Doa Agar Cepat Tidur Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

 26 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Agar Cepat Tidur Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Ilustrasi insomnia - Image from thewaronloneliness.com

Doa agar cepat tidur. Terkadang ada beberapa hal yang menyebabkan susah tidur, oleh karena itu bacalah doa.

Tidur merupakan kebutuhan semua makhluk hidup, tidak hanya manusia akan tetapi hewan dan tumbuhan juga. Akan tetapi, terkadang ada beberapa alasan yang menyebabkan kita susah tidur, contohnya seperti gelisah memikirkan masalah, dan karena alasan kesehatan.

Islam sendiri sudah mengajarkan kita bagaimana lafadz doa agar cepat tidur untuk membantu kita yang mengalami insomnia. Lalu bagaimana lafadz doa cepat tidur itu? Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang doa agar bisa tidur cepat.

Doa Agar Cepat Tidur

Susah tidur atau insomnia merupakan masalah yang serius apabila terjadi setiap malam, karena dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang serius. Jika Anda adalah salah satu orang yang mengalami insomnia, Anda bisa coba membaca doa ketika susah tidur berikut.

Adapun lafadz doa tidur nyenyak ini juga diamalkan oleh sahabat Zaid bin Tsabit yang dikutip dalam Kitab Ibnu Sunni , ia menjelaskan “Lalu saya membacanya, kemudian Allah menghilangkan apa yang saya alami ”. Dan berikut lafadz doa supaya tidur nyenyak Arab, latin dan artinya.

اَللهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَنُوْمٌ، يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِىءْ لَيْلِى وَأَنِمْ عَيْنِيْ

ALLAHUMMA GHARATIN NUJUM WA HADAATIL ‘UYUN, WA ANTA HAYYUN QAYYUM, LA TAKKHUZUKA SINATUN WALA NAUMUN. YA HAYYU YA QAYYUM, AHDI’ LAILI WA ANIM ‘AINI

Artinya : "Ya Allah, bintang-bintang telah redup, mata-mata telah memejam dan Engkau Maha Hidup lagi Maha Terus-menerus mengurus makhluk. Tidak menimpa-Mu rasa kantuk dan tidur. Wahai Dzat Yang Maha Hidup dan Maha mengurusi makhluk, tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku".

Itulah lafadz doa agar mudah tidur sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Sunni. Adapun hadits lengkap yang menerangkannya adalah sebagai berikut.

 روينا فى كتاب ابن السني عن زيد بن ثابت رضي الله عنه قال: شكوت إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم أرقا أصانبي، فقال: قل: اَللهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَنُوْمٌ، يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِىءْ لَيْلِى وَأَنِمْ عَيْنِيْ، فقلتها، فأذهب الله عزّوجلّ عني ماكنت أجد

Ketika tidur kita pasti menginginkan bermimpi baik, baca doa agar mimpi baik disini : Doa Agar Tidak Mimpi Buruk dan Tidur Nyenyak

Doa Agar Tidur Nyenyak Lainnya

Selain lafadz doa agar cepat tidur pulas diatas, kami juga telah menyiapkan kumpulan doa susah tidur malam lainnya yang mana semuanya berdasarkan ajaran Rasulullah SAW.

Sahabat Rasulullah lainnya yang juga mengalami susah tidur adalah Khalid bin Walid. Diriwayatkan oleh Muhammad bin Yahya bin Haban, Khalid mengadukan keadaan yang dialaminya, kemudian Nabi Muhammad mengajarkannya untuk membaca doa berikut :

اعوذ بكلماتالله التامات من غضبه ومن شرعباده ومن همزات الشياطين وان يحضرون

A'UUDZU BIKALIMAATILLAHIT TAAMMAATI MIN GHODLOBIHI WA MIN SYARRI 'IBAADIHI WA MIN HAMAZAATISY SYAYAATIINA WA AYYAHDLURUUN

Artinya : "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari keburukan hamba-hamba-Nya, serta dari berbagai godaan syaitan dan kehadirannya".

Baca Juga : Doa Ketika Mimpi Baik dan Doa Setelah Mimpi Buruk

Masih sama dengan cerita sahabat Khalid bin Walid sebelumnya, akan tetapi Rasulullah memberinya resep doa susah tidur yang berbeda, yaitu : 

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ وَمَا أَظَلَّتْ وَرَبَّ الأَرَضِينَ وَمَا أَقَلَّتْ وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضَلَّتْ كُنْ لِي جَارًا مِنْ شَرِّ جَمِيعِ الْجِنِّ وَالإِنْسِ ، وأَنْ يُفْرَطَ عَلَيَّ أَحَدٌ مِنْهُمْ أَوْ أَنْ يُؤْذِيَنِي عَزَّ جَارُكَ وَجَلَّ ثَنَاؤُكَ وَلا إِلَهَ غَيْرُكَ

Artinya : “Ya Allah Tuhan langit dan apa yang dinaungi, Tuhan Bumi dan apa yang diangkat, Tuhannya para setan dan apapun yang disesatkan, Jadilah Engkau (wahai Tuhanku) yang berada di sisiku (melindungiku) dari seluruh kejahatan jin dan manusia, dari tindakan berlebih-lebihan mereka atau dari gangguan salah satu dari mereka. perlindungan-Mu sangatlah agung demikian pula juga pujian kepada-Mu, dan tiada Tuhan selain-Mu.”

Adapun doa sulit tidur riwayat sahabat Khalid diatas, bisa Anda temukan dalam kitab-kitab hadits Musnad al-Bazzar oleh Abu Bakar al-Bazzar, al-Mu’jam al-Kabir oleh Al-Thabrani, dan dalam kitab Mushannaf Ibn Abi Syaibah oleh Abu Bakar Ibn Abi Syaibah.

Baca Juga : Arti Mimpi Menurut Al Qur'an Dan Hadits

Demikian artikel tentang doa insomnia ini, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa bagi Anda yang mengalami susah tidur agar mengamalkan doa susah tidur dan gelisah diatas. Akan tetapi apabila insomnia Anda tidak kunjung sembuh, maka kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter.