Gunakan 7 Bahan Alami Ini Sebagai Obat Mata Bengkak, 100% Ampuh!

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 05 Dec 2019

Gunakan 7 Bahan Alami Ini Sebagai Obat Mata Bengkak, 100% Ampuh!

Ilustrasi mata bengkak - Image from www.wowkeren.com

Gunakan 7 Bahan Alami Ini Sebagai Obat Mata Bengkak, 100% Ampuh! Selain mata minus, ada juga keluhan pada mata lainnya, misalnya seperti mata bengkak dan gatal. Yuk, cari tahu obat mata bengkak dan gatal disini!

Mata bengkak pasti akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan bikin percaya diri menurun. Tapi jangan khawatir, bahan-bahan alami berikut ini bisa kamu gunakan sebagai obat mata bengkak, obat mata bintitan, obat mata gatal dan obat mata merah . Penasaran? Yuk, simak penjelasannya disini!

Baca Juga :
1. Ciri-Ciri, Pencegahan, dan Pengobatan Mata Minus
2. Obat Biduran Alami untuk Anak dan Dewasa yang Mujarab
3. Obat Gusi Bengkak Ala Rumahan dan Resep Medis 

Obat Mata Alami untuk Mata Bengkak

Kamu pasti kaget ketika bangun di pagi hari dengan mata yang membengkak, padahal semalam kamu nggak menangis. Lalu apa sih penyebab mata bengkak itu?

Mata bengkak atau pembengkakan pada kelopak mata tidak hanya disebabkan oleh menangis saja, akan tetapi juga bisa disebabkan oleh kurangnya tidur, alergi, dan pembuluh darah yang memenuhi area kelopak mata.

Mata bengkak yang terjadi dalam jangka waktu yang lama bisa jadi karena ada masalah pada mata, yang mana hal ini hanya bisa dicari tahu lewat penanganan medis.

Akan tetapi, mata bengkak yang hanya terjadi sesekali atau dalam waktu yang relatif singkat, bisa diobati dengan bahan-bahan alami dan tidak memiliki efek samping. Nah, berikut ini beberapa obat mata alami, obat mata minus, dan obat mata untuk anak untuk meringankan mata bengkak.

1. Perbanyak konsumsi air

Gunakan 7 Bahan Alami Ini Sebagai Obat Mata Bengkak, 100% Ampuh!

Air putih - Image from id.pinterest.com

Dehidrasi yang disebabkan oleh kekurangan cairan juga bisa menjadi alasan mata bengkak. Hal ini karena kekurangan cairan membuat air di kelopak mata tertimbun, sehingga tidak bisa mengalir rata ke tubuh.

Oleh karena itu, memperbanyak minum air putih dipercaya mampu mencegah retensi air di sekitar mata. Sebaiknya, minumlah air delapan gelas sehari atau sesuai kebutuhan masing-masing individu.

2. Mentimun

Gunakan 7 Bahan Alami Ini Sebagai Obat Mata Bengkak, 100% Ampuh!

Mentimun - Image from id.pinterest.com

Mentimun dipercaya mampu menyingkirkan lingkaran hitam di bawah mata sekaligus mengurangi pembengkakan pada mata.

Menggunakan mentimun sebagai obat mata bengkak, obat mata katarak, dan obat mata untuk bayi sangat mudah, yaitu cukup menaruh potongan mentimun di kelopak mata yang bengkak. Dan simsalabim, dijamin bengkak di mata kamu akan berangsur mengempis.

3. Mengompres air dingin

Gunakan 7 Bahan Alami Ini Sebagai Obat Mata Bengkak, 100% Ampuh!

Es batu - Image from id.pinterest.com

Air dingin dipercaya mampu memberi sensasi relaksasi, sehingga bisa membantu mengempiskan mata yang bengkak, caranya pun mudah, yaitu :

  1. Ambil beberapa es batu, bungkuslah dengan kain tipis. 
  2. Tekan pelan-pelan es batu di bagian mata yang bengkak.
  3. Lakukan selama 15 menit.
  4. Kamu juga bisa memercikkan air dingin pada mata, guna menyempitkan pembuluh darah yang bengkak.

Tapi perlu di garis bawahi, jika mata kamu bengkak diikuti dengan bintitan, maka kamu harus mengompresnya dengan air hangat, bukan air dingin.

