Trimester 1 Kehamilan: Perubahan Pada Tubuh Ibu Hamil dan Asupan yang Dibutuhkan

23 Dec 2019  Isfatu Fadhilatul

Trimester 1 Kehamilan: Perubahan Pada Tubuh Ibu Hamil dan Asupan yang Dibutuhkan

Trimester 1 - Image from parenting.orami.co.id

Trimester 1 Kehamilan: Perubahan Pada Tubuh Ibu Hamil dan Asupan yang Dibutuhkan Yuk, ketahui perubahan yang terjadi pada tubuh kamu dan apa yang kamu butuhkan di kehamilan trimester 1.
Kehamilan terdiri dari trimester 1 2 3. Trimester sendiri secara teknis diartikan sebagai periode 3 bulan yang berhubungan dengan siklus dan kehamilan. Lalu apa aja sih perubahan yang terjadi pada tubuh kamu pada saat trimester 1 kehamilan? Lalu apa saja asupan gizi yang dibutuhkan? Berikut penjelasannya.

Baca Juga :
1. Anemia Pada Ibu Hamil: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya
2. Tanda tanda Hamil 1 Hari, Apakah Bisa Dikenali?
3. Tanda tanda Hamil Muda Pada Perut yang Wajib Diketahui

Trimester 1 Kehamilan

Trimester 1 2 3 kehamilan pasti akan terjadi pada setiap wanita yang hamil. Trimester 1 kehamilan berapa bulan sih? Nah, trimester sendiri didefinisikan sebagai 40 minggu dibagi tiga.
Jadi, trimester pertama berlangsung dari 1-13 minggu. Trimester kedua berlangsung pada minggu ke-14 sampai minggu ke-27, dan trimester ketiga dimulai pada minggu ke-28 sampai minggu ke-41 atau mendekati waktu melahirkan.
Pada saat memasuki trimester 1, kamu akan mengalami banyak gejala dan keluhan yang merupakan bentuk penyesuaian dengan perubahan hormonal kehamilan.
Pada minggu-minggu awal, perut kamu mungkin belum terlihat membuncit, namun banyak hal yang akan terjadi di dalam tubuhmu. Adapun gejala yang paling sering dialami pada saat trimester 1 adalah :

  1. Mual dan muntah
    Meningkatnya kadar estrogen dan hCG menyebabkan mual dan muntah yang akan kamu rasakan selama beberapa bulan pertama kehamilan.
  2. Merasa lelah
    Kamu akan merasa lebih lelah dari biasanya selama trimester pertama, gejala ini disebabkan karena meningkatnya kadar hormon progesteron yang dapat menyebabkan kantuk.

  3. Muncul bercak darah dari vagina
    Memasuki trimester 1, terdapat sekitar 25% wanita yang mengalami perdarahan ringan. Kondisi ini menandakan bahwa embrio hasil pembuahan telah berhasil menempel di dinding rahim.
  4. Nyeri payudara
    Ketika kamu merasakan payudara nyeri dan bengkak di kehamilan trimester 1, jangan khawatir. Pasalnya hal ini merupakan hal umum yang disebabkan oleh perubahan hormon tubuh yang tengah mempersiapkan produksi ASI untuk bayi menyusu nantinya.
  5. Sembelit
    Ketika trimester pertama, kadar hormon progesteron kamu akan melonjak, hal ini menyebabkan usus mencerna makanan lebih lambat sehingga menyebabkan sembelit. Untuk pengobatannya, kamu disarankan untuk mengkonsumsi makanan berserat lebih banyak untuk mengurangi sembelit.
  6. Mengidam
    Memasuki trimester 1 kehamilan, ada Ibu hamil yang mengidam dan ada pula yang tidak. Bahkan, beberapa Ibu hamil akan benci atau merasa mual saat mencium aroma dari makanan tertentu.
    Ngidam yang terjadi pada trimester 1, diakibatkan oleh perubahan hormon kehamilan dalam tubuh wanita. Selain itu, ngidam juga menandakan tubuh kamu sedang membutuhkan zat gizi tertentu yang penting untuk menjaga kesehatan dan juga tumbuh kembang janin.
  7. Sering buang air kecil
    Memasuki trimester 1, biasanya Ibu hamil akan bolak-balik buang air kecil beberapa jam sekali. Kondisi tersebut dapat terjadi karena perubahan hormon dan perkembangan rahim yang lambat laun menekan kandung kemih.
    Tapi ingat ya, sering buang air kecil yang terjadi pada trimester 1 ini akan rentan membuat kamu dehidrasi. Oleh karena itu, kamu harus rutin minum air putih sepanjang hari guna mengganti cairan yang hilang.
    Selain itu, rajin mengkonsumsi air putih juga akan membantu melancarkan nutrisi yang diserap darah untuk dialirkan ke janin dalam kandungan.
    Oh iya, jangan sampai kamu membiasakan untuk menahan kencing ya! Pasalnya, menahan kencing dapat meningkatkan risiko ibu hamil terkena ISK atau infeksi saluran kencing.

  8. Mood gampang berubah
    Tidak hanya menjelang PMS saja, di masa trimester 1, khususnya sekitar minggu ke-6 sampai 10, kamu juga akan mengalami perubahan mood yang tidak stabil dan gampang berubah.
    Kondisi ini disebabkan oleh naik turunnya hormon estrogen dan progesteron. Perubahan hormon ini bisa mempengaruhi kadar bahan kimia otak yang salah satu fungsinya yaitu mengatur emosi.
    Jadi jangan khawatir ya, jika kamu mengalami mood yang mudah berubah pada trimester 1 ini. Terkadang kamu akan merasa sedih, ingin menangis, dan mudah tersinggung meski sebelumnya baik-baik saja. Terkadang, kamu juga bisa merasa senang dan bahagia.
    Perubahan mood dan emosi selama trimester 1 kehamilan ini merupakan hal yang normal, meski mungkin terjadi secara tidak terkendali.

Gejala-gejala awal kehamilan pada trimester 1 di atas, muncul sebagai sinyal dari tubuh agar kamu mulai menambah pasokan darah dan nutrisi untuk dialirkan ke janin yang sedang berkembang.
Akan tetapi, segera hubungi dokter apabila kamu mengalami gejala yang tidak biasa dan menyebabkan kekhawatiran.

Nutrisi yang Harus Dipenuhi Saat Trimester 1 Kehamilan

Adapun nutrisi yang harus kamu penuhi ketika memasuki trimester 1 antara lain :
1. Asam folat
Asam folat berfungsi untuk mencegah resiko kelahiran prematur, serta risiko cacat lahir, seperti bibir sumbing dan spina bifida. Kamu bisa mendapatkan asam folat dari makanan seperti :

  • Sayuran berdaun hijau, contohnya bayam, brokoli, selada, dan asparagus.
  • Jagung.
  • Buah-buahan contohnya jeruk, alpukat, pepaya, dan pisang. 
  • Hati sapi.
  • Kacang-kacangan.
  • Gandum utuh.

2. Kalsium
kalsium berfungsi untuk mendukung pertumbuhan gigi dan tulang bayi ke depannya.
Selain itu, pada ibu hamil, kalsium juga membantu melancarkan sirkulasi darah dan melancarkan kerja otot serta sistem saraf selama kehamilan.
Kalsium juga berperan penting untuk mengurangi risiko preeklampsia dan hipertensi ketika hamil yang dapat berdampak buruk bagi Ibu dan juga janin. Kamu dapat memperoleh asupan kalsium dari :

  • Susu dan produk susu yang sudah dipasteurisasi, contohnya keju, yogurt, dan butter.
  • Brokoli
  • Sarden.
  • Ikan teri.
  • Bokcoy.

3. Vitamin D
Vitamin D berguna untuk membantu perkembangan tulang dan gigi bayi. Dengan mencukupi asupan vitamin D, diyakini mampu menekan resiko kelahiran bayi dengan berat badan rendah.
Selain itu, vitamin D juga bisa membantu Ibu hamil untuk melawan infeksi, dan mencegah risiko diabetes gestasional. Kamu dapat memperoleh asupan vitamin D dari :

  • Ikan salmon
  • Susu yang dipasteurisasi.
  • Jus jeruk.

Oh iya, jangan lupa juga untuk berjemur beberapa saat di bawah matahari untuk menyerap vitamin D alami.
4. Protein
Protein bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan sel, jaringan, dan organ janin selama trimester pertama dan trimester selanjutnya. Kamu dapat memperoleh asupan protein dari :

  • Daging ayam.
  • Daging sapi tanpa lemak.
  • Ikan.
  • Kacang-kacangan.
  • Susu dan produk susu.
  • Tempe dan tahu.
  • Telur yang dimasak matang.

5. Zat besi
Zat besi bermanfaat agar Ibu hamil mampu memproduksi sel darah merah. Zat besi tidak hanya dibutuhkan saat trimester 1 saja, akan tetapi selama kehamilan berlangsung.
Ketika kamu hamil, kamu akan membutuhkan dua kali lipat jumlah zat besi dari orang normal, hal ini karena zat besi berfungsi untuk menghasilkan banyak darah, serta memasok persediaan oksigen ke janin.
Nah, itulah penjelasan tentang trimester 1 ini. Semoga bermanfaat.

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa