Hajat Adalah: Pengertian dan Cara Sholat Hajat

 23 Oct 2019  Taufiq F

Hajat Adalah: Pengertian dan Cara Sholat Hajat

Hajat adalah - Image from kapanlagi.com

Hajat memiliki 4 arti, memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Yang dimaksud hajat adalah kata yang memiliki arti dalam kelas nomina atau nama benda. Sehingga hajat dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau benda dan segala yang dibendakan.

Terkadang hajat ini dihubungkan dengan permohonan sehingga banyak orang yang melakukan shalat hajat, puasa hajat, untuk dapat menuju permohonannya tersebut.

Nah pada kesempatan kali ini wajib baca akan menjelaskan mengenai pengertian hajat adalah, dan juga pengertian sholat hajat adalah, serta puasa hajat adalah. Berikut penjelasan lengkapnya

Pengertian Hajat

Hajat adalah berniat jika diartikan dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) artinya bermaksud, berharap, dan membutuhkan.

Jadi hajat artinya keinginan, permohonan, harapan yang ingin dikabulkan oleh Allah SWT dan terwujud, baik melalui usaha keras yang kita lakukan maupun keajaiban yang hanya datang dari Tuhan semesta alam.

Misalkan seperti ini contohnya "Setelah selesai ujian, ia menengok orang tuanya di kampung"

Sedangkan bila orang yang mempunyai hajat tersebut dinamakan sohibul hajat. Berikut penjelasannya.

Pengertian Sohibul Hajat

Sohibul hajat adalah orang yang memiliki hajat, kata ini bisa dihubungkan dengan selamatan, yaitu dimana suatu acara yang diadakan untuk memenuhi hajat, yang berkaitan dengan sesuatu kejadian atau peristiwa tertentu seperti pernikahan, kehamilan, khitanan, dan kematian.

Dimana yang di selenggarakan dengan tujuan memperoleh keselamatan dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Nah sedangkan pengertiannya sendiri itu adalah orang yang punya hajat dalam selamatan tersebut yang dinamakan shohibul hajat.

Biasanya shohibul hajat melakukan sholat dan puasa agar semua hajat atau keinginannya tersebut dapat di laksanakan atau dapat terkabulkan. Berikut penjelasan mengenai sholat hajat, tata cara dan niatnya.

Pengertian Shalat Hajat, Tata Cara, Niat Serta Doa Lengkap.

Pengertian Shalat Hajat

Shalat hajat adalah satu sholat sunnah yang di lakukan oleh orang islam dengan tujuan atau mempunyai hajat tertentu agar bisa dikabulkan oleh Allah, tujuan tersebut kadang kala berhubungan dengan Allah SWT atau juga dengan sesama manusia atau bahkan dengan yang lainnya seperti contoh sholat hajat jodoh.

Shalat hajat sering kali dilakukan paling sedikit 2 rakaat satu salam, untuk lebih afdolnya lagi shalat hajat dilakukan 12 rakaat dan setiap 2 rakaat 1 salam.

Waktunya bisa dilakukan kapan saja karena semua waktu itu baik namun ada pengecualiannya.

Niat shalat hajat

اُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

“Usholli sunnatal-haajati rok’atayni lillahi ta’aala”.

Arti Niat Sholat Hajat
“Saya berniat sholat sunnah hajat dua roka’at karena Allah Ta’aala”

Setelah mengetahui Niat Sholat Hajat Arab, Latin dan artinya, hendaknya untuk di hafalkan dan dimengerti sehingga akan memudahkan Anda ketika ingin menjalankan sholat hajat secara rutin.

Tata Cara Sholat Hajat

Jika kita ingin melakukan shalat hajat dengan 2 rakaat dan satu salam maka cara ini merujuk kepada hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi dari Abdillah bin Abi Aufa yaitu: "Barang siapa yang mempunyai hajat kepada Allah atau berhajat kepada salah satu dari Bani Adam maka hendaklah:

1. Berwudhu dan menyempurnakan wudhunya tersebut
2. Melakukan shalat dua rakaat (shalat hajat)
3. Setelah melakukan shalat hajat kemudian memuji Allah
4. Kemudian membaca shalawat kepada Rasulullah SAW
5. Yang terakhir membaca doa shalat hajat

Waktu shalat hajat yang mustajab, cek disini (BacaInilah Waktu Sholat Hajat yang Terbaik)

Doa Shalat Hajat 2 Rakaat 1 Salam

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. وَ الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ. سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. أَسْئَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَ عَزَائِمِ مَغْفِرَتِكَ وَ الْغَنِيْمَةِ مِنْ كُلِّ بِـرٍّ وَ السَّلاَمَةِ مِنْ كُلَّ إِثْمٍ. لاَ تَدَعْ لَنَا ذَنْبـًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَ لاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَ لاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَـا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Artinya: "Segala Puji bagi Allah tuhan semesta Alam. Shalawat dan Salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta para keluarganya dan sahabatnya semua. Tidak ada tuhan melainkan Allah yang maha Penyantun dan pemurah. Maha suci Allah, tuhan pemelihara ‘Arasy yang Maha Agung. Segala Puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu aku memohon sesuatu yang mewajibkan Rahmat-Mu dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu, dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa dari pada diriku, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu Hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan yang paling Pengasih dan Penyayang."

