Ciri Ciri Orang Hamil 1 Minggu dan 2 Minggu

 15 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

Ciri Ciri Orang Hamil 1 Minggu dan 2 Minggu

Ciri ciri orang hamil - Image from motherandbaby.co.id

Mengalami perubahan berikut? tidak salah lagi, ini merupakan ciri ciri orang hamil.

Kehamilan merupakan suatu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh wanita. Tapi tidak jarang beberapa dari wanita tidak sadar bahwa dirinya sedang hamil.

Nah, berikut ini ciri ciri orang hamil yang bisa dijadikan acuan untuk mengetahui Anda hamil atau tidak. Simak baik-baik ya..

Ciri Ciri Orang Hamil Satu Minggu

Ciri hamil 1 minggu umumnya belum bisa terlihat atau dirasakan. Namun gejala kehamilan akan dimulai saat wanita terlambat haid, yaitu sekitar minggu ke empat kehamilan.

Pada saat itu, ciri ciri orang hamil dari badan dan kondisi fisik dapat dilihat dari adanya tekanan atau kram perut serta bercak darah, kemudian mual, muntah, dan gejala kehamilan yang lain timbul pada minggu-minggu berikutnya.

Selain tidak haid, berikut beberapa gejala-gejala awal kehamilan di minggu pertama setelah pembuahan :

  1. Payudara bengkak dan sensitif

    Payudara tampak bengkak, kemudian sensitif dan nyeri ketika disentuh. Akan tetapi, gejala ini tidak selalu muncul sebagai ciri hamil 1 minggu.

  2. Mual dengan atau tanpa muntah

    Biasanya tiga minggu setelah pembuahan, sebagian wanita akan merasakan mual, dengan atau tanpa muntah sebagai ciri-ciri hamil. Mual semacam ini bisa terjadi kapan saja, bukan hanya di pagi hari.

  3. Sakit pinggang bagian bawah

    Sebagian ibu hamil akan merasakan sakit di pinggang bagian bawah, yang kemungkinan akan terus berlanjut selama masa kehamilan.

Ada pula ciri ciri orang hamil lainnya yang sering dikeluhkan, misalnya sering buang air kecil, lelah yang berlebihan, sensitif terhadap bau, dan adanya keinginan mengkonsumsi makanan tertentu.

Terkadang juga merasakan sembelit dan kembung, hal ini dikarenakan sistem pencernaan pada ibu hamil melambat. Perubahan hormon saat hamil pun juga bisa memicu sakit kepala.

Baca Juga :
1. Tanda-tanda Hamil Anak Perempuan, Bisa Dilihat dari 22 Ciri Berikut Ini
2. Ciri-Ciri Orang Hamil Diluar Nikah Bisa Dilihat Dari Beberapa Hal ini
3. Khasiat Kurma Muda untuk Program Hamil, Solusi Bagi yang Lama Belum Punya Anak

Ciri Ciri Orang Hamil Dua Minggu

Gejala yang paling sering dialami adalah rasa pusing dan mual di pagi hari, yang disebabkan oleh reaksi perubahan tubuh yang cepat saat kehamilan.

Nah, selain pusing dan mual, ada gejala lainnya yang menjadi ciri ciri orang hamil 2 minggu, antara lain adalah :

  1. Heartburn 

    Heartburn adalah sensasi nyeri yang dirasakan pada area dada dan perut bagian atas. Wanita yang sedang hamil, biasanya akan mengalami hal tersebut, karena bayi yang sedang tumbuh memberikan tekanan ke perut yang menyebabkan heartburn dan refluks asam. Hal ini biasanya terjadi karena esofagitis refluks dimana isi (partikel makanan) dari perut kembali naik ke kerongkongan.

  2. Sekresi vagina

    Sekresi vagina ditandai dengan keluarnya cairan dari vagina yang warnanya sedikit putih dan lebih tebal dari biasanya. Cairan tersebut mungkin saja menimbulkan bau yang tidak biasa atau aneh, akan tetapi perubahan ini sangat normal terjadi.

  3. Kulit bisa glowing atau bahkan berjerawat

    Ciri ciri orang hamil dilihat dari raut wajah yaitu diantaranya kulit akan berubah dan berjerawat, hal ini disebabkan karena meningkatnya kadar hormon. Namun tak jarang, beberapa wanita malah memiliki kulit yang glowing ketika hamil.

    Perubahan kulit tersebut selain karena hormon kehamilan, juga disebabkan oleh HCG dan progesteron. Keduanya meningkatkan jumlah kelenjar minyak di wajah, kemudian menjadikan kulit lebih bersinar dan lebih halus. Selain itu, ibu hamil juga akan merasakan kulitnya sedikit memerah dan tembam, disebabkan karena volume darah yang meningkat.

  4. Banyak makan

    Cepat lapar dan sering ngidam, itulah ciri umum yang terjadi di masa kehamilan.

Nah, itulah Bunda beberapa tanda atau ciri ciri orang hamil. Namun harus diketahui bahwa masing-masing wanita mempunyai tanda kehamilan yang berbeda.

Jadi misalnya, Bunda mengalami ciri ciri orang hamil dari raut wajah yaitu semakin tembam, maka tidak serta merta hal tersebut merupakan ciri kehamilan.

Untuk lebih memastikan, sebaiknya Bunda menggunakan alat kehamilan berupa test pack dan selalu konsultasikan kehamilan Anda ke dokter kandungan. Semoga bermanfaat.