Rempah-rempah Penangkal Virus yang Bisa Ditanam Sendiri di Rumah

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 23 Apr 2020

Rempah-rempah Penangkal Virus yang Bisa Ditanam Sendiri di Rumah

Ilustrasi rempah-rempah - Image from jatim.tribunnews.com

Rempah-rempah sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Rempah-rempah juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Namun sayangnya, wabah corona membuat harga rempah melonjak tajam. Tapi Anda bisa kok menanamnya sendiri di rumah. 

Hingga kini, corona menjadi momok yang paling menakutkan di seluruh dunia. Bagaimana tidak, virus berukuran 125 nanometer itu bisa merenggut nyawa ribuan orang sekaligus.

Kita sebenarnya tidak perlu terlalu panik, sebab kita hanya perlu menjaga kebersihan dan menjaga daya tahan tubuh kita sendiri.

Yang sebaiknya kita lakukan adalah sering-sering mencuci tangan, membersihkan benda-benda yang sering dipakai, menghindari kontak langsung dengan orang yang sakit, istirahat yang cukup, dan memenuhi asupan gizi yang seimbang melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga daya tahan atau imunitas tubuh adalah dengan menjaga asupan makanan maupun minuman yang bergizi dan bermanfaat untuk tubuh.

Baru-baru ini kita mendengar berita bahwa ada seorang pria asal China yang sembuh dari Corona lewat bantuan air putih. Pria asal China itu bernama Chen.

Ketika menjalani masa karantina, Chen mengaku mengalami demam tinggi 6 hari 6 malam. Ia kemudian disarankan minum banyak air putih guna mengatasi tenggorokannya yang kering.

Akhirnya, Chen memutuskan untuk rutin minum air hingga 25 liter setiap harinya, untuk mengatasi tenggorokan kering yang diduga menyebabkan perkembangan virus.

Ajaibnya, kebiasaan Chen minum air putih 25 liter per hari ini justru membuat kondisi tubuhnya cepat pulih.

Pada 26 Januari 2020, hasil tes medis Chen menunjukkan dirinya negatif virus corona dan tidak perlu dikarantina lagi.

“Saya sembuh, saya benar-benar sehat dan bisa meninggalkan rumah sakit,’ ujar Chen dikutip worldofbuzz.com.

Selain minum air putih yang banyak untuk menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi, Indonesia juga mempunyai banyak sekali rempah-rempah yang dapat kita konsumsi guna menambah daya tahan tubuh.

Bahkan Presiden Jokowi pun memiliki jamu yang berbahan dasar rempah-rempah alami, yang kemudian diberi nama empon-empon, jamu ini terbukti ampuh menambah daya tahan tubuh.

Tapi sayangnya, semenjak jamu empon-empon ini viral, harga rempah-rempah di pasaran melonjak tajam, bahkan hingga 200%.

Tapi tak usah khawatir, Anda bisa kok menanamnya sendiri di rumah.

Dan berikut kumpulan rempah yang bisa kita manfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh, yang bisa kita tanam sendiri di rumah:

1. Kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah yang memiliki warna kuning yang khas. Rempah satu ini memiliki banyak sekali manfaat, antara lain sebagai bumbu dapur, bahan pewarna kuning alami, dan juga bahan ramuan jamu.

Menurut Profesor Amir Soebandrio, Direktur Lembaga Biologi Molekuler Ejikman, kandungan kurkumin yang dimiliki kunyit secara umum bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

“Karena ada beberapa kajian bahwa kurkumin punya efek misalnya menurunkan peradangan, ada yang menyebut efek antioksidan, yang berguna untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh.” ujarnya.

Baca Juga: Tak Sembarangan, ini Cara Mencuci Masker Kain Agar Bersih dari Virus Corona

2. Jahe

Jahe dapat kita manfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh.

“Senyawa gingerin pada jahe bisa untuk anti inflamasi atau radang flu, demikian juga beberapa antioksidan pada rempah untuk imunitas tubuh,” ujar Profesor Dodik Briawan, ahli gizi masyarakat IPB.

3. Temulawak

Tak hanya kunyit, nyatanya temulawak juga mengandung kurkumin, sehingga rempah ini memiliki warna kuning.

Konsumsi temulawak pun diyakini dapat menyehatkan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Bahkan, temulawak merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan jamu ala Presiden Jokowi.

Adapun resep jamu ini sangatlah sederhana, yaitu cukup merebus temulawak, kunyit dan jahe.

Selain menjaga daya tahan tubuh, temulawak juga mampu melindungi organ hati. 

Baca Juga: Menu Diet Sehat untuk Pemula yang Wajib Kamu Coba

4. Kayu Manis

Kayu manis memiliki aroma yang khas, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai campuran masakan maupun kudapan.

Kayu manis kaya akan kalsium, serat, vitamin B6, magnesium, zat besi, vitamin A, karbohidrat dan vitamin C.

Kayu manis juga mengandung banyak antioksidan, antimikroba dan anti inflamasi sehingga rempah ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Jenis rempah ini biasa dikonsumsi dalam bentuk serbuk sebagai campuran minuman atau makanan. Tak hanya itu, kayu manis utuh pun juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran pada rebusan jamu.

Baca Juga: Manfaat Daun Kemangi, Menyehatkan Jantung Hingga Mengatasi Diabetes

5. Sereh

Daun sereh berkaitan erat dengan kesehatan. Daun yang kerap dijadikan sebagai pelengkap bumbu masakan ini mengandung vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi.

Sereh juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidannya berperan melawan radikal bebas. Sereh memiliki beberapa jenis antioksidan yang baik untuk tubuh, seperti asam klorogenat, isoorientin, dan swertia japonin.

Nah, ternyata banyak sekali ya, manfaat yang dimiliki rempah-rempah asal Indonesia ini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

SHARE ARTIKEL