Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap Latin dan Artinya

 04 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap Latin dan Artinya

Ilustrasi doa sholat hajat - Image from islamidia.com

Sholat hajat adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada waktu setengah malam atau pada sepertiga akhir malam, sholat ini biasanya dikerjakan oleh orang yang mempunyai suatu keinginan atau hajat.

Seperti yang sudah kita ketahui, berdoa selain sebagai sunnah Rasulullah juga merupakan bentuk permohonan sebagai penyempurna ibadah. Rasulullah SAW bersabda :

لِيَسْأَلْأَحَدُكُمْرَبَّهُحَاجَتَهُحَتَّىيَسْأَلَهُالْمِلْحَوَحَتَّىيَسْأَلَهُشِسْعَنَعْلِهِإِذَاانْقَطَعَ

Artinya : “Hendaklah salah seorang dari kalian senantiasa meminta kebutuhannya kepada Allah, sampai pun ketika meminta garam, sampai pun meminta tali sandalnya ketika putus.” (HR. Tirmidzi)

Dari sabda Nabi diatas, kita mengetahui bahwa apapun keinginan kita, sekecil ataupun besar keinginan tersebut, kita harus meminta kepada Allah melalui berdoa, begitu pula saat kita melaksanakan shalat hajat. Guna meminta hajat tersebut dikabulkan Allah SWT, kita juga menyertakan membaca doa selesai sholat hajat. 
Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang doa habis sholat hajat beserta doa hajat dan artinya.

Doa Sesudah Shalat Hajat

Sholat hajat juga disebut juga dengan sholat hajat jodoh. Karena dalam Islam salah satu cara menjemput jodoh yakni dengan melaksanakan sholat hajat jodoh. Ini bertujuan agar rahasia jodoh dari Allah segera dibuka.

Tidak sedikit orang juga yang melaksanakan sholat hajat sebagai sholat hajat khusus rezeki, hal ini dilakukan bagi seorang mukmin yang menginginkan lancar rezeki.

Baca Juga : Tata Cara Sholat Hajat Khusus Rejeki, InsyaAllah Terkabul

Ada doa khusus yang dilafadzkan setelah shalat hajat. Namun sebelum mengucap doa sholat hajat, kita dianjurkan untuk membaca wirid dan berdzikir terlebih dahulu. Contohnya seperti membaca istighfar 100 kali dan bacaan shalawat nabi 100x, baru dilanjutkan dengan bacaan doa shalat hajat. Adapun lafadz doa shalat hajat adalah :

Doa sholat hajat arab

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لاَتَدَعْ لَنَا ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِىَ لَكَ رِضَا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Doa sholat hajat latin

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Doa sholat hajat dan terjemahan

"Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang".

Baca Juga : Manfaat Sholat Hajat yang Luar Biasa Baik di Dunia Maupun di Akhirat

Bacaan Surat yang Dianjurkan Ketika Shalat Hajat

Selain doa setelah sholat hajat dan artinya diatas, kita juga dianjurkan untuk membaca surat-surat pendek dalam Al-Quran yang mana surat-surat tersebut memiliki fadhilah tersendiri.

Sholat hajat sendiri berjumlah antara 2 hingga 12 rakaat dengan salam di setiap 2 rakaatnya.

Adapun bacaan surat-surat dalam melaksanakan shalat hajat antara lain yaitu membaca Ayat Kursi dan surat Al-Ikhlas di setiap rakaatnya. Anjuran ini sebagaimana diriwayatkan oleh Wahiib ibn Al-Ward, dalam keterangannya ia mengatakan bahwa dari doa yang dikabulkan adalah seorang hamba yang shalat 12 rakaat, ia membaca pada tiap rakaatnya ayat Kursi dan surah Al-Ikhlas.

Demikian artikel tentang doa setelah sholat hajat latin ini. Jangan lupa bagi Anda yang mempunyai hajat atau keinginan segera tunaikan shalat hajat dan juga doa setelah sholat hajat. Semoga bermanfaat.