Lafadz Doa Sapu Jagat Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

 16 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Lafadz Doa Sapu Jagat Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Ilustrasi doa sapu jagat - Image from www.instazu.com

Doa sapu jagat adalah doa yang paling sering dibaca.

Doa merupakan bentuk pendekatan diri pada Allah SWT.  Kita dianjurkan untuk berdoa di segala kondisi, baik dalam kondisi sedih maupun bahagia, lapang maupun sempit, di siang maupun malam hari. Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang senantiasa berdoa, Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 186 berikut :

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ

Artinya : “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku.” (QS. Al Baqarah: 186)

Dalam islam, ada banyak sekali lafadz doa, salah satunya adalah doa sapu jagat. Doa ini biasanya dibaca ketika selesai sholat fardhu maupun sunnah. Lalu bagaimana lafadz doa sapu jagat itu? Berikut dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai doa sapu jagat dan artinya. 

Doa Sapu Jagat

Doa sapu jagat adalah doa yang berisi tentang permintaan kebaikan di dunia seluruhnya dan dihindarkan dari siksa api neraka. Yang dimaksud dengan kebaikan dunia adalah nikmat kesehatan, rumah yang lapang, pasangan yang penuh dengan kebaikan, rezeki yang luas, ilmu yang bermanfaat, amal saleh, dan kebaikan-kebaikan lainnya. Yang mana berarti seluruh kebaikan dunia tercakup dalam doa sapu jagat.

Lalu mengapa disebut dengan sapu jagat? Karena doa ini terbukti ampuh, yang mana didalamnya berisi permintaan seluruh kebaikan di dunia dan akhirat. Berikut lafadz doa sapu jagat ayat 201 pada Q.S Al-Baqarah :

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Robbanaa aatina fid dunyaa hasanah, wa fil aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar

Artinya : "Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka".

Adapun lagadz sapu jagat diatas banyak diucapkan ketika selesai menunaikan manasik haji, khususnya di hari-hari tasyrik pada bulan Dzulhijjah, sebagaimana anjuran sebagai salaf. Hal ini diterangkan dalam Q.S Al Baqarah ayat 200-201 berikut : 

فَإِذَا قَضَيْتُمْ مَنَاسِكَكُمْ فَاذْكُرُوا اللَّهَ كَذِكْرِكُمْ آَبَاءَكُمْ أَوْ أَشَدَّ ذِكْرًا فَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الْآَخِرَةِ مِنْ خَلَاقٍ (200) وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ (201)

Artinya : “Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berdzikirlah dengan menyebut Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau (bahkan) berdzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada orang yang berdoa: “Ya Rabb kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”, dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat. Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: “Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”.

Baca juga lafadz doa-doa lainnya berikut ini :
1. Kumpulan Doa-Doa Pendek Sehari-Hari yang Mudah Dihafal
2. Doa Agar Hati Tenang Menghilangkan Perasaan Sedih, Marah, Gelisah, dan Negatif

Tafsir yang Ada Pada Doa Sapu Jagat

Disebutkan dari Anas bin Malik RA, ia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,

اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya : "Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka". (HR. Bukhari no. 4522 dan Muslim no. 2690)

Dalam riwayatnya, Imam Muslim menyebutkan,

وَكَانَ أَنَسٌ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَدْعُوَ بِدَعْوَةٍ دَعَا بِهَا فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَدْعُوَ بِدُعَاءٍ دَعَا بِهَا فِيهِ

Artinya : “Jika Anas radhiyallahu ‘anhu hendak berdoa, ia pasti berdoa dengan doa tersebut. Dan jika ia hendak berdoa dengan doa yang lain, ia pun menyisipkan doa tersebut di dalamnya.” (HR. Muslim no. 2690).

Ibnu Hajar rahimahullah menambahkan,

لَمْ يَدْعُ نَبِيّ وَلَا صَالِح بِشَيْءٍ إِلَّا دَخَلَ فِي هَذَا الدُّعَاء

Artinya : “Tidaklah seorang nabi maupun orang shalih berdoa melainkan mereka menggunakan doa ini.” (Fathul Bari, 2: 322).

Dari hadits riwayat diatas, kita dapat mengetahui bahwa doa sapu jagat merupakan doa yang senantiasa dibaca Nabi Muhammad dan juga para sahabatnya. Yang mana mereka merupakan golongan orang shalih.

Adapun dalam kata الحسنة yang memiliki arti kebaikan di dunia, Menurut Imam as-Syaukani dalam Tuhfah Adz-Dzakirin yang mana mengutip pendapat dari sahabat Ali bin Abi Thalib RA. Ia menyebutkan bahwa kebaikan di dunia adalah mendapatkankan istri yang shalihah dan kebaikan akhirat yakni mendapatkankan bidadari. Jadi, lafadz doa diatas juga bisa digunakan sebagai doa sapu jagat untuk memikat wanita. Bagi anda yang berniat berikhtiar memikat hati wanita dan menikah, baca doa ini : Kumpulan Doa Agar Cepat Dapat Jodoh dan Menikah

Sedangkan menurut ulama lain yaitu Imam Hasan al-Bashri menjelaskan bahwa kebaikan dunia adalah mendapatkankan ilmu dan ibadah, dan kebaikan akhirat adalah mendapatkan surga serta dijauhkan dari siksa api neraka.

Dari penjelasan diatas, dapat dipahami bahwa orang yang mendapat keberuntungan adalah orang yang berakal dan berilmu, serta memiliki pendamping yang senantiasa menuntun ke arah yang benar, serta kelak mendapatkan nikmat surga.

Tentunya untuk mendapat keberuntungan serupa, dibutuhkan usaha yang tekun dan juga hati yang ikhlas. Hal yang patut kita kejar untuk menjadi orang yang beruntung dunia akhirat adalah dengan memperbanyak ibadah, amal dan sodaqoh, serta menjauhi segala larangan Allah.

Doa Sapu Jagat Panjang

Selain doa sapu jagat yang sudah disebutkan diatas, ada juga lafadz doa sapu jagat panjang yang mana doa ini memiliki lafadz yang lebih panjang dari doa diatas, namun memiliki tujuan yang sama yakni meminta keselamatan di dunia dan akhirat. Berikut lafadz doa sapu jagat panjang :

اَللّٰهُمَّ اِنَّانَسْئَلُكَ سَلَامَةً فِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةًفِى الْجَسَدِوَزِيَادَةًفِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَ قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِ وَمَغْفِرَةًبَعْدَالْمَوْتِ، اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَنَجَاةًمِنَ النَّارِوَالْعَفْوَعِنْدَالْحِسَابِ

Allohumma innaa nas ‘aluka salaamatan fiddiin wa’aafiyatan filjhasad wa ziyaadatan fil’ilmi wa barakatan firrizqi wa taubatan kablalmaut wa rahmatan indalmaut wa magfiratan ba’dalmaut. Allahumma hawwin ‘alaina fii sakaratilmaut wannajaataminannari wal’afwa ‘indal hisaab.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu akan keselamatan Agama dan sehat badan, dan tambahnya ilmu pengetahuan, dan keberkahan dalam rizki dan diampuni sebelum mati, dan mendapat rahmat waktu mati dan pengampunan sesudah mati. Ya Allah, mudahkan bagi kami waktu (sekarat) menghadapi mati, dan selamatkan dari siksa neraka, dan pengampunan waktu hisab."

Demikian artikel tentang doa sapu jagat dan artinya serta doa sapu jagat panjang ini, semoga bermanfaat.