Doa sholat hajat lengkap beserta latin dan artinya (Baca: Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap Latin dan Artinya)

Tata Cara Shalat Hajat 12 Rakaat

Bila dirasa hajat yang kalian inginkan sangat banyak dan sangat penting sekali serta mendadak maka anda bisa melakukan shalat hajat 12 rakaat.

Untuk caranya sama dengan yang pertama namun ada perbedaan yang perlu anda ketahui agar shalat yang kamu lakukan lebih sempurna simak di bawah ini:

1. Rakaat pertama sesudah membaca surah Al-Fatihah kemudian membaca Ayat Kursi
2. Rakaat kedua sesudah membaca surah Al-Fatihah kemudian membaca surah Al-Ikhlas
3. Jika rangkaian 12 rakaat shalat hajat selesai, lalu sujud dan membaca doa shalat hajat yang kedua.

Untuk sholat hajat agar mendapat jodoh caranya cek disini (Baca: Tata Cara Sholat Hajat Jodoh untuk yang Susah Jodoh)

Doa Sholat Hajat 12 Rakaat 

سبحان الذى لبس العز وقال به سبحان الذى تعطف بالمجد وتكرم به سبحان الذى احصى كل شىئ بعلمه سبحان الذى لا ينبغى التسبيح الاله سبحان ذى العذ والكرم سبحان ذى الطول اسئلك بمعاقد العذ من عرشك ومنتهى الرحمة من كتابك وباسمك الأعظم ووجهك الأعلى وكلماتك التامات التى لايجاوزهن بر ولا فاجر ان تصلى على محمد وعلى ال محمد

Artinya : "Maha suci dzat mengenakan sifat keutamaan, dan firmannya : Maha suci dzat mengenakan sifat ketinggian dan menjadi mulia karena sifat keluhuran itu. Maha Suci dzat yang menghitung segala sesuatu karena ilmu-Nya, Maha Suci dzat yang tidak seyogyanya memahasucikan kecuali kepada Allah, Maha Suci dzat yang memiliki anugerah dan keutamaan, Maha Suci dzat yang memiliki keluhuran dan kemuliaan, Maha Suci dzat yang memiliki kekuatan".

Itulah tata cara sholat hajat, niat dan juga doa sholat hajat, berikut tata cara, niat, dan puasa hajat.

Bukan hanya sunah saja, manfaat sholat hajat sangat luar biasa (Baca: Bukan Sekedar Sunnah, Ini Manfaat Sholat Hajat yang Begitu Luar Biasa)

Tentang Puasa Hajat 

Puasa hajat artinya adalah puasa yang harus dilakukan apabila hajat seseorang telah dikabulkan. 

Misalnya, kita berkeinginan untuk lulus ujian kemudian mendekatkan diri kepada Allah dengan cara bernadzar puasa, maka dari itu apabila kita benar-benar lulus ujian, nadzar yang kita ucapkan harus ditunaikan.

Apabila keinginan terwujud namun kita tidak melakukan puasa hajat sebagai nadzar, maka kita akan mendapat dosa karena melanggar atau mengingkari janji dan sumpah yang dibuat oleh diri sendiri dan dosa yang kita peroleh bukanlah dosa kecil melainkan dosa besar.

Bacaan Niat Puasa Hajat

Niat puasa hajat sebenarnya sama seperti puasa nazar, yakni dilaksanakan apabila permohonan terwujud. Niat adalah tiang ibadah, sebuah amalan dinilai dari ketika seseorang membaca niat.

نَوَيْتُ صَوْمَ النَّذَرِ لِلَّهِ تَعَالىَ

Nawaitu shauman nadzari lillaahi ta’aalaa.

Artinya :
"Aku niat puasa nazar alasannya yaitu Tuhan Ta’ala."

Tata Cara Puasa Hajat

Cara mengerjakan puasa hajat sama seperti puasa pada umumnya. Tidak ada kegiatan tambahan yang dilakukan, semua kegiatan sama mulai dari sebelum terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Untuk lebih jelasnya bisa cek disini (Baca: Tata Cara Sholat Hajat Khusus Rejeki, InsyaAllah Terkabul)

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian hajat adalah, dan juga sholat hajat. Yang dapat wajibbaca.com sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semuanya.