Ucapan Belasungkawa Islam Serta Doa untuk Keluarga, Saudara, Sahabat

Penulis Taufiq Firmansah | Ditayangkan 03 May 2018


Ucapan Belasungkawa Islam Serta Doa untuk Keluarga, Saudara, SahabatUcapan belasungkawa Islam - Image © wajibbaca.com

Tidak hanya mengucapkan bela sungkawa kita juga harus mendoakan keluarga yang sedang ditimpa musibah.

Ucapan yang anda berikan akan menumbuhkan semangat dan bangkit dari musibah yang dialami.

Terkadang ada orang yang malah menambah keterpurukan dengan mengucapkan salah kata.

Niatnya ucap duka malah membuat nambah luka, untuk itu penting bagi anda mengucapkan bela sungkawa yang benar dan menumbuhkan semangat.

Ketika saudara, kerabat, tetangga, sahabat, teman, atau orang lain mengalami musibah berupa kematian yang menimpa keluarganya.

Kita dianjurkan untuk datang untuk mengungkapkan turut berduka cita serta menghiburnya.

Ucapan Belasungkawa Islam

Dibawah ini ada beberapa kata kata belasungkawa atau ucapan turut berduka cita yg indah bernuasa islami yang berbentuk doa doa untuk sahabat, saudara, teman, istri, suami, anak, yang telah meninggal dunia. 

Kata kata ini boleh sobat bagikan kepada teman atau sahabat sebagai ungkapan rasa duka.

Untuk bacaan doa kepada jenazah Anda bisa cek dalam artikel kami di "Allahummaghfirlaha Lengkap dengan Latin dan Artinya".

Baca Juga : Niat Sholat Mayit Beserta Tata Cara dan Lengkap dengan Doanya

Innalillahi wainailaihi roji'un semua makhluk hidup yang berada didunia ini sudah mempunyai batas waktu yang sudah di tetapkan.

Mengucapkan belasungkawa kepada kerabat atau keluarga yang sedang mengalami musibah merupakan salah satu bentuk kepedulian kita.

Ucapan Turut Berduka Cita Dan Bela Sungkawa Islami. Semua yang bernyawa pasti akan mengalami kematian, baik binatang, tumbuh-tumbuhan, ataupun manusia. 

Kematian adalah misteri yang hanya Allah SWT saja yang mengetahuinya, begitu pula dengan ajal yang tidak pernah kita tahu.

Ketika teman atau saudara kita sedang berduka, maka kita selayaknya menghiburnya dengan kata-kata duka islami yang dapat menghiburnya. 

Berikut ini adalah beberapa ucapan belasungkawa atau ungkapan duka cita secara islami yang dapat kita sampaikan kepada seseorang yang sedang berduka

Ucapan Belasungkawa Islam Serta Doa untuk Keluarga, Saudara, Sahabat

Baca Juga:

Dalam Al-Qur'an Disebutkan Macam-macam Ucapan Baik yang Penting Untuk Dijaga

Ucapan Doa Untuk Orang Sakit Agar Mereka Cepat Sembuh

Mengapa Barakallah Fii Umrik Harus Diucapkan Sebagai Ucapan Ultah Islami?

Ucapan Duka Cita Islam

Innaa lillahi wainnaa ilahi rajiun...

Selamat jalan sahabat baikku.... semoga Allah SWT menerima semua amal kebaikanmu dan menempatkanmu disurganya.... amiin.

Innaa lillahi wainnaa ilahi rajiun.... 

Tak terasa air mataku menetes bersama kepergianmu... (sungguh) aku sangat kehilanganmu.. kamu adalah sahabat terbaikku.. selamat jalan sahabat semoga amal-kebaikanmu menjadi penerang kuburmu .... Amiiin

Innaa lillahi wainnaa ilahi rajiun...

ku hamparkan sejadah dihari ini hanya untuk mendoakanmu sahabat.... "semoga amal ibadahmu diterima disisi-Nya dan menempatkanmu kedalam surga-Nya.... amiin...

Innaa lillahi wainnaa ilahi rajiun...

Selamat jalan sahabat....doa ini kupersembahkan untukmu : "Ya allah ampunilah dosa2 ku dan dosa-Nya... ya Allah sayangi aku dan sayangilah dia .. ya allah, terangi dan luaskan kubur-Nya.... wahai yang maha belas-kasihan .... amiin

Innaa lillahi wainnaa ilahi rajiun...

Dalam khusu' ku berdoa semoga engkau diterima disisi-Nya.... amiin..

Innaa lillahi wainnaa ilahi rajiun...

Begitu cepat kau meninggalkanku sahabat.... senandung doaku untukmu : " semoga allah SWT menerima semua amal ibadahmu...amiiiin... selamat jalan sahabat.. aku berharap,  semoga seikat doa ini menjadi penerang kuburmu....

Innaa lillahi wainnaa ilahi rajiun...  

Sesungguhnya kita adalah milik Allah dan kepada Allah kita akan dikembalikan. Semoga Allah SWT mengampuni dosa almarhum dan menerima segala amal ibadahnya semasa hidup. Semoga kepergiannya tidak menyisakan hutang atau keburukan, dan bagi keluarga yang ditinggalkan semoga mendapat ketabahan dan dapat mengambil tauladan dari perbuatan Almarhum yg baik semasa hidupnya, dan menyimpan segala perbuatan Almarhum yg buruk semasa hidupnya. Amin.

Innaa lillahi wainnaa ilahi rajiun... 

Semoga almarhum diterima disisi Allah SWT, diterima semua amal baiknya/amal sholehnya dan diampuni segala dosanya amien yaa Robbal 'Aalamien. Kami sekeluarga turut berduka Cita sedalam-dalamnya.

Innaa lillahi wainnaa ilahi rajiun...  

Selamat jalan sahabatku, akan selalu saya ingat kebaikan, ketawa dan candamu selama kita bergaul . Kami sekeluarga mendoakan sepenuh hati semoga Almarhum mendapat tempat yang terbaik disisi Allah swt dan kepada keluarga yang ditinggalkan semoga mendapat ketabahan dalam menerima keadaan ditinggalkan orang tercinta, sebagai suami maupun bapak. Amin.

Innaa lillahi wainnaa ilahi rajiun.. 

Saya sekeluarga turut berduka cita. Semoga amal ibadah Almarhum diterima Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan

Innaa lillahi wainnaa ilahi rajiun... 

Semoga Allah mengampuni segala dosa dan menerima amal ibadah rekan kita (NAMA YG MENINGGAL) dan memberi kesabaran dan ketabahan pada keluarga yg ditinggalkan

Innaa lillahi wainnaa ilahi rajiun... 

Turut berduka dengan yang telah terjadi, berharap yang terbaik dan semoga kamu kuat menjalani ini semua Kami keluarga besar (NAMA KELUARGA)Turut Berbelasungkawa

Innaa lillahi wainnaa ilahi rajiun... 

Allah SWT tidak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan kita. Tetaplah tegar, karena semua akan indah pada waktunya

Innaa lillahi wainnaa ilahi rajiun... 

Percayalah saat ALLAH SWT memberikan cobaan kepada hamba yang dikasihiNya, saat itu pulalah ia memberikan jalan keluar

Innaa lillahi wainnaa ilahi rajiun... 

Kami turut berduka cita dan berbelasungkawa, semoga ini menjadikan kita semakin kuat dalam beribadah dan beramal kebaikan.

Innaa lillahi wainnaa ilahi rajiun...  

Atas nama kami sekeluarga, mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga Almarhum (TULIS NAMA YG MENINGGAL) diampuni dan dihapuskan dosa-dosa dan kesalahan selama hidupnya serta mendapatkan tempat yang terbaik disisi ALLAH SWT. Bagi istri dan ketiga putra-putrinya serta keluarga lainnya yang ditinggalkan kami doakan semoga kuat dan tabah atas cobaan ini. Selamat jalan teman dan sahabatku.

Baca juga Kata Sindiran untuk Orang Sombong yang Halus Tapi Bisa Menusuk Perasaan

Doa Untuk Orang Meninggal Agama Islam

Ketika mendengar seseorang meninggal dengan berbagai sebab, reaksi rata-rata manusia hampir sama, adalah terkejut, tidak menyangka apalagi meninggal dikarenakan oleh sebab sebab yang tidak wajar, dan tiba-tiba seperti kecelakaan dan lain-lain.

Oleh sebab itu sebagai umat islam ada Doa-doa yang wajib kita ketahui ketika mendengar orang meninggal dalam menyampaikan duka cita.

Baca Juga: Banyak yang Tanya 'Waalaikumsalam' atau 'Waalaikumussalam', Mana yang Baik?

Bacaan doa saat mendengar berita kematian

Apabila kita mendengar kabar tentang kematian seseorang, maka berikut bacaan doa yang sebaiknya dibaca:

إنَّا ِللهِ وإنَّا إلَيْهِ رَاجِعُوْن وَإِنَّا إليَ رَبِّنِا َلمُنْقَلِبُون

الَلهُمَّ اكْتُبْهُ عِنْدَكَ ِفي اُلمحِسنِينِ وِاجْعَلْ ِكتابَهُ ِفي ِعلّيِّين

وَاْخلُفْهُ في أَهْلِهِ في الغَابِرين

وَلا تحَرِْمْنا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ

Teks tulisan latin:

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un wa inna ila rabbina lamunqalibun

Allahumma uktubhu ‘indaka fil muhsinin waj’al kitabahu fi ‘illiyyin

wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin

wala tahrimna ajrahu wala taftinna ba’dahu

Artinya

"Sesungguhnya kami milik Allah dan kepadaNya kami kembali dan kepada Tuhan kami semua akan kembali.Ya Allah! Tulislah dia (yang meninggal dunia) termasuk golongan orang-orang yang berbuat kebaikan di sisi Engkau dan jadikanlah tulisannya itu dalam tungkatan yang tinggi serta gantilah ahlinya dengan golongan orang-orang yang pergi dengan ketaatan PadaMu"

Catatan

Doa di atas untuk mayit laki-laki. Untuk jenazah perempuan ganti kata “hu” menjadi “ha”. 

Contoh “اكْتُبْهُ” menjadi “اكْتُبْهَا”

Doa yang lebih pendek

إنا لله وإنا إليه راجعون اللهم أجرني في مصيبتي واخلف لي خيرا منها

Teks latin :

"Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Allhumma ajirni fi musibati wakhluf li khoiron minha"

Artinya

Sesungguhnya kami milik Allah dan kepadaNya kami kembali. Ya Allah berilah kami pahala atas musibah ini dan gantilah bagiku yang lebih baik dari musibah ini.

Baca  Juga : Kumpulan Kata-kata Buat Orang Tua yang Bikin Terharu

Doa untuk orang yang wafat sebelum dikubur

Do’a berikut ditujukan pada orang yang meninggal saat (a) akan dibawa ke pemakaman, (b) setelah shalat jenazah atau (c) saat tahlilan 7 hari, ke- 40 hari dst.

Kata “hu” atau “hi” berarti dia atau nya untuk mayit laki-laki. Untuk jenazah perempuan ganti dengan “ha”

Disamping memberikan doa atau ucapan belasungkawa , memberikan bunga duka cita atau karangan bunga duka cita, adalah salah satu cara yang indah dalam menyampaikan ucapan belasungkawa.

SHARE ARTIKEL