Kompres hangat bisa dijadikan alternatif sebagai obat mata bintitan, karena air hangat membantu mendorong nanah naik ke permukaan kelopak mata, sehingga nanah tersebut bisa keluar secara alami.

Perlu diketahui, tonjolan merah pada mata bintitan biasanya berisi nanah. Jadi kamu tidak perlu khawatir ketika ada nanah keluar dari mata kamu, karena itu artinya bintitan akan segera sembuh.

4. Teh chamomile

Gunakan 7 Bahan Alami Ini Sebagai Obat Mata Bengkak, 100% Ampuh!

Teh chamomile - Image from id.pinterest.com

Teh chamomile mempunyai sifat anti-inflamasi dan juga relaksasi sehingga bisa menenangkan. Mulai sekarang, jadikan minum teh chamomile sebagai rutinitas sehari-hari, hal ini dapat menghilangkan iritasi mata dan meringankan mata bengkak.

Selain itu, teh chamomile juga bisa digunakan sebagai obat mata gatal lho! Teh chamomile mempunyai efek anti alergi yang kuat, serta mampu menghambat pelepasan histamin, yang dapat mencegah munculnya reaksi alergi.

Nah, berbeda dengan cara pertama, menggunakan teh chamomile sebagai obat mata gatal cukup dengan membasuh mata dengan air rendaman teh chamomile.

5. Ketumbar

Gunakan 7 Bahan Alami Ini Sebagai Obat Mata Bengkak, 100% Ampuh!

Ketumbar - Image from id.pinterest.com

Ketumbar memiliki sifat pendingin yang sangat cocok digunakan untuk merawat mata bengkak. Cara menggunakan ketumbar sebagai obat mata bengkak cukup mudah, yaitu :

  1. Taruh ketumbar ke dalam kain katun tipis.
  2. Rendamlah dalam air. 
  3. Diamkan selama beberapa jam. 
  4. Gunakan air ketumbar tersebut untuk membilas mata.

6. Aloe Vera

Gunakan 7 Bahan Alami Ini Sebagai Obat Mata Bengkak, 100% Ampuh!

Aloe vera - Image from id.pinterest.com

Lidah buaya atau aloe vera mempunyai sifat anti-inflamasi dan sifat penyembuhan yang bisa digunakan untuk mengobati mata bengkak. Kandungan aloin dan emodin dalam aloe vera juga dipercaya mampu meringankan mata bengkak dan gatal.

Cara menggunakan aloe vera sebagai obat mata bengkak sangat mudah, yaitu campurkan gel lidah buaya dengan sedikit minyak vitamin E, kemudian oleskan ke bagian mata yang bengkak. Dijamin deh, kondisi mata akan normal kembali.

Selain sebagai obat mata bengkak, ternyata aloe vera juga bisa digunakan untuk obat mata merah lho! Sensasi dingin dari getahnya akan membuat mata yang merah dan perih jadi lebih nyaman.

Ini bukan cuma asumsi belaka, karena sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian dalam jurnal Pharmaceutical Biology, yang menyebutkan bahwa ekstrak lidah buaya baik untuk meredakan infeksi di bagian mata.

Cara menggunakan lidah buaya sebagai obat mata merah pun sangat mudah, yaitu cukup oleskan getah lidah buaya di sekeliling mata dan kelopak mata yang memerah, biarkan hingga meresap.

Ingat ya! jangan mengoleskan getah lidah buaya langsung ke permukaan mata, karena bisa memperburuk iritasi.

7. Masker mata

Gunakan 7 Bahan Alami Ini Sebagai Obat Mata Bengkak, 100% Ampuh!

Masker mata - Image from id.pinterest.com

Selain menggunakan bahan alami, kamu juga bisa menggunakan masker mata untuk meringankan mata bengkak. Masker mata dapat menekan dampak dari iritasi yang terjadi pada pembuluh darah di sekitar kulit, yang bisa menghasilkan bengkak.

Gunakan 7 Bahan Alami Ini Sebagai Obat Mata Bengkak, 100% Ampuh! Nah, cukup mudah kan menghilangkan mata bengkak? Jika kamu sudah melakukan cara-cara diatas namun bengkak tidak kunjung mengempis, maka segera konsultasikan ke dokter. Semoga bermanfaat.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb