Berbagai Keutamaan Bulan Rajab Beserta 4 Amalan Sunnahnya

 21 Jun 2019  Vernandhea
Berbagai Keutamaan Bulan Rajab Beserta 4 Amalan Sunnahnya

keutamaan bulan rajab via kabarmadinah

Ketika memasuki bulan Rajab kita perlu mengetahui keutamaan bulan Rajab dan Amalannya. Bulan Rajab terletak antara bulan Jumadal Akhiroh dan bulan Sya’ban. Bulan Rajab adalah bulan yang diagungkan oleh Allah swt hingga dimasukkan pada keempat bulan yang dimuliakan (asyhur al-hurum).

Salah satu keutamaan bulan Rajab adalah pahala yang akan diberikan untuk orang yang melakukan puasa di bulan ini. Keutamaan puasa di bulan rajab terdapat dalam sebuah hadist tentang keutamaan bulan rajab yang Diriwayatkan oleh Muhammad al-Khalal dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu' anhuma berikut:

صوم أول يوم من رجب كفارة ثلاث سنين، والثاني كفارة سنتين، والثالث كفارة سنة، ثم كل يوم شهرا) (أبو محمد الخلال في فضائل رجب) عن ابن عباس– رضي الله عنهما -.

"Berpuasa di hari pertama bulan Rajab adalah penebus (dosa) selama tiga tahun, di hari kedua adalah penebus dua tahun dan di hari ketiga adalah penebus satu tahun, kemudian setiap satu hari (setelah itu) penebus satu bulan."

Keutamaan bulan rajab bagi umat islam sangat banyak sekali dan dapat mendatangkan pahala yang berlipat. Bagi yang mengerjakan kebaikan pada bulan ini maka Allah swt akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya walaupun sebanyak tetesan hujan, daun-daun pepohonan, dan buih di lautan.

Mungkin sebagian orang masih belum tahu tentang apa keutamaan puasa di bulan Rajab. Untuk itu kami akan membahas tentang keutamaan bulan rajab dan amalannya dibawah ini;

Macam Macam Keutamaan Bulan Rajab

1. Rajab Salah Satu Bulan yang Dimuliakan Allah SWT

Rasulullah SAW bersabda: Bulan Rajab adalah bulan permohonan pengampunan bagi ummatku, maka hendaknya mereka memperbanyak istighfar di dalamnya.". firman Allah swt  dalam surah al-Taubah ayat 36 berikut:

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ 

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram."

2. Amal Baik dan Buruk Pada Bulan Rajab Dilipatgandakan

Bulan Rajab tergolong bulan yang haram, maka dari itu kita harus berhati hati dalam bertindak. Pada bulan ini Alloh SWT akan melipatgandakan balasan amal perbuatan baik perbuatan baik ataupun perbuatan buruk seperti kezaliman dan lain sebagainya.

Imam Qatadah mengatakan: "perbuatan baik pahalanya dilipatkan pada bulan-bulan haram. Begitu juga kezaliman yang dilakukan didalamnya, balasannya akan lebih besar daripada bulan-bulan lainnya sekalipun kezaliman merupakatan tindakan yang sangat tercela."

3. Dilarang Berperang dan Berbuat Kegaduhan Pada Bulan Rajab

Bulan ini adalah bulan yang dilarang keras melakukan maksiat dan pembunuhan, serta diperintahkan bagi kita untuk beramal sholih. Penamaan bulan haram karena didalamnya dilarang berperang serta melakukan kegaduhan sebagaimana yang dikatakan Ibn Juraij "Atha" Bin Abi Rabah mengatakan dengan disertai sumpah bahwa tidak dihalalkan berperang ditanah Haram dan dibulan-bulan haram selama tidak diserang".

4. Adanya Doa Khusus yang Diajarkan Oleh Nabi Muhammad SAW

Ada sebuah doa yang diajarkan dan dibacakan oleh Rasulullah pada bulan Rajab. Doa tersebut merupakan doa khusus dengan penyebutan Rajab yang dianjurkan untuk dibaca oleh umat islam.

