Tak Hanya Solo, ini Daftar Daerah di Indonesia yang Terdampak Corona

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 16 Mar 2020

Tak Hanya Solo, ini Daftar Daerah di Indonesia yang Terdampak Corona

Petugas medis di Rumah Sakit Wuhan China menangani pasien pengidap virus corona.jpg - Image from jogja.suara.com

Waspada boleh, panik jangan!

Setelah Solo menyatakan status KLB, kini beberapa daerah di Indonesia juga telah terjangkit virus corona. Setidaknya ada lebih dari 10 daerah yang tersebar di Indonesia. Ingat, jangan panik! tetap ikuti instruksi pemerintah dan selalu jaga kesehatan.

Coronavirus telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Pemerintah baik pusat maupun daerah tak henti-hentinya melakukan melakukan pencegahan agar virus yang berasal dari Wuhan, China itu tak menyebar lebih cepat lagi. 

Baca Juga: Potret `Bumi Sedang Istirahat` Karena Virus Corona, Miris atau Berkah?

Kementerian Kesehatan RI mengumumkan wilayah-wilayah yang terjangkit virus corona, Minggu (15/3/20202). Pengumuman tersebut diunggah di portal covid19.kemkes.go.id. 

Daftar Wilayah yang Terdampak Corona di Indonesia

Tak Hanya Solo, ini Daftar Daerah di Indonesia yang Terdampak Corona

Adapun wilayah terjangkit adalah wilayah di Indonesia yang melaporkan kasus positif COVID-19. Sejumlah wilayah yang dinyatakan terjangkit virus corona antara lain: 1. DKI Jakarta 2. Jawa Barat (Kab.Bekasi, Depok, Cirebon, Purwakarta, Bandung) 3. Banten (Kab. Tangerang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan) 4. Jawa Tengah (Solo) 5. Kalimantan Barat (Pontianak) 6. Sulawesi Utara (Manado) 7. Bali 8. DI Yogyakarta. Baca Juga: Waspada, ini Hal yang Lebih Berbahaya dari Virus Corona! - Image from wajibbaca.com

Adapun wilayah terjangkit adalah wilayah di Indonesia yang melaporkan kasus positif COVID-19. Sejumlah wilayah yang dinyatakan terjangkit virus corona antara lain:

1. DKI Jakarta

2. Jawa Barat (Kab.Bekasi, Depok, Cirebon, Purwakarta, Bandung)

3. Banten (Kab. Tangerang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan)

4. Jawa Tengah (Solo)

5. Kalimantan Barat (Pontianak)

6. Sulawesi Utara (Manado)

7. Bali

8. DI Yogyakarta.

Baca Juga: Waspada, ini Hal yang Lebih Berbahaya dari Virus Corona! 

Tak Hanya Solo, ini Daftar Daerah di Indonesia yang Terdampak Corona

Spot kasus COVID-19 per 16 Maret 2020 pukul 08.00 WIB.png - Image from covid19.kemkes.go.id

Sekolah di DKI Ditutup 2 Pekan

Sabtu (14/3), Pemprov DKI Jakarta telah memberi himbauan pada warganya untuk tidak sering melakukan aktivitas di luar rumah. Selain itu, Pemprov DKI juga telah melakukan tindakan pencegahan lainnya, seperti menutup tempat wisata dan juga meliburkan kegiatan sekolah selama 2 pekan.

1. Solo liris KLB

Malam sebelumnya (13/3) Pemkot Solo telah menetapkan status KLB (Kejadian Luar Biasa) untuk kota tersebut. 

Hal ini dilakukan pasca diketahui ada seorang warganya yang meninggal dan sempat dirawat di RSUD Moewardi, Solo akibat terpapar virus corona. 

Pemkot Solo juga meliburkan sekolah-sekolah selama dua minggu dan membatalkan beberapa agenda yang akan diselenggarakan di kota tersebut.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menjelaskan bahwa dengan status KLB, kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah jenjang SD dan SMP/MTs diliburkan, dan diganti dengan belajar di rumah. 

Menurut Rudy, sekolah jenjang SD dan SMP diliburkan hingga surat keputusan KLB dicabut. "Karena masih ujian, untuk SMA/SMK diliburkan setelah ujian selesai,"ungkap Rudy.

Baca Juga: Harga Masker Melambung Tinggi, Salah Siapa?

2. Banten rilis KLB

Menyusul Solo, pemerintah Provinsi Banten, Minggu (15/3/2020) juga telah menetapkan status KLB.

Status KLB Banten tersebut meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Hal ini dibenarkan oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, "Sudah menyepakati KLB di Banten, terutama di wilayah Tangerang Raya," ujarnya pada Minggu (15/3/2020).

Kemudian, hingga 15 Maret 2020 pukul 14.00 WIB, dilaporkan sudah ada 1.293 orang yang diperiksa dari 28 provinsi. Dari hasil pemeriksaan tersebut, 1.167 orang diantaranya negatif virus corona (termasuk 188 anak buah kapal World Dream dan 68 ABK Diamond Princess). 

Sementara itu, Achmad Yurianto mengatakan jumlah pasien positif virus corona di Indonesia semakin bertambah, kenyataan itu membuat pemerintah harus lebih waspada dan lebih serius lagi dalam melakukan tracing (pelacakan).

Tak hanya lewat pemerintah, Yuri pun mengharapkan masyarakat juga bisa diajak bekerja sama dalam menangkal penyebaran kasus ini.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb