Yang Terpenting Doa Istrinya, Rezeki Suami Pasti Berkah, ini 5 Doa Khusus Buat Suami

Penulis Penulis | Ditayangkan 23 Mar 2018
Yang Terpenting Doa Istrinya, Rezeki Suami Pasti Berkah, ini 5 Doa Khusus Buat Suami
Sumber gambar mutiaramuslimahsejati.blogspot.com
Istri memang tidak punya kewajiban mencari nafkah, tetapi doa untuk suami yang sedang bekerja akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan karir suami.

Karena Rasulullah sudah mengatakan hal ini:

“Sesungguhnya, Doa yang segera dikabulkan oleh Allah adalah Doa seorang (istri) kepada orang lain (suami) yang tidak berada di tempat yang sama (berjauhan).” (HR.Tirmidzi)

Ini 5 doa khusus yang bisa dibaca istri tatkala suami sedang bekerja....

Pernikahan adalah wahana untuk saling tolong menolong antara suami dan istri dalam biduk rumah tangga. Suami mencari nafkah dan istri memberikan dukungan kepada suami.

Tulisan ini akan membagikan doa istri untuk suami yang sedang mencari nafkah, karena doa yang dibacakan istri kepada suami merupakan salah satu bentuk dukungan kepada suami untuk mencapai kesuksesan.

Rahasia dibalik pria hebat, selalu ada wanita hebat disampingnya. Selain ibunya yang mendidik dengan baik, peran istri juga sangat besar. Istri memang tidak punya kewajiban mencari nafkah, tetapi doa untuk suami yang sedang bekerja akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan karir suami.

Doa Yang Kabul adalah Doa Istri Kepada Suami yang Berjauhan

Sebagaimana dalam buku Ibu, Istri, & Anak Saleha: Sungguh doamu tak pernah sia-sia oleh Nurul Asmayani, disampaikan bahwa doanya istri kepada suami yang sedang berjauhan termasuk doa yang segera dikabulkan oleh Allah.

“Sesungguhnya, Doa yang segera dikabulkan oleh Allah adalah Doa seorang (istri) kepada orang lain (suami) yang tidak berada di tempat yang sama (berjauhan).” (HR.Tirmidzi)

Oleh sebab itu, seyogyanya istri terus berdoa untuk kebaikan suami. Apalagi jika doa yang dipanjatkan adalah doa untuk suami yang sedang bekerja. Berikut adalah 5 macam doa untuk suami yang sedang mencari nafkah.

1. Doa Kebaikan Dunia dan Akhirat

Salah satu doa yan tidak boleh dilupakan istri kepada suami adalah doa agar diberikan kebaikan dunia dan akhirat. Doa ini sangat terkenal dikalangan kita, namun ini pula doa yang sering dibaca oleh baginda Rasulullah Muhammad SAW.

Yang Terpenting Doa Istrinya, Rezeki Suami Pasti Berkah, ini 5 Doa Khusus Buat Suami

“Doa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang paling sering diucapkan ialah: “Ya Allah, Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka”. [Al-Bukhâri no. 6389 dan Muslim no. 2690].

Pengertian kebaikan dunia mencakup seluruh yang dibutuhkan manusia di dunia, sehingga dengannya ia akan menjadi baik. Misalnya, sehat, rizki yang lagi halal, rumah tinggal yang nyaman, istri shalihah, anak-anak penyejuk mata, ilmu yang bermanfaat, amal shalih, ketentraman, dan lain-lain.

2. Doa Minta Ampunan, Kasih Sayang, Petunjuk, Kesehatan dan Rezeki

Bagi istri yang ingin mendoakan suaminya, maka sala satu doa yang bisa dibaca adalah doa agar diberikan ampunan, kasih sayang, petunjuk, kesehatan dan rezeki dari Allah.

Adapun lafadz doa tersebut adalah sebagai berikut.

Yang Terpenting Doa Istrinya, Rezeki Suami Pasti Berkah, ini 5 Doa Khusus Buat Suami

“Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii.” Artinya: Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku".

Membaca doa atau permohonan di atas merupakan salah satu hal yang mencakup kebaikan di dunia dan akhirat

“Wahai Rasulullah, apa yang harus aku katakan ketika aku ingin memohon pada Rabbku?” Beliau bersabda, “Katakanlah: Allahummaghfir lii, warhamnii, wa ‘aafinii, warzuqnii”, karena do’a ini telah mencakup dunia dan akhiratmu. (HR. Muslim no. 36 dan 2697)

BACA JUGA "Aku cemburu suamiku bergaul dengan wanita lain" Sebenarnya Hal Berikut yang Ingin Allah Berikan

Yang Terpenting Doa Istrinya, Rezeki Suami Pasti Berkah, ini 5 Doa Khusus Buat Suami

3. Doa Minta Ilmu yang Manfaat, Rezeki yang Baik dan Amal yang Diterima

Rezeki yang baik dan berkah adalah rezeki yang diperoleh dengan cara yang halal. Inilah rezeki yang baik itu. Suami bertugas mencari rezeki, maka sudah sepantasnya bagi suami dan istri berdoa  agar diberikan rezeki yang baik. Adapun doa yang bisa dibaca untuk meminta rezeki yang baik adalah sebagai berikut.

"Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa".

Artinya:
“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322).

4. Doa Diberikan Harta yang Banyak dan Berkah

Harta yang diperoleh dengan cara mencari nafkah merupakan sarana untuk beribadah kepada Allah. Harta ini bukan tujuan, oleh karena seorang hamba harus meminta agar rezeki yang didapatkan adalah rezeki yang berkah. Adapun doa meminta diberikan harta yang banyak dan berkah adalah sebagai berikut.

"Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii.”

Artinya:
“Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

5. Berdoa Sesuai Bahasa Masing-Masing

Doa yang baik adalah doa yang ada di dalam Alquran atau doa yang diajarkan oleh baginda Rasulullah Muhammad SAW.

Berdoa pun tidak mesti menggunakan bahasa Arab, boleh berdoa dengan menggunakan bahasa masing-masing serta berdoa sesuai kebutuhan masing-masing.

Berikut adalah contoh doa untuk suami yang sedang bekerja dengan lafadz bahasa Indonesia.

"Ya Allah, berkahilah perjalanan suamiku dalam tiap langkahnya. Kuatkan dan lapangkan dadanya, berikanlah dia kesabaran tak terhingga dan jauhkan dari hal-hal yan tidak baik".

"Ya Allah, limpahkanlah karunia-Mu kepada suamiku yang tengah menjalankan tugasny sebagai kepala rumah tangga kami, sesuai dengan perintah-Mu. Muliakanlah ia sebagai pemimpin kami dengan kemudahanjalan baginya di dalam mencari rezeki pemberian-Mu. Ya Allah mudahkanlah segala urusan suamiku".

"Ya Allah, limpahkanlah karunia-Mu di pagi hari ini untuk suamiku. Hindarkanlah ia dari sakit dan marabahaya. Sayangilah suamiku melebihi rasa sayangnya terhadap diriku. Limpahkanlah ampunan-Mu baginya seperti ia selalu memaafkan kesalahan dan kekuranganku. Sungguh aku mencintainya Ya Allah, untuk itu cintailah ia melebihi cintaku padanya. Ya Allah tetapkanlah hari ini sebagai hari pembuka pintu rezdeki dan keberkahan-Mu dari seluruh penjuru langit dan bumi. Jadikanlah keluarga kami sebagai keluarga yang Engaku berkahi".

Berdoalah dengan penuh keyakinan dan keikhlasan kepada Allah. Masalah rezeki adalah Allah Yang Mengatur, manusia hanya diwajibkan untuk berusaha karena rezeki tidak datang begitu saja. Selain itu, manusia juga harus senantiasa bersyukur kepada Allah. Hanya rasa syukur yang akan membuat kita tidak risau dengan rezeki yang banyak atau sedikit.

Demikianlah sajian kami mengenai doa untuk suami yang sedang bekerja mencari nafkah. Semoga bermanfaat buat anda, silahkan dibagikan kepada yang lain.
SHARE ARTIKEL