Suami Harus Tahu, ini yang Harus Dilakukan Saat Istri Hamil!

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 27 Apr 2020

Suami Harus Tahu, ini yang Harus Dilakukan Saat Istri Hamil!

Istri hamil - Image from ruangmuslimah.com

Seandainya suami tahu sakitnya melahirkan

Mungkin tak akan pernah marahi istri

Hargailah pengorbanan yang telah dilakukan oleh istrimu kepadamu. Jangan kau sia-siakan. Pengorbanan seorang istri yang sungguh luar biasa. Jangan sampai kau sampai buat istrimu sakit hati dan terluka.

Betapa luar biasanya saat seorang istri sedang hamil. Bagaimana tidak, meskipun perutnya terasa mual, pusing, sakit, emosi meningkat, hilangnya nafsu makan, dan lainnya, namun hal itu tidak dirasakannya sebagai sebuah penderitaan.

Suami yang baik, seharusnya bisa menjadi partner  untuk istri dalam kondisi apapun, dan ikut berperan dalam menjaga kondisi kesehatan si buah hati sejak dalam kandungan.

Lalu apa saja sih, tugas suami saat istri hamil?

1. Dengarkan keluhan istri

Suami hendaknya bisa mendengarkan keluhan istrinya. Dengan begitu, emosi buruk istri bisa berkurang dan mengurangi beban mental dan pikiran ketika hamil.

Sebab apabila ibu hamil memiliki emosi yang sangat buruk, maka tentunya hal ini akan mempengaruhi kepribadian dan pertumbuhan bayi yang dikandungnya.

2. Peluk, belai, dan temani istri

Kasih sayang yang diberikan suami akan menjadi obat yang paling manjur sekaligus paling berharga saat istri dalam kondisi gundah. Sesekali ciumlah keningnya dan yakinkan istri bahwa masa sulit saat hamil pasti bisa ia lewati.

Baca Juga: Merasa Bosan dengan Istri? Jangan Ceraikan, ini Solusinya

3. Menghibur istri dengan candaan ringan yang romantis

Tak usah muluk-muluk, berikan candaan yang terkesan garing kepada istri. Dengan begitu, istri tidak akan merasa jenuh dan urat-urat syarafnya yang tegang akan mengendur.

4. Bantu istri melakukan pekerjaan rumah

Masa iya sih, suami membiarkan istri melakukan pekerjaan rumah dengan kondisi perut yang semakin membesar?

Oleh karena itu, bantulah ia mengerjakan pekerjaannya, seperti mencuci, menyapu, dan pekerjaan lainnya yang terhitung sulit dan membahayakan jika dilakukan oleh wanita hamil.

Baca Juga: Istri Nggak Mau Tinggal Sama Mertua, Bagaimana Solusinya?

5. Jangan terlalu lama meninggalkan istri

Sekiranya suami sedang sibuk bekerja, baiknya seringlah berkomunikasi dengan istri. Dengan begitu, maka istri akan merasa diperhatikan.

6. Ingatkan istri saat harus makan dan minum susu

Nggak cuma membantunya beres-beres rumah, suami juga harus memperhatikan istri, salah satunya dengan mengingatkan jam makan dan meminum susu.

Bahkan jika perlu buatkanlah segelas susu untuk istri. Jangan lupa, suami juga harus mengingatkan istri jadwalnya pergi ke dokter untuk memeriksa kandungan.

Baca Juga: Tugas Istri itu Lebih Berat dari Suami

7. Ingatkan istri untuk membaca do’a

Tak hanya mensupport dalam hal tenaga, suami yang baik juga harus selalu mengingatkan istrinya untuk senantiasa membaca doa dan ayat-ayat Al-Qur’an untuk menciptakan rohani dan psikologis yang baik untuk si buah hati.

Nah, ternyata nggak susah kan, menjaga istri saat ia sedang hamil?

Selamat menantikan kehadiran sang buah hati tercinta. 

SHARE ARTIKEL