Bukan Sekedar Sunnah, Ini Manfaat Sholat Hajat yang Begitu Luar Biasa

 25 Jan 2019  Cheryl mikayla
Bukan Sekedar Sunnah, Ini Manfaat Sholat Hajat yang Begitu Luar Biasa

Bukan Sekedar Sunnah, Ini Manfaat Sholat Hajat yang Begitu Luar Biasa (foto:doaniatsholat.blogspot.com)

Sholat hajat merupakan salat sunnah muakkad, namun siapa sangka sholat ini begitu istimewa !

Berikut manfaat sholat hajat dan tata caranya...

Dalam kehidupan ini, manusia sebagai makhluk Allah SWT seringkali memiliki keinginan yang ia harapkan dapat menjadi kenyataan. Baik keinginan yang bersifat duniawi maupun yang bersifat akhirati.

Sebagai umat islam kita selalu dianjurkan untuk hanya meminta dan memohon kepada Allah SWT karena hanya Allah lah satu-satunya yang bisa mengabulkan permohonan kita. Salah satu cara untuk menyampaikan permohonan kita adalah melalui sholat.

Jangankan kita yang hanya manusia biasa, Rasullullah yang merupakan seorang nabi yang dicintai Allah tetap meminta kepada Allah melalui sholatnya.

Sholat juga merupakan sarana bagi umat islam agar terhubung dengan Allah SWT dan memohon petunjuk serta solusi dari kesulitan dan termasuk cara agar hati tenang.

Salah satu sholat yang  bisa dilakukan seseorang ketika kita ingin memohon sesuatu atau mengharapkan permintaannya dikabulkan dinamakan shalat hajat. Sholat hajat sendiri merupakan salat sunnah muakkad, dan memiliki keutamaan yang luar biasa salah satunya buat anak muda manfaat sholat hajat untuk jodoh.

Siapa yang memiliki hajat atau keperluan dan ingin Allah mengabulkannya, hendaklah menunaikan sholat ini.

Kapan waktu sholat hajad?

Sholat hajat bisa dikerjakan baik siang maupun malam. Jumlah rakaat sholat hajat sendiri dapat dikerjakan minimal 2 rakaat sampai dengan 12 rakaat, dengan cara mengerjakannya memberi salam setiap 2 rakaat.

Sehingga untuk para umat muslim yang sekiranya sedang memiliki sebuah hajat, maka alangkah baiknya apabila anda mengerjakan sholat sunnah hajat ini. Karena sholat hajat merupakan salah satu jenis sholat sunnah yang paling utama bagi mereka yang memiliki hajat selain sholat tahajud.

Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadist berikut :

Barangsiapa yang memunyai kebutuhan (hajat) kepada Allah atau salah seorang manusia dari anak-cucu adam, maka wudhulah dengan sebaik-baik wudhu. Kemudian shalat dua rakaat (shalat hajat), lalu memuji kepada Allah, mengucapkan salawat kepada Nabi saw Setelah itu, mengucapkan “Laa illah illallohul haliimul kariimu, subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim…” (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Manfaat Sholat Hajat dan Tata Caranya

Bukan Sekedar Sunnah, Ini Manfaat Sholat Hajat yang Begitu Luar Biasa

Gambar ilustrasi (kabarmakkah.com)

Manfaat shalat hajat amat luar biasa. Siapa yang melakukan shalat hajat dengan segenap hati khusyuk meminta kepada Allah SWT maka segala yang ia minta akan dikabulkan oleh Allah SWT sebagaimana yang disebutkan dalam hadist berikut ini :

Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian shalat dua rakaat (Shalat Hajat) dan sempurna rakaatnya maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat,” (HR Ahmad).

Keajaiban sholat hajat

Salah satu keajaiban sholat hajat diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi lalu dicantumkan Syaikh Nashiruddin Al Albani dalam Shahih at Targhib wa at Tarhib di bawah judul anjuran sholat hajat dan doanya.

Dari Utsman bin Hunaif radhiyallahu ‘anhu, bahwa seorang laki-laki buta datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, “Wahai Rasulullah, berdoalah kepada Allah agar menyembuhkan penglihatan mataku.

Beliau bersabda, “Atau aku biarkan saja engkau (seperti itu)?

Dia berkata, “Wahai Rasulullah, hilangnya penglihatanku memberatkanku.

Rasulullah bersabda, “Pergilah lalu berwudhulah, kemudian sholatlah dua rakaat, lalu ucapkanlah (doa):

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ نَبِىِّ الرَّحْمَةِ يَا مُحَمَّدُ إِنِّى تَوَجَّهْتُ إِلَى رَبِّى بِكَ أَنْ يَكْشِفَ لِيْ عَنْ بَصَرِيْ اللَّهُمَّ شَفِّعْهُ فِىَّ وَ شَفِّعْنِيْ فِيْ نَفْسِيْ

Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadaMu dan menghadap kepadaMu dengan Nabiku Muhammad, Nabi (pembawa) rahmat. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Tuhanku denganmu agar Dia menyembuhkan penglihatanku. Ya Allah, terimalah syafaatnya padaku dan terimalah syafaatku pada diriku.”

Lalu ia pun pulang dan Allah menyembuhkan penglihatannya.” (HR. Tirmidzi; hasan)

Syaikh Nashiruddin Al Albani menjelaskan bahwa arti “wa syaffi’nii fii nafsii” adalah terimalah syafaatku pada diriku yang maksudnya terimalah doaku.

Bacaan doa dan tata cara salat hajat

Berikut ini adalah tata cara mendirikan shalat hajat. Shalat hajat bisa dilakukan dengan minimal dua rakaat dan maksimal 12 rakaat sama seperti jika melakukan shalat dhuha maupun shalat tahajud.

1. Ambil wudhu dan lakukan dengan memperhatikan cara berwudhu yang benar.

2. Membaca niat.

Sebelum melaksanakan shalat awalilah dengan membaca niat sebagai berikut

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatal haajati rak’aataini lillaahi ta’aala

Yang artinya :  Aku niat shalat sunnah hajat dua rakaat karena Allah ta’ala.

3. Dirikanlah shalat hajat dengan khusyuk.

Pada rakaat pertama bacalah surat Al Fatihah dan dilanjutkan dengan ayat kursi sementara pada rakaat kedua bacalah surat Al Ikhlas setelah membaca surat Al fatiha.

4. Setelah selesai shalat berzikirlah kepada Allah dengan membaca kalimat istighfar sebanyak 100 kali.

5. Kemudian panjatkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, sebanyak 100 kali.

Berikut adalah bacaan shalawat :

Allahuma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin shalaatarridhaa wardha ‘an ashaabihir ridhar ridhaa.

Artinya: “Ya Allah, beri karunia kesejahteraan atas jungjunan kami Muhammad, kesejahteraan yang diridhai, dan diridailah daripada sahabat-sahabat sekalian.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Hajat Khusus Rejeki, InsyaAllah Terkabul

6. Terakhir bacalah doa shalat hajat dan panjatkan doa kepada Allah dengan menyebutkan maksud dan tujuan melaksanakan shalat hajat.

Ucapkan permohonan atau permintaan yang dimaksud dalam doa dengan sungguh-sungguh sehingga Allah berkenan untuk mengabulkannya.

Ada dua doa yang harusnya dibaca setelah shalat hajat  yakni :

a. Doa pertama

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. وَ الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ. سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. أَسْئَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَ عَزَائِمِ مَغْفِرَتِكَ وَ الْغَنِيْمَةِ مِنْ كُلِّ بِـرٍّ وَ السَّلاَمَةِ مِنْ كُلَّ إِثْمٍ. لاَ تَدَعْ لَنَا ذَنْبـًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَ لاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَ لاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَـا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbul ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaati rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birrin wassalaamata ming kulli itsmin. Laa tada’ lana dzanban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya : Segala Puji bagi Allah tuhan semesta Alam. Shalawat dan Salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta para keluarganya dan sahabatnya semua. Tidak ada tuhan melainkan Allah yang maha Penyantun dan pemurah. Maha suci Allah, tuhan pemelihara ‘Arasy yang Maha Agung. Segala Puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu aku memohon sesuatu yang mewajibkan Rahmat-Mu dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu, dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa dari pada diriku, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu Hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan yang paling Pengasih dan Penyayang.

Atau dengan membaca

اسئلك بمعاقد العز من عرشك ومنتهى الرحمة من كتابك وباسمك الاعظم ووجهك الأعلى وكلما تك التامت ان تقضى حاجتى ….

Artinya : Ya Allah, bahwasanya aku memohon kepada-Mu dengan serba keteguhan kemuliaan Arasy Engkau, dan sepucuk rahmat yang telah engkau tentukan dalam kitabmu, dan dengan nama-Mu yang Agung dan wajah-Mu yang maha Tinggi, dan kalimat-Mu yang maha sempurna. Ya Allah penuhilah hajatku … ( sebutkan maksud yang ingin anda peroleh).

b. Doa kedua

سبحان الذى لبس العز وقال به سبحان الذى تعطف بالمجد وتكرم به سبحان ا الرحمة من كتابك وباسمك الأعظم ووجهك الأعلى وكلماتك التامات التى لايجاوزهن بر ولا فاجر ان تصلى على محم وعلى ال محمدلذى احصى كل شىئ بعلمه سبحان الذى لا ينبغى التسبيح الاله سبحان ذى العذ والكرم سبحان ذى الطول اسئلك بمعاقد العذ من عرشك ومنتهى

Artinya : Maha suci dzat mengenakan sifat keutamaan, dan firmannya : Maha suci dzat mengenakan sifat ketinggian dan menjadi mulia karena sifat keluhuran itu. Maha Suci dzat yang menghitung segala sesuatu karena ilmu-Nya, Maha Suci dzat yang tidak seyogyanya memahasucikan kecuali kepada Allah, Maha Suci dzat yang memiliki anugerah dan keutamaan, Maha Suci dzat yang memiliki keluhuran dan kemuliaan, Maha Suci dzat yang memiliki kekuatan.

Demikian pembahasan lengkap mengenai sholat hajat, mulai dari apa keutamaan shalat hajat, wakyunya hingga tata cara sholat hajat.

Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bish shawab.