7 Museum Jogja yang Penuh Edukasi Wajib Didatangi

 19 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

7 Museum Jogja yang Penuh Edukasi Wajib Didatangi

Museum Jogja - Image from travelingyuk.com

Berlibur ke Yogyakarta? Yuk, mampir ke 7 referensi wisata edukasi di museum Jogja berikut ini.

Nggak cuma julukan saja, Yogyakarta memang selalu istimewa. Mulai dari wisata kuliner, wisata bahari, hingga wisata edukasi ada disana. Nah, jika kamu berniat ke Jogja tidak ada salahnya melakukan wisata safari sejarah sekaligus edukasi ke berbagai museum di Yogyakarta.

Nah, berikut beberapa referensi wisata edukasi museum Yogya yang bisa kamu masukkan ke list liburan kamu.

Baca Juga :
1. 7 Pantai Baru di Jogja yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan
2. Bakpia Pathok 25 dan Oleh Oleh Khas Jogja Hits Lainnya
3. Cicipi Citarasa Masa Lalu, Kuliner Jogja Ini Bisa Bikin Kamu Ingat Kenangan Dulu!

Museum di Yogyakarta

Museum di Yogyakarta tidak hanya menawarkan ilmu pengetahuan, namun juga suasana yang menenangkan. Cocok banget deh buat kamu yang nyari wisata liburan buat relaxing diri dan pikiran.

Daripada penasaran, langsung saja simak beberapa referensi museum yang ada di Yogyakarta berikut ini.

1. Museum Jogja Nasional

7 Museum Jogja yang Penuh Edukasi Wajib Didatangi

Museum nasional Jogja - Image from travelingyuk.com

Museum Nasional Jogja bukan cuma tempat menyimpan benda bersejarah lho, tapi juga merupakan salah satu tempat di mana para seniman bisa mengekspresikan dirinya.

Museum yang bertempat di bekas kampung Akademi Seni Rupa Indonesia ini menyajikan beberapa ruang pameran yang bisa kamu eksplor, diantaranya yaitu Ruang Fine Art Museum Gallery, Pendopo Ajiyasa, Ruang Seni Situs Patung, dan Ruang Situs Karya.

Selain itu, juga ada beragam fasilitas lainnya yang bikin kamu merasa nyaman berlama-lama disini, misalnya art shop, kantin, dan free hotspot area.

Menariknya lagi, Museum Nasional Jogja atau yang sering disebut JNM ini juga menyediakan galeri khusus bernama Gallery for Citizens yang biasanya digunakan untuk para seniman memamerkan hasil karyanya secara cuma-cuma. Wah, keren banget ya!

Kamu bisa datang kesini kapanpun karena Museum Jogja Nasional buka tiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB, dan kamu nggak bakal ngeluarin biaya sedikitpun alias gratis!

Lokasi Museum Jogja Nasional : Jl. Prof. Ki Amri Yahya No. 1 Gampingan, Wirobrajan, Yogyakarta, Indonesia.

2. Museum Jogja Kembali 

7 Museum Jogja yang Penuh Edukasi Wajib Didatangi

Museum Jogja kembali - Image from ultimate-o2.blogspot.com

Museum Jogja Kembali atau Monumen Jogja Kembali (Monjali) mempunyai bangunan yang unik dan nyentrik beda dari bangunan lainnya, yaitu berbentuk seperti tumpeng dengan bagian depannya terdapat pintu masuk yang tinggi.

Memasuki museum ini, kamu akan melihat kira-kira 40 relief yang terletak di bagian tangga dalam monumen. Semua relief ini bukan sembarang relief lho, karena relief-relief tersebut menceritakan tentang perjuangan bangsa Indonesia untuk merebut kembali kemerdekaannya.

Yakin deh kamu gak bakal nyesel mengunjungi museum ini, karena koleksinya pun bisa dibilang cukup lengkap. Ada diorama-diorama yang menceritakan tentang peristiwa penting di kota Jogja, ruang koleksi, auditorium, perpustakaan dan masih banyak lagi fasilitas lainnya yang bakal memanjakan mata kamu.

Tertarik? Yuk segera kunjungi Museum Jogja Kembali yang berlokasi di Jalan Lingkar Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik Yogyakarta. Dengan harga tiket masuk yang sangat murah yaitu Rp. 10.000 saja.

3. Museum Sonobudoyo

7 Museum Jogja yang Penuh Edukasi Wajib Didatangi

Museum Sonobudoyo - Image from visitingjogja.com

Museum Sonobudoyo mempunyai koleksi yang berkaitan dengan kebudayaan Jawa terlengkap kedua setelah Museum Nasional Indonesia. Saat ini Museum Sonobudoyo dibagi menjadi 2 unit, yang pertama berlokasi di dekat alun-alun utara dan yang kedua berlokasi di daerah Wijilan.

Tapi tenang saja, jika kamu berniat mengunjungi keduanya, kamu hanya perlu membayar 1 kali tiket saja kok. Dengan tiket Rp. 3.000 saja kamu bisa menikmati 2 tempat bersejarah sekaligus.

Di museum ini kamu bisa melihat dan mempelajari lebih dari 43 ribu benda bersejarah yang penting. Mulai dari kategori Teknologi, Geologi, Seni Rupa, Biologi, Keramologi, Etnografi, Filologika, Arkeologi, Numismatika dan Historika.

Di waktu tertentu, kamu juga bisa menonton pagelaran wayang khas Jawa. Jam buka Museum Sonobudoyo ini yaitu setiap Selasa-Minggu mulai pukul 08.00-15.30 WIB. Namun khusus di hari Jum'at hanya beroperasi sampai pukul 14.00 saja.

4. Museum Affandi 

7 Museum Jogja yang Penuh Edukasi Wajib Didatangi

Museum Affandi - Image from catperku.com

Buat kamu yang hobi melukis, cocok banget deh datang ke Museum Affandi. Karena seperti namanya, Museum Affandi menyimpan karya-karya besar buatan maestro seni lukis Indonesia, Affandi.

Selain menampilkan barang-barang yang sering dipakai oleh Affandi, disini kamu juga bisa menikmati galeri khusus yang menampilkan karya pelukis-pelukis lainnya. Untuk menikmatinya, kamu datang saja langsung ke Jalan Laksda Adisucipto No.167, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta.

Dengan biaya masuk yang cukup terjangkau yaitu Rp. 25.000. Tapi jika kamu ingin mengabadikan karya-karya Affandi menggunakan perangkat seperti handphone dan kamera, kamu perlu mengeluarkan biaya lagi berkisar Rp. 10.000 - Rp. 20.000.

5. Museum Wayang Kekayon 

7 Museum Jogja yang Penuh Edukasi Wajib Didatangi

Museum Wayang Kekayon - Image from paketwisatabantul.com

Buat kamu yang suka sama kebudayaan wayang, maka kamu wajib banget mengunjungi Museum Wayang Kekayon. Berbagai hal yang berkaitan dengan wayang bisa kamu lihat disini.

Museum yang berlokasi di Jalan Raya Yogya-Wonosari Km. 7 ini menyimpan koleksi wayang dari abad ke-6 hingga abad ke-20. Mulai dari wayang yang terbuat dari kulit, kayu, kain, hingga kertas.

Harga tiket untuk masuk ke Museum Wayang Kekayon cukup murah meriah. Kamu hanya akan dikenakan biaya Rp. 7000/orang.

6. Museum Benteng Vredeburg

7 Museum Jogja yang Penuh Edukasi Wajib Didatangi

Museum Benteng Vredeburg - Image from visitingjogja.com

Jika kamu ada di Jalan Malioboro, maka tidak ada salahnya mampir ke Museum Benteng Vredeburg, karena lokasinya yang berdekatan. Bangunan buatan Belanda ini menyimpan banyak sekali koleksi bersejarah, mulai dari diorama-diorama tentang perjuangan rakyat Jogja, koleksi foto, miniatur, replika, lukisan, dan benda hasil visualisasi yang lain.

Selain beberapa patung hingga koleksi digital yang semakin membuat Benteng Vredeburg penuh daya tarik, bangunan museum ini juga instagenic banget. Cocok deh buat kamu yang instagramable.

Tertarik? Yuk kunjungi Museum Benteng Vredeburg yang berlokasi di Jalan Jenderal A. Yani (Margo Mulyo) No. 6 Yogyakarta. Dengan tiket masuk yang murah banget, cuma Rp. 2.000 aja!

7. Museum Keraton Ngayogyakarta

7 Museum Jogja yang Penuh Edukasi Wajib Didatangi

Museum Keraton Ngayogyakarta - Image from www.wisatania.com

Keraton Ngayogyakarta merupakan tempat yang bersejarah. Tahta penerus Mataram diwariskan secara turun-temurun, dan begitu juga dengan adat istiadat yang sangat kental menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan.

Museum Keraton Ngayogyakarta menampilkan jejak Sultan Hamengkubuwono IX dan benda-benda keraton yang lain, mulai dari foto-foto hingga pakaian kebesaran keraton. Selain itu, di sini adalah tempat tinggal Sri Sultan dan rumah tangga istana, sehingga kamu bisa melihat langsung bagaimana tradisi yang ada di kesultanan Yogyakarta.

Jika kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi Museum Keraton Ngayogyakarta setiap hari pada jam buka yaitu mulai pukul 08.00-14.00 WIB. Namun khusus di hari Jum'at, museum ini hanya dibuka sampai pukul 12.00 WIB saja.

Nah, dari ketujuh referensi museum Jogja tersebut, mana yang sudah kamu kunjungi?