Jangan Minta Didoakan Saat Memberi Sedekah, ini Alasannya

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 14 Apr 2020

Jangan Minta Didoakan Saat Memberi Sedekah, ini Alasannya

Jangan meminta didoakan orang yang kita beri sedekah - Image from izi.or.id

Saya beri uang, tapi doakan rezeki saya lancar, ya!

Saling memberi atau bersedekah memanglah baik dan di anjurkan dalam agama Islam, namun bagaimana jika kita bersedekah tapi meminta imbalan doa dari orang yang kita beri, apakah boleh?

Dalam hidup, pasti ada kondisi orang berada diatas dan dibawah. Orang-orang yang masuk dalam kalangan orang atas, sudah sepatutnya memberikan sedekah kepada orang dibawahnya.

Terkadang ada sebagian dari kita yang saat memberikan sedekah kepada kalangan orang bahwa, kita meminta agar didoakan.

Secara umum, memang boleh-boleh saja bagi seseorang untuk meminta doa kepada saudara muslim lainnya. Sebagaimana yang termaktub dalam hadits berikut,

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لأَخِيْهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ. كُلَّمَا دَعَا ِلأَخِيْهِ بِخَيْرٍ، قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ: آمِيْنَ. وَلَكَ بِمِثْلٍ

Artinya: “Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang akan mustajab. Pada kepalanya ada malaikat yang menjadi wakil baginya. Setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka Malaikat tersebut berkata: ‘Aamiin dan engkau pun mendapatkan apa yang ia dapatkan.” (HR. Muslim).

An-Nawawi menjelaskan bahwa dianjurkan meminta didoakan oleh orang yang shalih, beliau berkata,

باب استحباب طلب الدعاء من أهل الفضل وإن كان الطالب أفضل من المطلوب منه

Artinya: “Bab dianjurkannya meminta didoakan oleh orang yang memiliki keutamaan (shalih) walaupun yang meminta doa lebih memiliki keutamaan (lebih shalih) daripada yang orang yang diminta.” (Al-Azkar hal. 40)

Terkait meminta didoakan kepada orang yang kita beri sedekah, maka nasehat para kalangan ulama adalah lebih baik tidak dilakukan.

Dalam ayat Al-Quran sudah dijelaskan bahwasanya orang yang ikhlas adalah orang yang memberi makan hanya berharap wajah Allah tanpa meminta balasan apapun.

Allah Ta'ala berfirman,

إِنَّمَا نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ اللَّهِ لَا نُرِيدُ مِنْكُمْ جَزَاءً وَلَا شُكُورًا

Artinya: “Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah. Kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih”. (QS. Al-Insan:9)

Ibnu Taimiyyah menjelaskan bahwa jika meminta didoakan, maka sudah keluar dari ayat ini. Beliau berkata,

ومن طلب من الفقراء الدعاء أو الثناء خرج من هذه الآية

Artinya: “Barangsiapa yang meminta didoakan oleh orang miskin atau meminta dipuji, maka keluar dari maksud ayat ini.” (Majmu’ Fatawa 11/111)

Baca Juga: Jangan Mengeluh, Syukuri Hal-hal Kecil ini dari Istrimu

Para ulama menganjurkan kita untuk tidak meminta doa setelah memberikan sedekah. Meskipun demikian, syariat menganjurkan orang yang menerima sedekah untuk mendoakan orang yang memberikan sedekah.

Allah Ta'ala berfirman,

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ

Artinya: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka.” (QS. At-Taubah:103)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga mendoakan kepada mereka yang memberikan sedekah.

Dari Abdullah bin Abi Aufa Radhiyallahu anhuma:

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أُتِيَ بِصَدَقَةٍ قَالَ: اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِمْ. وَإِنَّ أَبِي أَتَاهُ بِصَدَقَتِهِ فَقَالَ: اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى آلِ أَبِي أَوْفَى

Artinya: “Jika sedekah (zakat) dibawa ke hadapan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau pun berdoa (yang artinya), ‘Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada mereka.’ Ayahku pernah membawa sedekah (zakat)nya, maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa, ‘Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada keluarga Abu Aufa.’” (HR. Bukhari)

Baca Juga: Sudah Menikah Lama Tapi Kok Nggak Kaya-kaya?

Jadi, dari ayat dan dalil diatas, dapat kita ambil kesimpulan bahwasanya boleh-boleh saja alias tidak akan berdosa jika kita minta didoakan oleh muslim lainnya.

Namun, alangkah lebih baik jika kita tidak melakukannya. Sebab, jika orang yang kita beri sedekah mendoakan kita secara diam-diam, dalam artian kita tidak tahu jika mereka mendoakan kita, maka sesungguhnya doa mereka adalah doa yang mustajab.

Demikian penjelasan ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb