Manfaat Daun Kemangi, Menyehatkan Jantung Hingga Mengatasi Diabetes

30 Jan 2020  Isfatu Fadhilatul

Manfaat Daun Kemangi, Menyehatkan Jantung Hingga Mengatasi Diabetes

Ilustrasi manfaat daun kemangi - Image from id.pinterest.com

Cari tahu segudang manfaat daun kemangi disini.

Tahukah kamu, selain dikonsumsi sebagai lalapan ataupun pelengkap makanan, daun kemangi juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan dan juga kesehatan loh? Penasaran apa saja? Yuk, simak penjelasan selengkapnya tentang manfaat daun kemangi berikut ini.

Manfaat Daun Kemangi

Daun kemangi memang acapkali dimanfaatkan sebagai campuran bahan masakan.
Selain itu, tanaman ini juga dipercaya ampuh sebagai obat tradisional. Misalnya untuk mengobati luka bakar, meringankan sakit perut, sakit kepala, diare, demam, gigitan serangga, batuk, pilek, mengurangi nyeri, dan juga berperan sebagai antibakteri. 

Daun kemangi mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti air, protein, karbohidrat, antioksidan lutein dan zeaxanthin, serta serat pangan. 

Nggak cuma itu saja, daun kemangi segar juga mengandung nutrisi penting lain yang bagus untuk tubuh, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, folat, vitamin A, B, C, dan K, meskipun dalam jumlah yang sedikit.

Lalu apa saja manfaat daun kemangi bagi kesehatan itu? Berikut selengkapnya.

1. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat daun kemangi untuk pria yang pertama adalah mempercepat penyembuhan luka, baik luka akibat jatuh dari motor, luka terkena benda tajam, dan lain sebagainya.

Selain memiliki sifat anti radang dan antibakteri, ternyata daun kemangi juga memiliki sifat antivirus, antijamur, dan pereda nyeri. Nah, karena kemampuan inilah, daun kemangi acapkali digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah terjadinya infeksi pada luka tersebut.

2. Mengatasi jerawat

Manfaat Daun Kemangi, Menyehatkan Jantung Hingga Mengatasi Diabetes

Ilustrasi manfaat daun kemangi untuk jerawat - Image from id.pinterest.com

Salah satu manfaat daun kemangi untuk kesehatan dan kecantikan wajah adalah mampu mengatasi jerawat dan menghilangkan bekasnya.

Ya, minyak daun kemangi mempunyai sifat antibakteri yang dipercaya mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Menurut  hasil penelitian, diketahui bahwa minyak daun kemangi yang sudah dicampurkan dengan bahan tertentu, seperti ekstrak jeruk, asam salisilat, serta asam asetat, mampu mengatasi jerawat secara efektif.

Selain itu, daun kemangi juga mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan jerawat serta bekasnya dengan mudah. Bahan ini bekerja sebagai pembersih kulit alami yang membantu menghilangkan kotoran serta debu dari wajah. 

Cara menghilangkan jerawat dengan kemangi cukup mudah kok, yaitu ambil beberapa daun kemangi dan hancurkan. Kemudian, ambil ekstrak jusnya dan tambahkan dengan 1 sdm bubuk kunyit. Campurkan kedua bahan dan oleskan masker tersebut pada wajah yang berjerawat. Setelah kering dan meresap, bilas dengan air sampai bersih.

Baca Juga: Penyebab dan Pengobatan Jerawat Batu Dengan Bahan Alami

3. Sumber penyuplai sel darah merah dan mencegah anemia saat hamil

Tahukah kamu, mengkonsumsi daun kemangi saat hamil sangat dianjurkan loh? Ya, manfaat daun kemangi untuk Ibu hamil ini yaitu untuk menyuplai dan menjaga produksi sel darah merah, karena di dalam daun kemangi ini terdapat kandungan zat besi yang penting untuk Ibu hamil.

Nah, sel darah merah yang cukup ini membuat Ibu hamil terhindar dari anemia atau kekurangan darah. Dan pastinya juga akan menyehatkan janin dalam kandungan.

4. Mencegah stres

Manfaat Daun Kemangi, Menyehatkan Jantung Hingga Mengatasi Diabetes

Ilustrasi manfaat daun kemangi untuk mengatasi stress - Image from id.pinterest.com

Daun kemangi dipercaya memiliki zat yang berguna untuk membantu tubuh beradaptasi dengan hormon stres. Selain itu, zat alami ini juga berfungsi untuk membuat tubuh serta pikiran merasa lebih tenang dan rileks, membantu mengatasi insomnia, meningkatkan daya ingat otak, serta membantu tubuh agar tidak mudah lelah.

5. Menyehatkan mata

Selain wortel, daun kemangi juga bisa menyehatkan mata loh! Ya, hanya dengan mengkonsumsi 100 gram daun kemangi segar setiap harinya, akan membantu meningkatkan kesehatan mata. Hal ini karena daun kemangi kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Jadi manfaat daun kemangi ini juga bisa dimanfaatkan oleh kamu yang bermasalah dengan penglihatan.

Baca Juga: Gunakan 7 Bahan Alami Ini Sebagai Obat Mata Bengkak, 100% Ampuh!

6. Mencegah rambut rontok dan beruban

Salah satu manfaat daun kemangi untuk rambut adalah mencegah kerontokan dan memperlambat tumbuhnya uban. Selain menggunakan shampo berbahan daun kemangi, masalah rambut ini bisa juga bisa diatasi dan dicegah dengan menggunakan minyak daun kemangi alami dengan menggunakannya secara rutin.

7. Mengatasi penyakit kulit

Daun kemangi memiliki fungsi antimikroba dan antibakteri yang efektif untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit, seperti psoriasis dan panu. Caranya mudah kok, cukup balurkan kemangi segar yang sudah ditumbuk halus pada kulit yang bermasalah, kemudian diamkan selama 30 menit, lalu cuci menggunakan air bersih.

Baca Juga: Obat Biduran Alami untuk Anak dan Dewasa yang Mujarab

8. Mencegah demam

Manfaat Daun Kemangi, Menyehatkan Jantung Hingga Mengatasi Diabetes

Ilustrasi manfaat daun kemangi mencegah demam - Image from id.pinterest.com

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mengurangi demam yang disebabkan oleh flu. Jadi, saat demam karena flu, kamu bisa meredakannya dengan mengunyah daun kemangi. Sedangkan untuk mencegah masalah demam ketika musim penghujan, kamu bisa meminum air rebusan daun kemangi, minumlah secara rutin setiap hari untuk mencegah demam karena musim penghujan.

9. Meredakan batuk

Selain mencegah demam, daun kemangi juga bisa meredakan batuk loh! Caranya cukup ambil 8 lembar daun kemangi, campur dengan cengkeh lalu seduh dengan air mendidih. Kamu juga bisa menambahkan sedikit garam untuk memberikan rasa. Biarkan ramuan tersebut dingin kemudian minum. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari untuk menghilangkan batuk.

10. Membuat kulit lebih glowing

Siapa sih yang nggak pengen mempunyai kulit wajah glowing? Nggak sulit kok untuk mendapatkannya, karena kamu bisa menggunakan bahan alami seperti daun kemangi.

Bahan ini kaya akan antioksidan yang dapat membantu menjadikan kulit wajah sehat, glowing, dan bercahaya. Begini caranya:

  • Ambil beberapa daun kemangi.
  • Hancurkan dan ambil ekstrak jusnya. 
  • Tambahkan 1 sdm gliserin.
  • Pijat wajahmu dengan masker ini setiap hari. 
  • Lakukan treatment ini dua kali atau tiga kali dalam sehari untuk mendapatkan kulit yang sehat, glowing, dan bercahaya.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Flek Hitam Dalam 1 Jam Dengan Bahan Alami

11. Mencegah penuaan dini

Manfaat Daun Kemangi, Menyehatkan Jantung Hingga Mengatasi Diabetes

Ilustrasi manfaat daun kemangi mencegah penuaan dini - Image from id.pinterest.com

Manfaat daun kemangi untuk wajah selanjutnya adalah mencegah penuaan dini sehingga kulitmu tampak lebih halus dan terlihat lebih muda. Begini caranya:

  • Ambil secukupnya daun kemangi.
  • Tumbuk sampai halus.
  • Tambahkan beberapa sendok minyak kelapa. 
  • Aduk hingga rata. 
  • Oleskan pada wajah dan diamkan beberapa menit.
  • Blas dengan air hingga bersih. 
  • Lakukan perawatan ini setiap dua kali dalam sehari.

12. Menyamarkan bekas luka pada kulit

Membantu menyamarkan bekas luka pada kulit adalah salah satu manfaat daun kemangi. Cukup ambil beberapa daun kemangi lalu hancurkan. Tambahkan 1 sdm madu dan 1 sdm perasan air lemon dan aduk hingga membentuk pasta. Oleskan masker daun kemangi ini pada wajah, diamkan beberapa saat lalu bilaslah dengan air sampai bersih.

13. Mengobati luka infeksi

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah bisa mengobati luka infeksi. Daun kemangi memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membantu menyembuhkan infeksi pada kulit. Menggunakan daun kemangi pada kulit sangat membantu terutama bagi orang-orang yang mengalami eksim pada kulitnya.

Caranya mudah, cukup ambil beberapa daun kemangi dan tumbuk sampai halus. Kemudian, tambahkan setengah cangkir yoghurt plain. Campurkan bahan ini hingga merata kemudian oleskan pada wajah sampai mengering, dan bilas dengan air sampai bersih.

14. Mengatasi kolik pada bayi

Manfaat Daun Kemangi, Menyehatkan Jantung Hingga Mengatasi Diabetes

Ilustrasi manfaat daun kemangi untuk mengatasi bayi kolik - Image from id.pinterest.com

Manfaat daun kemangi untuk bayi adalah meringankan gejala kolik yang biasanya terjadi setelah ia menyusu. Kolik sendiri biasanya dikaitkan dengan kondisi gas yang menumpuk pada perut bayi sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Atau mungkin juga bisa dikarenakan pola makan Ibu yang kurang tepat sehingga mempengaruhi kualitas ASI.

Menggunakan daun kemangi sebagai obat oles untuk perut Si Kecil tidak sulit kok, yaitu:

  • Campurkan 1 sdm daun kemangi yang sudah dihancurkan dengan air sedikit demi sedikit, hingga membentuk pasta kental. 
  • Usapkan pasta pada area sekitar pusar dan perut si Kecil
  • Biarkan hingga mengering.
  • Setelah mengering, lap lembut menggunakan tisu basah.

15. Memelihara kesehatan jantung

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu memelihara kesehatan organ jantung. Daun kemangi mengandung beta-karoten dan magnesium, yaitu sejenis mineral penting yang berfungsi untuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung. 

Oleh karena itu, selain berolahraga secara rutin dan menjaga pola makan yang sehat, mengkonsumsi kemangi secara berkala juga dipercaya mampu memperkuat kesehatan jantung kamu.

16. Meningkatkan selera makan

Aroma wangi dari daun kemangi memang mengundang selera makan. Wajar saja jika banyak orang yang mengkonsumsi bahan ini sebagai lalapan mentah, campuran pepes, karedok ataupun trancam. Manfaat daun kemangi ini bisa meningkatkan selera makan dan membuat makan menjadi lebih lahap, karena aroma daun kemangi yang khas.

17. Mengendalikan diabetes

Manfaat Daun Kemangi, Menyehatkan Jantung Hingga Mengatasi Diabetes

Ilustrasi manfaat daun kemangi untuk mengatasi diabetes - Image from id.pinterest.com

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah baik untuk diabetes. Karena dengan mengkonsumsi kemangi secara rutin, dapat menghasilkan pelepasan gula yang lambat di dalam darah, yang mana hal ini sangat penting bagi penderita diabetes. 

Baca Juga: Diabetes Insipidus Adalah: Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya

Selain itu, ramuan daun kemangi memiliki beban glikemik yang sangat rendah. Minyak esensial yang ada dalam kemangi juga membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko di antara penderita diabetes.

Nah, itulah tadi 17 manfaat daun kemangi untuk kesehatan dan kecantikan. Jangan lupa makan kemangi setiap hari ya!

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa