Doa Ketika Mimpi Baik dan Doa Setelah Mimpi Buruk

 05 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Ketika Mimpi Baik dan Doa Setelah Mimpi Buruk

Doa ketika mimpi baik - Image from dealdashblog.com

Setiap orang pasti bermimpi. Baik mimpi baik ataupun mimpi buruk. Mimpi itu datang pada saat kita tidur, oleh karena itu sebelum kita tidur kita dianjurkan untuk membaca doa sebelum tidur agar dijauhkan dari mimpi buruk.

Namun meskipun kita sudah membaca doa ketika akan tidur, ada kalanya yang datang malah mimpi buruk. Tapi yang pasti, apapun mimpi kita saat tidur itu, entah baik atau buruk yang terpenting adalah kita harus membaca doa setelah bermimpi seperti yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya berikut :

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ رُؤْيَا يُحِبُّهَا فَإِنَّمَا هِيَ مِنْ اللَّهِ فَلْيَحْمَدْ اللَّهَ عَلَيْهَا وَلْيُحَدِّثْ بِهَا وَإِذَا رَأَى غَيْرَ ذَلِكَ مِمَّا يَكْرَهُ فَإِنَّمَا هِيَ مِنْ الشَّيْطَانِ فَلْيَسْتَعِذْ مِنْ شَرِّهَا وَلَا يَذْكُرْهَا لِأَحَدٍ فَإِنَّهَا لَا تَضُرُّهُ (رواه البخاري)

Artinya : Dari Abi Said Al-Khudri bahwasannya ia pernah mendengar Nabi saw. bersabda, “Jika salah satu dari kalian bermimpi hal yang disukai, maka sungguh hal itu adalah dari Allah, maka hendaklah ia memuji kepada Allah atas mimpi itu, dan hendaklah ia menceritakannya. Dan jika (salah satu dari kalian) bermimpi selain itu, yakni hal yang ia tidak sukai, maka sungguh hal itu adalah dari setan, maka hendaklah ia meminta perlindungan dari kejelekan mimpi itu, dan tidak menceritakannya kepada seorang pun, meskipun tidak membahayakannya.” (HR. Al-Bukhari)

Baca Juga : Doa Agar Tidak Mimpi Buruk dan Tidur Nyenyak

Mengapa kita harus membaca doa setelah bermimpi? Karena jika mimpi kita baik, semoga saja mimpi tersebut menjadi sebuah kenyataan dan apabila mimpi buruk, semoga kita semua terhindar dari mimpi tersebut atau agar mimpi itu tidak menjadi kenyataan.

Nah, berikut artikel kali ini akan membahas mengenai doa ketika mimpi baik dan doa ketika mimpi buruk.

Doa Mimpi Baik

Mendapat mimpi yang baik merupakan mimpi yang mana datangnya dari Allah SWT, mimpi yang baik contohnya mimpi yang membuat senang, membuat bahagia, serta menggembirakan. Yang mana ketika kita mendapat mimpi indah, kita akan bangun tidur dalam suasana hati yang bahagia. Berikut lafadz doa setelah mimpi baik,

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Alhamdulillahi rabbil 'aalamiin

Artinya:
"Segala puji bagi Allah, Tuhan yang memelihara alam semesta"

Kita juga bisa melafadzkan doa dapat mimpi baik lainnya, seperti :

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ قَطْلَ الْحَاجَتِ

Alhamdulillahil ladzii qodzoo haajaati

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang telah memberi hajatku".

Doa Mimpi Buruk

Mendapat mimpi yang buruk merupakan mimpi yang datangnya dari syaitan. Yang mana bertujuan untuk membuat iman dan ketaatan kita berkurang. Contohnya adalah mimpi yang membuat takut, membuat was-was, dan mimpi yang tidak kita inginkan untuk menjadi kenyataan.

Ketika kita bermimpi buruk, kita disunnahkan membaca doa berikut :

أَللَّهُمَّ إِنّىِ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ وَسَيّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

ALLAAHUMMA INNII A’UUDZU BIKA MIN ‘AMALISY SYAITHAANI, WASAYYI-AATIL AHLAAM

Artinya :
"Ya Allah, sesungguhnya aku mohon perlindungan kepada-Mu dari tingkah laku setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk".

Selain membaca doa diatas, Rasulullah juga mengajarkan kita untuk melakukan hal-hal lain ketika kita bermimpi buruk.

عَنْ أَبِيْ قَتَادَةَ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « الرُّؤْيَا مِنَ اللَّهِ وَالْحُلْمُ مِنَ الشَّيْطَانِ فَإِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ شَيْئًا يَكْرَهُهُ فَلْيَنْفِثْ عَنْ يَسَارِهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ وَلْيَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْ شَرِّهَا فَإِنَّهَا لَنْ تَضُرَّهُ » (رواه مسلم)

Artinya : Dari Abi Qatadah, ia berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Mimpi (yang baik) itu dari Allah, dan mimpi yang buruk itu dari setan. Jika salah satu dari kalian bermimpi sesuatu yang tidak disukai, maka meludahlah ke arah kiri tiga kali dan hendaklah ia minta perlindungan kepada Allah dari kejelekannya (mimpi itu) meskipun hal itu tidak membahayakannya.” (HR. Muslim).

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Ketika Bermimpi Baik

Disamping membaca doa dapat mimpi baik, ada juga beberapa hal yang dilakukan ketika bermimpi baik. Seperti yang dijelaskan oleh Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam kitabnya “Fathul Bari”, ia menyimpulkan bahwa ada tiga hal yang harus dilakukan ketika bermimpi baik, yaitu diantaranya :

1. Memuji Allah SWT

Dalam hal ini maksudnya adalah kita harus memuji Allah karena Ia telah memberi kita nikmat-Nya yaitu mimpi baik.

2. Bergembira

Selain memuji Allah SWT sebagai pemberi mimpi baik, kita juga harus bergembira akan mimpi tersebut. Karena sejatinya mimpi yang baik adalah mimpi yang menggembirakan.

3. Bercerita

Maksudnya adalah kita menceritakan atau membicarakan mimpi tersebut. Kita bisa menceritakan kepada orang tua maupun saudara kita mengenai mimpi itu. Karena selain kita boleh menikmati kebahagiaan mimpi tersebut, Rasulullah SAW juga memperbolehkan kita untuk menceritakan mimpi baik kita.

Baca Juga : Kenapa Mimpi Buruk Tidak Boleh Diceritakan Kepada Orang Lain? Berikut Penjelasan Rasulullah

Demikian artikel tentang doa mendapat mimpi baik dan mimpi buruk ini, semoga dapat bermanfaat. Dan semoga kita termasuk orang-orang yang selalu mendapat nikmat mimpi baik dari Allah SWT, amin yaarabal 'alamin.