Kumpulan Doa Agar Cepat Dapat Jodoh dan Menikah

 15 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Kumpulan Doa Agar Cepat Dapat Jodoh dan Menikah

Doa agar cepat mendapat jodoh - Image from pinterest.com

Jodoh, siapa yang tidak memikirkan perihal jodoh? Jodoh merupakan salah satu rahasia dari Allah SWT. Tidak ada satu orang pun yang mengetahui ia akan berjodoh dengan siapa. Maka dari itu sebagai manusia, yang bisa kita lakukan adalah berusaha dan juga mengamalkan doa enteng jodoh dalam islam. Allah SWT berfirman dalam QS. Yasin ayat 36 berikut :

سُبْحَانَ الَّذِي خَلَقَ الْأَزْوَاجَ كُلَّهَا مِمَّا تُنْبِتُ الْأَرْضُ وَمِنْ أَنْفُسِهِمْ وَمِمَّا لَا يَعْلَمُونَ

Artinya : "Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui".

Dari ayat diatas, kita bisa mengetahui bahwa jodoh merupakan janji Allah yang pasti akan datang. Jodoh dalam islam sendiri dapat diartikan sebagai sebuah cerminan diri, jika seseorang itu baik, InsyaAllah akan mendapatkan jodoh yang baik pula, begitupun sebaliknya jika seseorang tersebut bersifat buruk, maka jodohnya akan buruk pula. Hal ini dijelaskan Allah dalam QS. An-Nur ayat 26

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ ۖ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ ۚ أُولَٰئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَ ۖ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

Artinya : Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga).

Akan tetapi jika seseorang itu baik namun mendapat jodoh yang belum sebaik dirinya, maka hal itu merupakan ujian dari Allah yang bertujuan sebagai ajaran untuk berbuat kebaikan. Begitu pula dengan orang yang telah mapan namun belum ditemukan dengan jodohnya, hal yang harus ia lakukan adalah tetap berusaha memantaskan diri dan juga memperbanyak amalan doa supaya cepat dapat jodoh yang diinginkan. Karena sejatinya Allah tidak akan memberikan cobaan yang hambanya tidak dapat lalui.

Lalu bagaimana lafadz doa semoga cepat dapat jodoh itu? Berikut artikel ini akan membahas tentang doa dilancarkan jodoh.

Doa Agar Cepat Dapat Jodoh dan Menikah

Bila Anda merupakan salah satu orang yang sedang mengupayakan datangnya jodoh, maka hal yang harus Anda laksanakan adalah tetap berikhtiar di jalan Allah dan juga membaca do a agar cepat dapat jodoh. Karena setiap ikhtiar atau berusaha tanpa dibarengi dengan doa akan sia-sia saja, dan begitupun sebaliknya.

Berikut kami paparkan lafadz doa mudah jodoh :

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

ROBBI HABLII MILLADUNKA ZAUJATAN THOYYIBAH AKHTUBUHAA WA ATAZAWWAJU BIHA WATAKUNU SHOOHIBATAN LII FIDDIINI WADDUNYAA WAL AAKHIROH.

Artinya : "Ya Rabb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat".

Doa Enteng Jodoh Untuk Wanita

Selain doa dimudahkan mendapat jodoh diatas, ada pula doa enteng jodoh yang dikhususkan untuk wanita yang sedang berikhtiar mendapatkan jodoh terbaik untuk jadi imamnya. Berikut lafadz doa enteng jodoh untuk wanita :

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة 

ROBBI HABLII MILLADUNKA ZAUJAN THOYYIBAN WAYAKUUNA SHOOHIBAN LII FIDDIINI WADDUNYAA WAL AAKHIROH

Artinya : "Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia & akhirat".

Selain berdoa, kita juga bisa berikhtiar dengan cara sholat, baca selengkapnya disini :
1. Tata Cara Shalat Istikharah Jodoh, Mulai Niat dan Doa Lengkap Hingga Selesai
2. Tata Cara Sholat Hajat Jodoh untuk yang Susah Jodoh

Daftar Doa Cepat Dapat Jodoh

Selain dua doa diatas, ada juga doa lainnya yang bertujuan sebagai doa biar cepat dapat jodoh, doa ini juga diterangkan dalam Al-Qur'an. Berikut daftar doa lancar jodoh :

1. Doa enteng jodoh yang terdapat dalam Q.S Al-Anbiya ayat 89 

رَبِّ لَا تَذَرْنِى فَرْدًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْوَٰرِثِينَ

ROBBI LAA TADZARNI FARDAN WA ANTA KHOIRUL WAARITSIN.

Artinya : "Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik".

2. Doa enteng jodoh yang terdapat dalam QS Al-Furqaan ayat 74 

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Rabbana hablana min azwaajina, wa dzurriyyatina qurrata a'yuniw, waj'alna lil muttaqiena imaamaa

Artinya : "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami jodoh (isteri-isteri) kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang2 yang bertakwa".

Baca juga cara Islami untuk mempermudah mendapat jodoh : Ribuan Orang Sukses Dapat Jodoh Idamannya, Menggunakan 8 Cara Jitu ini

3. Doa enteng jodoh yang terdapat dalam QS. Al-Qashash ayat 24

رَبِّ إِنِّيْ لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرِ فَقِيْرٌ

Rabbi innii limaa anzalta ilayya min khoirin faqiirun

Artinya : “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.”

Adapun kebanyakan tafsir dari kata “kebaikan” dalam ayat tersebut adalah jodoh. Hal ini karena jodoh merupakan bagian dari kebaikan yang mana bisa menghadirkan keridhaan Allah SWT.

Demikian artikel tentang kumpulan doa agar cepat menikah ini, kita bisa memilih untuk mengamalkan doa mana dari doa-doa diatas. Karena doa agar enteng jodoh tersebut memiliki niat yang sama yakni memohon ridha Allah untuk dipertemukan dengan jodoh yang terbaik.