Lafadz Doa Agar Tidak Ketindihan

 08 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

Lafadz Doa Agar Tidak Ketindihan

Ilustrasi tindihan - Image from www.idntimes.com

Apa yang dilakukan ketika tindihan sedangkan badan tidak bisa bergerak? Bacalah doa agar tidak ketindihan.

Tindihan atau dalam bahasa Jawanya direprepi, merupakan fenomena yang pasti dialami oleh semua orang meskipun hanya sekali dua kali.

Tindihan ditandai dengan badan yang sulit bergerak, mulut sulit berbicara, dada terasa sesak, dan dalam bayangan orang yang tindihan, ia melihat sosok hitam di sekelilingnya atau di tempat tidur.

Tentu saja hal tersebut membuat takut yang sangat luar biasa bagi orang yang tindihan, lalu apa yang harus dilakukan saat tindihan sedangkan badan tidak dapat bergerak? Hal yang bisa kita lakukan adalah berdoa agar tidak ketindihan. Yang mana dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang doa tindihan.

Baca Juga :
1. Doa Agar Tidak Mimpi Buruk dan Tidur Nyenyak
2. Doa Agar Cepat Tidur Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Doa Agar Tidak Ketindihan

Banyak orang yang mengaitkan fenomena sleep paralysis atau tindihan dengan hal-hal yang ghaib, karena tindihan bisa saja disebabkan karena jin.

Nah, jika Anda adalah salah satu orang yang mengalami tindihan, setelah tersadar hendaknya Anda memohon perlindungan Allah Ta'ala agar tidak tindihan lagi. Dan berikut lafadz doa agar tidak ketindihan dalam tulisan Arab dan terjemahannya.

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامّاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقَابِهِ، وَشَرِّ عِبَادِهِ، وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنَ

Artinya : "Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan, siksaan dan kejahatan hamba-hamba-Nya dan dari godaan setan serta jangan sampai setan mendatangiku". (HR. Abu Dawud 4/12. Shahih Tirmidzi 3/171)

Atau Anda bisa membaca doa agar tidak ketindihan yang bersumber dari hadits shahih riwayat Bukhari berikut :

اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ، وَوَجَّهْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لا مَلْجَأَ وَلا مَنْجَى مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ، وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ

Selain membaca doa agar tidak ketindihan diatas, Anda juga dianjurkan untuk membaca :

  1. Bacaan tasbih (Subhanallah) 33x
  2. Bacaan tahmid (Alhamdulillah) 33x
  3. Bacaan takbir (Allahu Akbar) 33x

Hal tersebut berdasarkan hadits berikut,

وروى الشيخان عن علي رضي الله عنه، أنّ رسول الله - صلّى الله عليه وسلّم - قال له ولفاطمة رضي الله عنها:" إذا أويتما إلى فراشكما أو أخذتما مضاجعكما فكبّرا ثلاثاً وثلاثين، وسبّحا ثلاثاً وثلاثين، واحمدا ثلاثاً وثلاثين "،

Baca Juga : Keutamaan Membaca Doa Sebelum Tidur

Kemudian pada saat sebelum tidur, Anda harus berdoa dan membaca beberapa surat pendek, hal tersebut diterangkan dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim berikut :

وفي الصّحيحين أنّ النّبي صلّى الله عليه وسلّم:" كان إذا أوى إلى فراشه كلّ ليلة جمع كفّيه، ثمّ نفث فيهما، وقرأ فيهما ( قل هو الله أحد ) و( قل أعوذ بربّ الفلق) و( قل أعوذ بربّ النّاس)، ثمّ مسح بهما ما استطاع من جسده، يبدأ بهما على رأسه، ووجهه، وما أقبل من جسده، يفعل ذلك ثلاث مرّات ". قال أهل اللغة: النّفث: نفخ لطيف بلا ريق.

Dalam hadits tersebut diterangkan bahwa kita dianjurkan untuk membaca: Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Sebelum membaca, kumpulkan kedua tangan kemudian ditiup, lalu bacalah ketiga Surah di atas, setelah itu usapkan kedua tangan ke seluruh badan mulai dari kepala, wajah, hingga badan bagian depan. Lakukan hal tersebut sebanyak tiga kali. (berdasarkan hadits shahih riwayat Bukhari dan Muslim).

Baca Juga : Menurut Medis Tidak Sehat, Benarkah Islam Melarang Tidur Setelah Ashar

Cara Tubuh Mengatasi Tindihan

Selain adanya gangguan jin, ketindihan juga disebabkan karena faktor-faktor berikut :

  1. Kondisi tubuh yang sangat letih, biasanya kelelahan secara fisik.
  2. Kurangnya waktu tidur.
  3. Faktor stres dan tekanan yang terjadi sepanjang hari.
  4. Pengaruh konsumsi obat-obatan.
  5. Adanya perubahan jam tidur atau pola tidur.

Dan berikut beberapa cara yang bisa dilakukan tubuh untuk mengatasi tindihan, sementara dalam hati membaca doa agar tidak ketindihan yang sudah disebutkan diatas.

  • Jangan panik, tarik napas secara berkala dan buat diri Anda dalam kondisi santai dan senyaman mungkin.
  • Kepalkan tangan Anda, cara ini secara perlahan bisa mengendurkan kelumpuhan yang terjadi pada tangan dan tubuh Anda.
  • Cobalah untuk batuk beberapa kali untuk melemaskan otot-otot di sekitar leher yang kaku.
  • Cobalah bangun dengan pelan-pelan. 
  • Jika sudah bangun, cucilah wajah Anda dan minum beberapa teguk air agar tubuh kembali rileks.

Demikianlah artikel tentang doa agar tidak ketindihan ini, jangan lupa untuk selalu berdoa dan berdzikir sebelum tidur agar terhindar dari gangguan tindihan, Semoga bermanfaat.