Viral, Dokter Menangis Kecewa Lantaran Masker N95 Malah Dipakai Tukang Cat

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 04 Apr 2020

Viral, Dokter Menangis Kecewa Lantaran Masker N95 Malah Dipakai Tukang Cat

Masker N95 juga dibutuhkan oleh tukang cat - Image from wajibbaca.com

Prioritaskan yang memang sangat membutuhkan 

Di masa seperti ini memang masker menjadi sesuatu yang penting. Tak hanya dokter, tukang cat juga membutuhkan masker untuk melindungi diri, bahkan masyarakat lainnya, namun jangan lupa untuk mendahulukan yang lebih membutuhkan, karena disaat seperti ini pada petugas medis lebih membutuhkan.

Di tengah pandemi virus corona jenis baru atau COVID-19, terdapat beberapa barang yang semakin lama semakin langka, karena menjadi alat kebutuhan pokok saat ini. 

Salah satu barang yang langka adalah masker N95 yang digunakan oleh tenaga kesehatan, untuk melindungi diri ketika menangani dan merawat pasien virus corona. 

Mengetahui bahwa tenaga medis kekurangan masker, banyak kalangan meminta agar persediaan masker N95 diprioritaskan bagi rumah sakit.

Saat seorang dokter muda mendengar bahwa masker N95 digunakan untuk hal lain, yakni untuk mengecat, sontak emosinya pun terpancing.

Seperti yang terlihat pada video postingan akun Twitter @mahasiswaYUJIEM ini, yang telah ditonton oleh lebih dari 285 ribu orang.

Video tersebut menampilkan seorang dokter bernama Alexandra Clarin Hayes. 

Dalam video berdurasi 2 menit 20 detik itu, Clarin menampilkan percakapannya melalui chat dengan seorang yang berprofesi sebagai distributor cat. 

Clarin menanyakan kepemilikan masker N95 kepada bapak distributor cat itu, yang kemudian dijawab untuk keperluan mengecat. 

Bapak itu mengatakan bahwa dirinya dulu juga menjual masker N95, namun karena kurang laku maka dead stock alias tidak menjual lagi.

Clarin pun menanyakan kepada bapak itu, apakah ia bersedia untuk menyumbangkan masker-masker N95 yang dimilikinya kepada pihak rumah sakit atau puskesmas. 

Namun ternyata stok masker N95 yang dimiliki Bapak tersebut telah dibawa pulang oleh para pekerja kuli gudang, mekanik, dan tukang cat. 

Dalam video tersebut, Clarin tampak terpancing emosinya dan mengatakan bahwa ia sedih melihat respon bapak itu.

Sambil mengisak tangis, Clarin menyebut bahwa masker N95 bukan untuk mengecat. 

Ia pun merasa kecewa lantaran masker-masker tersebut sangat dibutuhkan oleh para tenaga kesehatan saat ini, di mana dalam sehari hanya diberi jatah satu masker saja.

Bahkan Clarin menyampaikan ada teman dokternya yang memakai masker yang sama hingga 7 hari berturut-turut karena stok yang terbatas.

Video itu pun menuai banyak komentar warganet. Mereka menilai bahwa Clarin salah sangka, bahwasanya masker N95 juga dibutuhkan tukang cat untuk melindungi diri.

Warganet juga mengira bahwa video tersebut terlalu berlebihan atau terlalu lebay, dan seharusnya bapak distributor cat tersebut tidak salah.

Baca Juga: Kisah Pilu Petugas Pemakaman Pasien Corona, Dari Dilempari Batu hingga Dihadang Warga

Masker N95 tidak hanya untuk petugas medis

Ternyata, masker N95 diproduksi dalam berbagai jenis untuk melindungi organ pernapasan manusia dalam berbagai situasi. 

Melansir situs 3M, produsen masker N95, terdapat lebih dari 40 tipe masker N95 yang diproduksi. Semua masker pun memiliki tingkat keamanan untuk jenis situasi yang berbeda-beda.

Akan tetapi, pada dasarnya ada 2 jenis masker N95, yakni untuk kegunaan umum dan tenaga kesehatan. 

Tak hanya untuk medis, masker N95 juga diperlukan saat mengecat, mengelas, dan di lingkungan industri lainnya, guna melindungi pekerja dari debu serta partikel beracun lainnya yang membahayakan pernapasan. 

Tukang cat wajib menggunakan masker minimal tingkat N95, untuk mencegahnya menghirup partikel cat mengandung minyak, yang jika masuk ke dalam paru-paru dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan pneumonia. 

Tukang las pun juga perlu menggunakan masker N95 untuk mencegah menghirup asap las yang bisa menyebabkan mual, pusing, gangguan kandung kemih, penyakit ginjal, hingga kanker paru-paru.

Baca Juga: Viral Curhatan Tukang Galon, Resign Kerja Gara-Gara Disemprot Desinfektan 32x Sehari

Untuk memudahkan, masker N95 pun dibedakan dari warnanya seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Viral, Dokter Menangis Kecewa Lantaran Masker N95 Malah Dipakai Tukang Cat

Masker N95 - Image from today.line.me

Masker untuk tenaga kesehatan berwarna biru-kehijauan (turqouise) dan memiliki tali ikat berwarna putih. 

Sedangkan untuk kegunaan umum, adalah masker berwarna putih dengan tali pengikat kuning.

Kini, Clarin telah mengunggah video klarifikasi yang menyatakan bahwa ia mengaku salah lantaran telah bersikap berlebihan. 

Clarin pun mengatakan bahwa emosinya terpancing karena kasihan terhadap keselamatan rekan sesama dokter di rumah sakit yang sangat membutuhkan masker. 

Ia juga berterima kasih kepada followers-nya yang berjumlah lebih 200 ribu itu, sebab banyak yang telah menyumbangkan masker dan APD untuk tenaga kesehatan yang sedang membutuhkan. 

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb