Tanda tanda Hamil 1 Hari, Apakah Bisa Dikenali?

 19 Dec 2019  Isfatu Fadhilatul

Tanda tanda Hamil 1 Hari, Apakah Bisa Dikenali?

Tanda tanda hamil 1 hari - Image from www.kompasiana.co

Tanda tanda Hamil 1 Hari, Apakah Bisa Dikenali? Ada nggak sih tanda tanda hamil 1 hari itu? Berikut penjelasannya.

Banyak wanita yang bertanya tentang adakah tanda tanda kehamilan 1 hari, benarkah tanda kehamilan bisa diketahui secepat itu? Temukan tanda tanda hamil 1 hari jawabannya disini.

Baca Juga :
1. Ciri Ciri Orang Hamil 1 Minggu dan 2 Minggu
2. Tanda tanda Hamil Muda Pada Perut yang Wajib Diketahui
3. Anemia Pada Ibu Hamil: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Tanda Tanda Hamil 1 Hari

Biasanya, wanita yang sangat menginginkan kehamilan, atau bahkan wanita yang tidak menginginkan kehamilan, akan sangat sensitif dengan tanda hamil, misalnya seperti merasakan nyeri pada bagian bawah perut yang sebenarnya tidak selalu berkaitan dengan tanda kehamilan, mereka menganggap hal tersebut sebagai tolak ukur yang pasti tentang tanda kehamilan.

Padahal sebenarnya, gejala kehamilan baru akan disadari pada saat kehamilan menginjak usia 5-6 minggu, atau sekitar 2 minggu dari saat Anda telat menstruasi.

Jadi bisa dibilang, tanda tanda hamil 1 hari setelah berhubungan itu masih belum bisa terlihat dengan jelas. Jika Anda sering merasakan gejala umum kehamilan, sesaat setelah berhubungan seksual, maka kondisi tersebut biasanya bersumber dari perasaan cemas.

Lalu bagaimana dengan mual setelah berhubungan seksual, apakah merupakan tanda tanda hamil telat 1 hari? Tentu kita tidak dapat memastikannya. Pasalnya, kebanyakan wanita hamil akan mulai merasa mual ketika kehamilannya menginjak usia 5-6 minggu.

Berdasarkan usia kehamilan, dokter mungkin akan mengungkapkan bahwa masa kehamilan dimulai pada hari pertama periode menstruasi terakhir Anda, yaitu 2 minggu sebelum fertilisasi (pembuahan).

Memasuki 2 minggu pertama kehamilan, tubuh Anda akan mempersiapkan diri untuk pembuahan. Akan tetapi, pembuahan itu sendiri baru terjadi pada minggu ke 3 kehamilan.

Selain mual, tanda kehamilan umum yang kerap disalahartikan sebagai tanda tanda hamil baru 1 hari adalah :

  1. Perut kembung.
  2. Mengalami perubahan suasana hati atau emosi.
  3. Mengalami sakit kepala yang lebih berat dari biasanya.
  4. Perubahan nafsu makan.
  5. Perubahan ukuran payudara
  6. Perut terasa tidak nyaman.

Gejala ini umumnya dialami oleh wanita pada periode waktu antara ketika berovulasi dan menjelang menstruasi. Meskipun gejala-gejala tersebut bisa saja merupakan gejala kehamilan, tetapi kondisi ini juga bisa disebabkan oleh :

  • Fluktuasi hormon karena siklus menstruasi.
  • Gejala suatu penyakit.
  • Stres yang berlebihan. 
  • Sesuatu yang sederhana, misalnya seperti kurang tidur.
  • Terlalu banyak berolahraga.

    Ada beberapa wanita yang kurang mampu membedakan gejala sindrom pramenstruasi (PMS) dengan gejala kehamilan. Nah, untuk membantu menghilangkan kebimbangan Anda pada gejala-gejala tersebut, Anda bisa mengambil langkah-langkah positif guna meningkatkan kesehatan fisik dan emosional, contohnya :

    1. Mengkonsumsi makanan bergizi.
    2. Tidak merokok.
    3. Menghindari minuman beralkohol.

    Cara-cara diatas akan membantu meningkatkan kesehatan dan kebugaran Anda, terlepas dari Anda hamil atau tidak. Hal yang juga perlu diperhatikan adalah, Anda harus menghindari pantangan saat hamil, seperti tidak mengkonsumsi makanan mentah, diet berlebihan, serta sembarangan dalam memilih produk perawatan yang tidak semuanya aman untuk Ibu hamil.

    Jadi jangan salah mengartikan semua gejala yang terjadi sebagai tanda tanda kehamilan 1 hari setelah berhubungan ya! Untuk memastikan hal tersebut, konsultasikanlah dengan dokter.

    Tanda Tanda Hamil 1 Hari Keputihan

    Benarkah keputihan merupakan tanda tanda hamil 1 hari? 

    Seperti kasus mual yang kita bahas di awal, keputihan tidak selalu merupakan tanda hamil muda. Pasalnya, keluarnya keputihan merupakan tanda bahwa vagina sedang membersihkan dirinya sendiri sekaligus melindungi diri dari resiko infeksi.

    Keputihan pada wanita hamil dapat berbeda-beda, ada yang mengalami keputihan dalam jumlah lebih banyak dibandingkan sebelum dirinya hamil, ada pula yang tidak.

    Keluarnya cairan putih bisa dikatakan sebagai tanda kehamilan 1 bulan. Pasalnya, hal tersebut erat kaitannya dengan penebalan dinding vagina, yang terjadi setelah pembuahan. 

    Pertumbuhan dari sel-sel lapisan vagina yang meningkat, menyebabkan cairan keputihan. Selain itu, cairan keputihan biasanya akan keluar paling banyak ketika memasuki trimester akhir kehamilan.

    Hal yang Perlu Dilakukan Jika Anda Tidak Ingin Hamil

    Nah, untuk mencegah adanya kesalahpahaman mengenai tanda tanda hamil muda 1 hari, terlebih untuk Anda yang tidak menginginkan kehamilan, Anda bisa mencoba trik berikut.

    Memakai kontrasepsi darurat. Ya, apabila Anda melakukan hubungan seksual tanpa kondom, dan Anda ingin mencegah terjadinya kehamilan, maka kontrasepsi darurat bisa jadi pilihan. Kontrasepsi tersebut disebut dengan post pil.

    Obat-obatan tersebut dijual bebas (tanpa resep) di apotek. Obat ini mampu mencegah kehamilan apabila diminum dalam beberapa hari pasca berhubungan seksual tanpa kondom.

    Semakin cepat Anda meminum obat ini, maka semakin efektif obat tersebut dalam mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Perlu diketahui, obat-obatan ini tidak menyebabkan aborsi, melainkan mencegah terjadinya pembuahan.

    Tanda tanda Hamil 1 Hari, Apakah Bisa Dikenali? Demikianlah penjelasan tentang tanda tanda hamil muda 1 hari ini, hindari cemas yang berlebihan, dan segera periksakan ke dokter apabila Anda mengalami gejala-gejala yang tidak disebutkan diatas. Semoga bermanfaat.