Menu Diet Sehat untuk Pemula yang Wajib Kamu Coba

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 19 Feb 2020

Menu Diet Sehat untuk Pemula yang Wajib Kamu Coba

Ilustrasi menu diet - Image from id.pinterest.com

Selain olahraga, menu diet juga sangat penting ketika kamu sedang menjalankan diet.

Salah satu kunci keberhasilan diet cepat adalah memperhatikan menu makanan diet. Nah, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, menu diet sehat harus mengandung beragam nutrisi esensial yang sangat diperlukan oleh tubuh. 

Nutrisi esensial adalah nutrisi yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus dipenuhi dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut. 

Dan berikut wajibbaca.com telah merangkum beberapa makanan untuk diet yang mengandung nutrisi esensial.

Cara Alami Menurunkan Berat Badan

Bagaimana cara menurunkan berat badan yang sehat? Olahraga secara teratur dan mengkonsumsi menu diet sehat.

Menu diet sehat haruslah mengandung nutrisi esensial. Nutrisi esensial sendiri dibagi menjadi dua kategori, yaitu makronutrien dan mikronutrien.

Makronutrien adalah zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah besar untuk memberikan energi bagi tubuh. Zat gizi ini terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. 

Sedangkan mikronutrien adalah zat gizi yang berfungsi untuk menunjang kinerja tubuh, dan cukup dikonsumsi dalam jumlah yang kecil saja. Yang termasuk mikronutrien adalah vitamin dan juga mineral.

Sebelum masuk bahasan makanan diet, sebelumnya apakah kamu sudah menentukan jenis diet apa yang kamu gunakan sebagai cara menguruskan badan?

Jika belum, berikut jenis diet beserta cara cepat menurunkan berat badan yang bisa kamu pilih:

1. Diet Vegan

Cara menurunkan berat badan dengan diet vegan, mengharuskan kamu untuk tidak mengkonsumsi aneka makanan yang berasal dari hewan seperti daging, telur, susu, keju, yoghurt, mayones, madu, dan produk turunan lainnya. 

Diet vegan tidak hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan dan menjaga kualitas kesehatan saja, akan tetapi juga sekaligus menjaga lingkungan dengan menghindari konsumsi produk-produk hewani.

2. Diet Keto

Tips menurunkan berat badan dengan diet keto mengharuskan kamu untuk mengkonsumsi menu makanan diet sehat rendah karbohidrat atau bahkan tanpa karbohidrat sama sekali. 

Nah, karena tidak adanya asupan karbohidrat ini, maka tubuhmu akan berada pada kondisi ketosis, sehingga gula darah menjadi drop dan tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi. 

Cara diet ini cocok dilakukan oleh penderita kelebihan berat badan atau obesitas. Ingin tahu lebih banyak tentang diet keto? Baca selengkapnya disini: Cara Diet Ketogenik dan Menunya Untuk Pemula

3. Diet Mayo

Cara diet ini dijalankan dalam kurun waktu yang singkat, yaitu hanya dua minggu saja, namun menawarkan penurunan berat badan yang cukup signifikan. 

Ketika kamu melakukan diet ini, kamu tidak boleh mengkonsumsi garam dan makanan yang digoreng. Selain itu, kamu juga harus mengimbangi diet dengan olahraga teratur dan minum air putih delapan gelas dalam sehari.

4. Diet South-Beach

Cara melangsingkan badan satu ini juga bisa disebut dengan diet rendah karbohidrat termodifikasi. Diet ini mengutamakan makanan rendah karbohidrat, tinggi protein dan lemak sehat.

5. Diet Mediterranean

Cara diet sehat Mediterranean ini mengharuskan kamu untuk mengkonsumsi tanaman seperti sayuran, buah-buahan, kentang, biji-bijian utuh, serta kacang kacangan. 

Kamu tetap bisa mengkonsumsi yoghurt, keju, susu, dan telur, namun dalam porsi yang kecil. Konsumsi ikan atau jenis seafood lainnya juga diperbolehkan, namun hanya dua kali dalam seminggu. 

Selain itu, konsumsi lemak sehat juga sangat dianjurkan dalam program diet sehat ini. Daging merah dan gula tetap boleh dikonsumsi namun hanya sesekali saja.

Sebelum melakukan diet, kamu harus tau berapa berat badan ideal yang harus kamu capai, cari tahu disini: Anti Ribet, Begini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Menu diet

Menu Diet Sehat untuk Pemula yang Wajib Kamu Coba

Ilustrasi menu diet - Image from id.pinterest.com

Setelah mengetahui jenis diet dan tips diet, sekarang kita akan membahas tentang menu diet.

Menu diet sendiri adalah menu makanan yang kamu konsumsi selama menjalankan diet alami. 

Tenang saja, meskipun dinamakan menu diet sehat, lidah kamu masih bisa dimanjakan oleh variasi makanan yang lezat dan nikmat. Berikut contohnya:

1. Sarapan

Kamu bisa mengisi perut di pagi hari dengan mengkonsumsi semangkuk sereal dengan taburan kismis dan susu bebas lemak. 

Kemudian lanjutkan dengan satu buah pisang berukuran kecil dan satu lembar roti berbahan dasar biji-bijian utuh (whole grain) dengan olesan margarin dan selai.

Pilihan menu diet sehat lainnya yaitu oatmeal yang dicampur dengan kismis dan dimasak dengan margarin. Untuk minumannya, minumlah jus jeruk (250 ml) dan susu tanpa lemak (120 ml).

Baca Juga: 10 Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Aman Tanpa Efek Samping

2. Makan siang

Kamu bisa membuat roti isi yang terdiri dari roti dari biji-bijian utuh, ayam, selada, tumis jamur, dan saus mustard. Akhiri makan siangmu dengan kentang rebus sebanyak 200 gram.

3. Makan malam

Untuk dinner, kamu bisa makan capcay tahu dengan sayuran dan paprika, semangkuk nasi merah, lengkapi dengan satu cangkir es teh lemon sekitar 250 ml.

Menu diet lainnya yang bisa kamu coba yaitu 140 gram salmon dengan taburan daun seledri, bawang, dan remah-remah roti. Sajikan dengan nasi, 125 gram brokoli kukus, dan kacang almond. Akhiri dinner-mu dengan susu tanpa lemak (250 ml).

4. Camilan

Contoh camilan yang bisa kamu konsumsi tiap hari yaitu 250 gram yoghurt rendah lemak dicampur dengan buah-buahan segar.

Bagaimana jika kamu bosan dengan makanan sehat dan ingin mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak dan kalori yang tinggi, seperti makanan cepat saji misalnya?

Boleh kok, kamu bisa mengkonsumsinya pada hari tertentu, misalnya tiap hari Sabtu atau hari Minggu saja. 

Namun keesokan harinya, kamu harus mengkonsumsi makanan yang rendah kalori, guna menghindari penumpukan kalori pada tubuhmu.

Baca Juga: 20 Cara Menambah Berat Badan Secara Alami Dalam 1 Minggu

Oh iya, menerapkan menu diet sehat akan lebih terbantu jika kamu berolahraga secara rutin, setidaknya 30 menit per hari, demi menjaga kebugaran tubuh.

Nah, itulah tadi penjelasan tentang menu diet dan beberapa cara diet alami yang bisa kamu praktekkan. 

Ingat ya, bukan seberapa cepat kamu bisa menurunkan berat badan, tapi seberapa sehat diet yang kamu lakukan. Semangat!

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb