2 Resep Pie Susu Bali yang Renyah dan Lembut

Komentar
resep pie susu
Image Source: ramesia.com

Sudahkah anda mendengar nama kue pie susu? Mungkin nama pie susu tak lagi asing terdengar di telinga anda. Pie susu merupakan makanan nikmat yang namanya popular dari dahulu hingga sekarang.

Pie susu merupakan cemilan khas Bali yang seringkali dijadikan pilihan oleh para wisatawan sebagai oleh oleh. Rasanya yang gurih dan lembut membuatnya menjadi incaran bagi para pencinta kuliner yang datang ke Bali.

Oleh karena itu, kalau anda berwisata ke Bali cobalah untuk mencicipi pie susu ini. Meskipun di kota lain juga ada, pie susu dari Bali lah yang paling populer.

Sangking populernya hasil pencarian untuk resep pie susu. Terdapat sekitar 2.460 varian resep pie susu yang mudah dibuat dan tentu saja enak. Dan juga masih terdapat banyak lagi varian resep pie susu enak dan lembut lainnya!

Nah, bagi yang tertarik untuk membuat pie susu sendiri dirumah yang nikmat dan lembut. Tenang, untuk membuat kue pie susu ternyata sangat praktis dan bahannya mudah didapat.

Kunci utama untuk mendapatkan pie susu yang nikmat dan lembut di lidah adalah takaran bahan serta proses pemanggangan yang tepat.

Langsung saja, kali ini kami akan berbagi aneka varian resep dan cara membuat pie susu yang nikmat dan lembut. Yuk, simak ulasannya dibawah ini supaya anda bisa segera mencobanya di rumah!

Baca Juga:

1. Resep dan Cara Membuat Pie Susu Bali Yang Pertama

Bahan Untuk Kulitnya:

  • Mentega 150 gram
  • Tepung terigu protein sedang 225 gram
  • 2 sdm gula halus
  • 3 sdm meizena
  • 2 butir telur (gunakan kuningnya saja)
  • Garam ¼ sdt

Bahan Untuk Isinya:

  • 1 butir telur
  • Gula pasir 3 sdm
  • Vanili bubuk ½ sdt
  • Susu kental manis 4 sdm
  • Tepung custard 1 sdt
  • Susu cair 300 ml
  • Garam ¼ sdt

Cara Membuat Isinya:

  1. Mulai dengan merebus tepung custard yang sebelumnya telah dicampur susu cair dan gula pasir. Aduk sampai tercampur dan mendidih.
  2. Campurkan untuk telur dan diaduk rata.
  3. Selanjutnya tambahkan garam, susu kental manis serta vanili bubuk ke dalam adonan yang sudah direbus tadi dan tunggu hingga adonan dingin.

Cara Membuat Pie Susunya:

  1. Campurkan semua bahan kulit yang telah disediakan hingga merata.
  2. Oleskan cetakan dengan  bahan mentega agar tidak lengket, lalu tuangkan adonan dalam cetakan yang tersedia (diameter 8 cm).
  3. Ratakan untuk adonan dan bentuk bagian pinggir menggunakan ujung garpu.
  4. Supaya matangnya merata, anda dapat menusuk-nusuk di bagian bawah adonan dengan garpu.
  5. Tuangkan isian yang telah dibuat diatas adonan kulit, dan lanjut untuk memanggang dalam oven kurang lebih selama 60 menit dengan suhu 150 derajat celcius.
  6. Apabila adonan sudah bewarna keemasan, silahkan diangkat.
  7. Pie susu siap disajikan.

2. Resep dan Cara Membuat Pie Susu Bali Yang Kedua

Bahan:

  • 500 gram tepung pembuat roti atau tepung terigu
  • seperempat (250 gram) margarin
  • 6  telur ayam diambil kuningnya saja
  • 200 ml air matang
  • 1 susu kaleng kental manis.
  • 1 butir besar atau 2 butir telur ayam
  • 1 sendok kecil garam

Cara Membuatnya:

  1. Pertama tama buat kulit pie nya dulu. Ambil 500 gram tepung terigu yang telah disiapkan di atas. Campurkan  dengan 250 gram margarin dan garam secukup nya.
  2. Kemudian aduk secara perlahan lahan hingga semua bahan tercampur dengan sempurna.
  3. Jika sudah tercampur, pecahkan satu butir telur ayam yang ukuran nya cukup besar. Masukkan dan aduk ke dalam adonan dengan tangan (uleni) hingga benar benar kalis dan tercampur sempurna.
  4. Berikutnya membuat isi pie susu nya. Ambil satu tempat yang lain membuat adonan isi pie nya. Ambil untuk 6 butir kuning telur yang dipersiapkan dan campurkan  1 kaleng susu putih kental manis juga air. Mixer ketiga bahan tersebut dalam kecepatan sedang sampai semua bahan tercampur secara sempurna. Usahakan agar  proses pengadukan ini tidak menjadikan bahan-bahan di dalamnya berbuih.
  5. Siapkan untuk cetakan yang akan di gunakan untuk pembuatan Pie nya. Bentuk cetakan bisa dikreasaikan dengan selera atau keinginaan Anda.
  6. Selanjutnya bisa mengambil adonan kulit pie di atas. Ambil dengan sedikit dan ratakan menggunakan tangan. Ingat, sebaiknya menggunakan tangan dalam meratakannya karena hasilnya sangat berbeda apabila Anda memakai alat lain.
  7. Masukkan untuk isi pie diatas ke dalam cetakan yang telah di alasi kulit pie. Sebaiknya cetakan di isi secukupnya saja. Jangan terlalu banyak suapaya menghindari kue pie yang tidak matang. Pada tahap ini, Anda bisa sedikit berkreasi dengan gaya ide baru. Coba dengan menambahkan coklat tabur, kismis parutan keju, atau yang lain untuk hasil yang menraik dan menggugah selera.
  8. Panaskan oven dengan ukuran api sedang, setelah dirasa cukup panas masukkan cetakan pie susu tadi ke dalam nya. Panggang hingga kurang lebih 40 menit sampai dengan 60 menit.
  9. Jika sudah matang yang ditandai dengan bagian dalamnya matang yakni dengan menggunakan lidi dan menusukan ke dalam bagian kuenya. Jika masih lembek dan lengket, berarti kue belum matang dengan sempurna.

Demikian penjelasan diatas tentang aneka resep pie susu dan cara membuatnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!
Top