Lafadz Doa Keberkahan dan Keselamatan Lengkap

 16 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Lafadz Doa Keberkahan dan Keselamatan Lengkap

Ilustrasi doa keselamatan - Image from gambaraneka1.blogspot.com

Sejatinya ketika seorang hamba melaksanakan ibadah, ia mengharapkan keberkahan dan juga keselamatan baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, jangan sampai kita lengah dan bosan untuk selalu beribadah dan berdoa kepada-Nya agar harapan tersebut dapat tercapai.

Karena tanpa nikmat Allah berupa kesehatan maka kita akan menjadi lemah, tanpa nikmat Allah berupa keselamatan maka kita akan celaka, dan tanpa nikmat Allah berupa keberkahan maka hidup kita akan sengsara.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-A’raf ayat 180 :

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ فَادْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya : "Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan".

Dari ayat diatas, dapat kita ketahui bahwa hanya Allah lah pemilik dari segala hal di muka bumi ini. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita selalu memanjatkan doa kepada-Nya, khususnya adalah doa kesejahteraan. Berikut artikel ini akan membahas tentang doa keberkahan dan keselamatan. 

Doa Memohon Keberkahan

Kita sebagai hamba Allah sudah pasti harus menyerahkan segala urusan kepada-Nya, kita harus berserah diri atas segala hal yang ada pada diri kita hanya kepada Allah SWT. Karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi pada kita esok maupun lusa, sudah sepatutnya kita membaca doa agar Allah selalu menyelamatkan kita. Berikut lafadz doa mohon keselamatan : 

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

ALLOOHUMMA INNAA NAS-ALUKA SALAAMATAN FID DIINI WA 'AAFIYATAN FIL JASADI WA ZIYAADATAN FIL 'ILMI WA BAROKATAN FIR RIZQI WA TAUBATAN QOBLAL MAUTI WA ROHMATAN 'INDAL MAUTI WA MAGHFIROTAN BA'DAL MAUTI

Artinya : "Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati".

Adapun isi dari doa memohon keselamatan diatas adalah meminta keselamatan dalam hal agama, meminta kesehatan lahir dan batin, dan juga ilmu yang bermanfaat serta rezeki yang cukup. Selain itu juga mencakup doa khusnul khotimah yakni memohon kebaikan ketika meninggal dunia.

Baca Juga : Doa agar Diberi Kemudahan dalam Segala Urusan, Diberi Kelancaran dan Kesehatan

Doa Kesejahteraan

Selain doa memohon keselamatan, kita juga akan membahas mengenai doa kesejahteraan. Tentunya kita pasti berharap pada Allah agar hidup kita sejahtera, dijauhkan dari segala hal-hal yang tidak baik. Selain itu kita juga mengharap agar keluarga kita selalu sejahtera dan harmonis. Berikut lafadz doa kesejahteraan keluarga :

اَللّٰهُمَّ اَصْلِحْ ذَاتَبَيْنِنَاوَاَلِّفْ بَيْنَ قُلُوْبِنَاوَاهْدِنَاسُبُلَ السَّلاَمِ وَنَجِّنَامِنَ الظُّلُمَاتِ اِلَنُّوْرِوَجَنِّبْنَاالْفَوَاحِشَ مَاظَهَرَمِنْهَاوَمَابَطَنَ اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَافِىْ اَسْمَاعِنَاوَاَبْصَارِنَاوَقُلُوْبِنَاوَاَزْوَاجِنَاوَذُرِّيّٰتِنَاوَتُبْ عَلَيْنَااِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ وَاجْعَلْنَاشَاكِرِيْنَ لِنِعْمَتِكَ مُثْنِيْنَ بِهَاقَابِلِيْنَ لَهَاوَاَتِمَّهَاعَلَيْنَا

Allaahumma ashlih dzaata baininaa wa allif baina quluubinaa wahdinaa subulas salaami wa najjinaa minadh dhulumaati ilan nuuri wa jannibnal fawaahisya maa dhahara minhaa wamaa bathana.
Allaahumma baarik lanaa fii asmaa’inaa wa abshaarinaa waquluubinaa wa azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa watub ‘alaina innaka antat tawwaabur rahiimu waj’alnaa syaakiriina lini’matika mutsniina bihaa qaabiliina lahaa wa atimmahaa ‘alainaa.


Artinya : “Wahai Allah, perbaikilah hubungan di antara kami, satukanlah di antara hati-hati kami, tunjukilah kami jalan-jalan keselamatan, selamatkanlah kami dari gelapnya kekufuran kepada cahaya keimanan, dan jauhkanlah kami dari kekejian, baik lahir maupun batin. Wahai Allah, berkahilah bagi kami pendengaran kami, penglihatan kami, hati kami, pasangan kami (suami/istri) dan anak cucu kami. Terimalah tobat kami, sesungguhnya Engkaulah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. Jadikanlah kami orang-orang yang pandai bersyukur terhadap nikmat Engkau, memuji dan menerimanya, dan sempurnakanlah nikmat tersebut atas kami.”

Agar rumah tangga Anda selalu harmonis, amalkan doa berikut :
1. Para Istri Baca Ini! Doa Agar Suami Tidak Selingkuh dan Terhindar Dari Maksiat
2. Yang Terpenting Doa Istrinya, Rezeki Suami Pasti Berkah, ini 5 Doa Khusus Buat Suami

Demikian artikel tentang doa minta keselamatan dan kesejahteraan ini, semoga dapat bermanfaat. Dan semoga dengan mengamalkan doa-doa diatas, Allah selalu menjaga kita dimanapun kita berada, amiin.