Menurut hadist yang dririwayatkan oleh al-Baihaqi, Ibn A'sakir dan Ibn Najjar dari Anas bin Malik RA sebagai berikut:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ , عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ كَانَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ ، قَالَ : اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

"Dari Anas Bin Malik, bahwa Nabi Muhammad saw disaat memasuki bulan Rajab beliau berdoa " ya Allah, Berikanlah keberkahan kepada kami dibulan Rajab dan Sya’ban serta pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan."

5. Anjuran Memperbanyak Istighfar di Bulan Rajab

Istighfar adalah cara umtuk meminta ampunan kepada Alloh SWT. Istighfar harus selalu dibaca oleh kita semua sebagai manusia yang tidak luput dari salah dan dosa dengan tujuan agar kesalahan-kesalahan yang sudah dilakukan bisa terhapus. Membaca Istighfar berikut sebanyak seribu kali agar diampuni dosanya oleh Allah:

"Astaghfirullâha Dzal Jalâli Wal-Ikram Min Jamidz Dzunubi Wal-Atsam"

"Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung dan Maha Mulia dari semua dosa dan kesalahan."

Menurut hadist yang diriwayatkan oleh sayyidina Ali berikut:

أكثروا من الاستغفار فى شهر رجب. فإن لله فى كل ساعة منه عتقاء من النار, وإن لله لا يدخلها إلا من صام رجب.

"Perbanyaklah Istighfar di bulan Rajab. Sesungguhnya Allah Ta'ala membebaskan hamba-hambanya setiap saat di bulan itu, dan Sesungguhnya Allah Ta'ala mempunyai kota-kota di Jannah-Nya yang tidak akan dimasuki kecuali oleh orang yang berpuasa d bulan itu."

Itulah tadi beberapa keutamaan utama di bulan Rajab. Untuk mendapatkan pahala di bulan Rajab, Anda bisa mengerjakan beberapa amalan amalan baik berikut ini:

Amalan Amalan Sunnah di Bulan Rajab

1. Shalat Fardhu

Saat bulan Rajab usahakan untuk selalu shalat fardhu secara rutin di masjid. Sholatlah di shaf pertama dan usahakan bisa mendapatkan takbiratul ihram dari imam. Demikian pahala yang Anda dapat akan semakin meningkat.

2. Shalat Sunnah

Mengerjakan shalat tahajud dengan witirnya di malam hari dapat melipatgandakan pahala di bulan Rajab. Rutinkan shalat sunnah rawatib baik qobliyah maupun ba'diyahnya, lalu tambahkan dengan mengerjakan shalat dhuha.

Baca Juga:

3. Bacaan Al Quran

Membaca Al Quran merupakan salah satu keutamaan bulan Rajab. Memperbanyak membaca Al Quran di bulan Rajab melebihi bacaan Al Quran di bulan sebelumnya. Semakin banyak ayat yang kita baca, semikin tinggi kedudukan kita di surga dan semakin jauh kita dari jurang api neraka.

4. Sadaqah

Selain amalan yang berkaitan hubungan kita dengan Allah SWT, ada amalan yang berkaitan dengan hubungan kita kepada sesama seperti sadaqah. Sadaqah adalah amal shalih yang hendaknya bisa ditingkatkan di bulan Rajab. Bahkan penyesalan orang fasik di akhiratnya, yaitu mereka minta dikembalikan ke dunia supaya bisa bersadaqah. Mereka melihat betapa agung pahala sadaqah.

Alloh Azza wa Jalla berfirman:

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ

"Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata, "Ya Rabbku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian) ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shaleh." [al-Munafiqun/63:10]

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai keutamaan bulan rajab beserta 4 amalan sunnahnya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca dan bisa menjadi berkah bagi Anda apabila mengerjakan amalan tersebut di bulan Rajab untuk mendapat pahala yang berlipatganda dari Alloh SWT. Amin Ya Robbal Alamin.