Lafadz Doa Awal Bulan: Arab Latin dan Artinya

 25 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Lafadz Doa Awal Bulan: Arab Latin dan Artinya

Ilustrasi bulan - Image from pixabay.com

Doa awal bulan. Sebentar lagi berganti bulan, untuk mengawali bulan kita dianjurkan untuk mengucap doa awal bulan.

Islam mengajarkan kita untuk selalu berdoa di setiap waktu dan apapun keadaan kita, salah satunya adalah ketika awal bulan saat melihat anak bulan atau hilal. Allah SWT berfirman,

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya : “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)

Lalu bagaimana lafadz doa awal bulan itu? Berikut dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai doa di awal bulan.

Lafadz Doa di Awal Bulan

Pembagian bulan berjumlah dua belas bukanlah karangan manusia, melainkan sudah menjadi ketentuan Allah SWT. Dan Allah pula lah yang menentukan bagaimana cara untuk mengetahui pergantian bulan.

Pergantian bulan dapat diketahui dengan berubahnya bentuk rembulan, yakni mulai dari berbentuk anak bulan atau hilal, hingga menjadi bulan sempurna atau purnama, lalu berubah menjadi bulan sabit tua, kemudian kembali lagi ke anak bulan. Dan begitupun seterusnya setiap pergantian bulan.

Hilal atau anak bulan adalah tanda awal masuknya bulan baru. Biasanya umat Islam memantau kemunculan anak bulan di setiap hendak memasuki bulan Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijah. Akan tetapi sebenarnya hal itu tidak terbatas pada ketiga bulan itu saja, melainkan juga berlaku untuk bulan-bulan lainnya.

Oleh karena itu, setiap melihat anak bulan (hilal), kita dianjurkan untuk berdoa. Adapun lafaddz doa awal bulan ini tidak hanya diamalkan ketika bulan Muharram, Ramadhan atau bulan Syawal saja, akan tetapi juga bisa dibaca setiap awal bulan di kalender Hijriah, seperti Bulan Safar, Rajab dan bulan-bulan hijriah yang lain.

Dan berikut lafadz doa awal bulan,

اَللهُمَّ اَهِّلْهُ عَلَيْنَا بِاْلاَمِنْ وَاْلاِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَاْلاِسْلاَمِ وَالتَّوْفِيْقِ لِمَاتُحِبُّ وَتَرْضَى رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللهُ

ALLOOHUMMA AHHIL HUU 'ALAINAA BIL-AMNI WAL IIMAANI WASSALAAMATI WAL ISLAAMI WATTAUFIIQI LIMAA TUHIBBU WA TARDLOO ROBBUNAA WA ROBBUKALLOOHU

Artinya : "Ya Allah, tampakkanlah bulan sabit itu pada kami, dengan keberkahan dan keimanan, beserta keselamatan dan islam, serta berkah terhadap apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai ya Tuhanku ya Allah".

Salah satu bulan yang istimewa dalam tahun Hijriyah adalah bulan Rajab, baca selengkapnya tentang ibadah di bulan Rajab disini :
1. Berbagai Keutamaan Bulan Rajab Beserta 4 Amalan Sunnahnya
2. 10 Amalan Sunnah di Hari Jumat Awal Bulan Rajab yang Memiliki Keutamaan Berlimpah Pahala

Doa Awal Bulan Lainnya

Selain doa awal bulan diatas, kita juga bisa mengamalkan lafadz doa lainnya namun mempunyai tujuan yang sama yakni sebagai doa di awal bulan.

Rasulullah biasa berdoa seperti ini setiap beliau melihat hilal awal bulan,

اللهم أهِلَّه علينا باليمن والإيمان والسلامة والإسلام، ربي وربك الله. (رواه الترمذي حسن صحيح)

Artinya : "Ya Allah jadikan awal bulan ini dengan penuh keamanan dan keimanan, serta keselamatan dan keislaman untuk kami. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah! (HR. al-Tirmidzi)

Pada kesempatan lain, Rasulullah SAW berdoa dengan doa berikut :

الله أكبر، اللهم أهله علينا بالأمن والإيمان والسلامة والإسلام والتوفيق لما تحب وترضى، ربنا وربك الله. (رواه الدارمي)

Artinya : "Allah Maha Besar. Ya Allah, jadikan awal bulan ini dengan penuh keamanan dan keimanan, serta keselamatan dan keislaman, juga bimbingan menuju apapun yang Engkau sukai dan Engkau ridlai untuk kami. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah! (HR. al-Darimi)

Ketika melihat hilal, seperti inilah ekspresi Rasulullah SAW,

هلال خير ورشد، هلال خير ورشد، هلال خير ورشد، آمنت بالله الذي خلقك (رواه أبو داود)

Artinya : "Bulan kebaikan… bulan kebaikan… bulan kebaikan! Aku beriman kepada Allah yang telah menciptakanmu". (HR. Abu Dawud)

Setelahnya beliau berdoa seperti ini,

........الحمد لله الذي ذهب بشهر كذا وجاء بشهر كذا

Artinya : "Segala puji bagi Allah yang telah membuat rampung bulan lalu (sebut nama bulannya), dan memulai bulan ini (sebut nama bulan yang baru saja masuk)".

Demikian artikel tentang doa di awal bulan ini, semoga bermanfaat. Dan semoga kita semua dapat mengamalkannya di setiap bulan pada tahun hijriyah, agar Allah senantiasa memberikan rahmat-Nya pada kita semua, amiin.