Update Virus Corona di Indonesia, 117 Positif, 5 Meninggal Dunia

16 Mar 2020 Isfatu Fadhilatul

Update Virus Corona di Indonesia, 117 Positif, 5 Meninggal Dunia

Personel Satgas Mobile COVID-19 membawa pasien diduga terjangkit virus Corona (COVID-19) di Rumah Sakit Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah - Image from www.idntimes.com/

Corona makin parah, sebutan "warga Indonesia strong' tidak terbukti.

Tak berhenti dengan berita dua balita malang yang dikonfirmasi positif corona, kini kasus corona di Indonesia semakin meningkat. 117 orang dikabarkan positif, 5 meninggal dunia. Selalu jaga kesehatan dan juga berdoa untuk meminta perlindungan agar terhindar dari mara bahaya dan petaka.

Pemerintah Indonesia kembali mengumumkan 21 kasus baru virus corona atau Covid-19 pada Minggu (15/3/2020). Artinya, hingga saat ini jumlah pasien positif virus corona di Indonesia meroket menjadi 117 kasus. 

Pada Sabtu (14/3/2020), jumlah kasus yang dikonfirmasi mencapai 96 kasus, yakni bertambah 27 kasus dibanding hari sebelumnya. 

Baca juga: Cek Penyebaran Virus Corona Lewat Situs ini, Simak Detail Lokasi Penyebarannya

Mirisnya, dari ke-96 kasus tersebut, salah satu diantaranya dikonfirmasi merupakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Hal tersebut dibenarkan oleh Juru Bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto, "Per hari ini dari lab yang saya terima pagi ya, hari ini kita dapatkan 21 kasus baru, di mana 19 di antaranya di Jakarta, dua di Jawa Tengah," ungkap Yuri seperti yang dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, Minggu (15/3/2020).

Menurut Yuri, penambahan kasus corona di Jakarta merupakan hasil penelusuran (tracing) terhadap kasus sebelumnya. 

Adapun pasien positif virus corona ini tersebar di delapan wilayah, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Bali, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, dan Banten. 

Menurut Yuri, hingga kini, sudah terdapat lebih dari 1.000 spesimen terkait virus corona yang telah diperiksa. 

Baca Juga: Tak Hanya Solo, ini Daftar Daerah di Indonesia yang Terdampak Corona

Delapan pasien sembuh

Dari 117 kasus infeksi virus corona di Indonesia, delapan pasien dinyatakan telah sembuh. Tiga pasien pertama yang dinyatakan sembuh adalah pasien kasus 6, kasus 14, dan kasus 19

Kemudian disusul dua pasien yaitu pasien kasus 1 dan kasus 3. Terbaru, per Sabtu (14/3/2020) sore, sudah ada total delapan pasien yang dinyatakan sembuh. Artinya, ada tambahan tiga pasien sembuh dari data sebelumnya. 

Yuri menegaskan, pasien yang sembuh itu tidak lagi mengalami keluhan fisik seperti demam, batuk, ataupun gangguan pernapasan. 

Tim medis, tambah Yuri telah memeriksa spesimen pasien sebanyak dua kali dan tes di laboratorium menunjukkan bahwa pasien-pasien itu negatif Covid-19.

Baca Juga: Waspada, ini Hal yang Lebih Berbahaya dari Virus Corona!

Lima pasien meninggal dunia

Disamping itu, dari total 117 kasus positif Covid-19 di Indonesia, lima pasien diantaranya meninggal dunia.

Kasus pasien meninggal dunia akibat coronavirus di Indonesia pertama kali diumumkan pada 11 Maret lalu. Kasus kematian pertama ini dialami oleh pasien kasus 25. 

Kemudian, tiga pasien lain yang meninggal dunia diumumkan pada Jumat (13/3/2020). Pasien tersebut adalah pasien kasus 35, 36, dan 50. 

Terbaru, per Sabtu (14/3/2020) sore, Yuri mengumumkan bahwa pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia di Indonesia menjadi lima orang.

Dari semua kasus kematian akibat coronavirus tersebut, salah satunya adalah petugas medis yang meninggal pada Jumat (13/3/2020). Akan tetapi, Yuri tidak mengungkapkan nomor kasus pasien yang berstatus sebagai tenaga medis tersebut.

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa