Tanda tanda Hamil Muda Pada Perut yang Wajib Diketahui

19 Dec 2019 Isfatu Fadhilatul

Tanda tanda Hamil Muda Pada Perut yang Wajib Diketahui

Tanda tanda hamil mudah - Image from ibubercahaya.com

Tanda tanda Hamil Muda Pada Perut yang Wajib Diketahui Yuk Bun, kenali tanda tanda hamil muda pada perut berikut ini!
Banyak wanita yang tidak sadar jika ia sedang hamil, mungkin cara termudah untuk mengetahui kehamilan adalah dengan haid yang tidak lancar dan tes kehamilan. Namun tahukah Anda, hamil juga bisa diketahui dengan gejala-gejala yang terjadi pada perut lho?

Dan berikut ini beberapa tanda tanda hamil muda dilihat dari gejalanya yang terjadi pada perut.

Baca Juga :
1. Anemia Pada Ibu Hamil: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya
2. Penyebab, Gejala, dan Penanganan Bayi Baru Lahir Kuning
3. Tinggi Badan Ideal Bayi dan Balita, Bunda Wajib Tahu!

Tanda Tanda Hamil Muda Pada Perut

Setelah sebelumnya kita membahas tentang tanda tanda hamil muda 1 minggu dan 2 minggu, maka di kesempatan kali ini kita akan mengupas tentang tanda tanda hamil muda pada perut yang sering terjadi.
Banyak yang bertanya "apakah sakit perut bagian bawah merupakan tanda kehamilan?" Jawabannya adalah ya, kehamilan terjadi pada rahim yang terletak di perut bagian bawah, oleh karena itu banyak wanita yang mengeluhkan hal tersebut. Namun, disamping sakit perut bagian bawah, ada pula tanda-tanda hamil muda pada perut yang sering terjadi, diantaranya yaitu :

  1. Kram perut bagian bawah
    Munculnya kram pada perut bagian bawah saat hamil muda, disebabkan oleh implantasi sel telur yang berhasil dibuahi ke dalam rahim. Kondisi ini terjadi sekitar 10-14 hari setelah ovulasi atau masa subur. Tepatnya sebelum atau hampir berbarengan dengan jadwal menstruasi.
    Sakit perut bagian bawah biasanya terjadi di bagian tengah perut dimana rahim berada, kondisi ini juga dapat disertai dengan gejala keluarnya flek atau bercak darah. Flek tersebut biasanya berwarna agak pink ataupun bisa juga lebih gelap, dibandingkan dengan darah haid yang biasanya merah.
    Jadi, jika Anda mengalami kram di sekitar perut bagian bawah waktu menstruasi sedangkan darah haid tidak keluar, atau hanya keluar berupa flek dan bercak saja, maka bisa jadi hal tersebut merupakan tanda awal kehamilan.
  2. Sakit perut bagian kanan atau kiri bawah
    Sebenarnya keluhan adanya sakit perut di bagian kanan atau kiri bawah bukanlah termasuk dalam tanda tanda hamil muda 1 bulan atau kurang dari itu. Namun kami akan menjelaskan detailnya karena banyak pertanyaan mengenai hal tersebut.
    Dilansir dari laman honestdocs.id, sakit perut di kanan bawah, kiri bawah, ataupun keduanya memang menjadi bagian dari tanda kehamilan. Namun bukanlah tanda awal, karena kondisi tersebut umumnya terjadi pada trimester kedua atau ketika kehamilan menginjak usia 4 bulan.
    Hal tersebut dikarenakan adanya peregangan pada ligamentum rotundum (round ligament) yang merupakan struktur penopang rahim di sini kanan dan kirinya. Ketika rahim semakin membesar akibat pertumbuhan rahim, ligament menjadi kencang dan terkadang sampai menimbulkan rasa sakit.
    Anda tidak perlu khawatir, karena hal tersebut merupakan proses yang normal. Biasanya nyeri akan berlangsung sebentar kemudian menghilang, akan tetapi akan berpotensi muncul lagi. Beberapa gerakan secara tiba-tiba misalnya seperti batuk, bersin, berdiri, dan sebagainya dapat memicu rasa sakit.
  3. Perut kembung
    Perut kembung dan sering bersendawa bukanlah masalah masuk angin saja, akan tetapi juga merupakan tanda-tanda kehamilan. Biasanya keluhan tersebut mulai muncul ketika kehamilan memasuki usia 11 minggu atau menuju 3 bulan, dan akan berakhir ketika mendekati masa persalinan.
    Perut kembung dapat diartikan sebagai banyaknya gas di dalam lambung dan usus yang disebabkan oleh hormon progesteron yang kadarnya tinggi selama masa hamil. Hormon tersebut membuat otot-otot saluran cerna menjadi lebih rileks atau bekerja lebih lambat. Sehingga proses pencernaan pun menjadi lambat dan gas menjadi lambat untuk di buang.
  4. Mual-mual
    Apakah mual merupakan tanda tanda hamil muda 1 bulan? Jawabannya adalah ya, keluhan ini akan muncul antara 2-8 minggu atau 2 bulan setelah terjadinya proses pembuahan, dan diperkirakan akan mereda ketika kehamilan memasuki usia 13 dan 14 minggu, atau mungkin bisa bertahan lebih lama.
    Anda tidak perlu khawatir, karena hampir 70% ibu hamil mengalaminya dan ini bukanlah tanda adanya bahaya, baik bagi Ibu maupun janin. Bahkan, mual-mual sering dianggap sebagai indikasi kehamilan yang sehat.

Dari sini dapat kita tarik kesimpulan bahwa, sakit dan kram pada perut bagian bawah memang merupakan salah satu ciri-ciri tanda awal kehamilan (hamil muda). Namun untuk lebih memastikannya, lakukanlah pemeriksaan misalnya dengan test pack atau langsung mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kapan Harus Mengunjungi Dokter?

Tanda tanda Hamil Muda Pada Perut yang Wajib Diketahui

Memeriksakan kehamilan ke dokter - Image from kumparan.com

Saat rasa sakit dan kram pada perut berlangsung ringan dan menghilang dengan sendirinya, atau ketika Anda mengalami tanda tanda hamil muda setelah haid seperti mual dengan atau tanpa muntah (morning sickness) yang terjadi di siang atau malam hari, maka hal tersebut masih normal dan tak perlu dikhawatirkan. Namun, Anda perlu memeriksakan ke dokter apabila :

  1. Nyeri terasa berat dan terjadi persisten (terus-menerus). 
  2. Nyeri disertai gejala lain, misalnya seperti mual yang berlebihan, muntah, pendarahan pada vagina, sakit kepala, dan demam.
  3. Mengalami keluhan sakit di perut bagian atas, atau terasa nyeri ketika ditekan ringan, terutama ketika tekanan dilepaskan.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Tanda-Tanda Hamil Muda?

Jika Anda merasa tengah mengalami tanda-tanda hamil, jangan panik! Ikuti langkah-langkah berikut untuk memastikan kesehatan Ibu dan juga janin.

  1. Segera kunjungi dokter kandungan
    Tanda-tanda hamil muda bisa digunakan sebagai patokan, namun hal tersebut bukan hal yang dapat memastikan 100% bahwa Anda sedang hamil. Nah, untuk memastikannya, Anda disarankan untuk mengunjungi dokter kandungan.
    Selain itu, Anda juga harus mempelajari ciri-cirinya, dan amati perubahan yang terjadi pada tubuh Anda dan tanda-tanda yang bisa dirasakan. Dapatkan nasihat dokter sesegera mungkin setelah pembuahan, agar bisa memberikan peluang terbaik untuk kehamilan yang sehat dan positif untuk Anda dan janin.
  2. Patuhi Pantangan Ibu Hamil
    Sebaiknya Anda mematuhi beberapa pantangan sederhana bagi Ibu hamil seperti menghindari minuman beralkohol, makanan mentah, merokok dan olahraga yang terlalu berat. Dan jika Anda belum sempat mengunjungi dokter kandungan untuk memeriksakan kondisi kandungan, maka sebaiknya pantangan tersebut dihindari dahulu.
  3. Beritahukan kepada orang terdekat
    Ketika hamil muda, seseorang pasti akan mengalami perubahan hormon, kondisi ini dapat membuat Ibu hamil menjadi mudah lelah, mudah tersinggung dan kurang berkonsentrasi. Orang terdekat seperti suami dan keluarga mungkin akan bingung atau khawatir dengan kondisi Anda, oleh karena itu, ada baiknya memberitahukan kondisi kehamilan Anda.

Tanda tanda Hamil Muda Pada Perut yang Wajib Diketahui Nah, itulah pembahasan tentang tanda tanda hamil muda pada perut, untuk pembahasan selanjutnya kita akan membahas tentang tanda tanda hamil muda 1 hari. Semoga bermanfaat.

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa