNAQQATTUBUL ABYADHU MINADDANASI WA ABDILHU DAARAN KHAIRAN MIN DAARIHI WA AHLAN KHAIRAN MIN AHLIHI WAZAUJIHI WA ADKHILHULJANNATA WA A’IDZHU MIN ‘ADZAABILQABRI WA FITNATIHI WA MIN ‘ADZAABIN NAAR.”

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah dia (laki-laki), rahmatilah dia (laki-laki), lindungilah dia (laki-laki) dan maafkanlah dia (laki-laki), Dan muliakanlah tempat tinggalnya sekarang ini, dan lapangkanlah kuburnya (laki-laki). Bersihkanlah dia (laki-laki) dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia (laki-laki) dari segala kesalahan sebagaimana Engkau telah membersihkan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya didunia dengan rumah yang lebih baik daripada yang dia tinggalkan, dan gantilah keluarganya didunia (yang ditinggalkan) dengan keluarga yang lebih baik (diakhirat). yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, dan istri yang lebih baik dari yang ditinggalkan. Masukkanlah dia (laki-laki) ke dalam surga, dan lindungilah dia (laki-laki) dari siksa kubur serta fitnahnya, dan dari azab api neraka.”

Demikian penjelasan diatas doa untuk orang meninggal lelaki dan perempuan. Semoga bermanfaat!