Muncul Perdebatan Corona Diciptakan Illuminati, Sebenarnya Apa Itu Illuminati? 

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 19 Mar 2020

Muncul Perdebatan Corona Diciptakan Illuminati, Sebenarnya Apa Itu Illuminati? 

Logo illuminati - Image from www.theguardian.com

Apa sih illuminati itu?

Akhir-akhir ini, muncul perdebatan bahwa corona diciptakan dengan sengaja untuk mengurangi populasi manusia di dunia. Penciptanya pun tak main-main, yaitu Illuminati dan Freemason. Siapakah mereka? Dan apa sebenarnya illuminati itu?

Menurut wikipedia, Illuminati adalah bentuk plural dari bahasa Latin illuminatus yang berarti tercerahkan. Adalah suatu nama yang diberikan kepada beberapa kelompok , baik yang nyata (historis) ataupun yang fiktif. 

Secara historis, nama ini merujuk pada Illuminati Bavaria, yakni sebuah kelompok rahasia pada Zaman Pencerahan yang didirikan pada tanggal 1 Mei tahun 1776.

Illuminati yang merupakan kelompok rahasia ini eksis hanya selama satu dekade saja, yakni dari tahun 1776 hingga 1785.

Illuminati sendiri didirikan oleh Adam Weishaupt, seorang profesor hukum Jerman yang sangat meyakini cita-cita Pencerahan (Enlightenment), yang mirip dengan organisasi persaudaraan lain, yakni Freemason.

Gagasan Illuminati yaitu lluminatenorden, dipromosikan di kalangan elite. Weishaupt, pendiri Illuminati berniat mengajarkan logika, kedermawanan, serta nilai-nilai sekuler lainnya yang bisa mempengaruhi keputusan politik saat mereka berkuasa kelak.

Tujuan juga reputasi Illuminati, seringkali melebihi kemampuan mereka yang sesungguhnya. Pada masa-masa awal, kelompok ini hanya terdiri atas segelintir orang. 

Bahkan saat masa jayanya, kelompok ini hanya memiliki anggota antara 650 hingga 2.500 anggota.

Baca Juga: Iluminati, Dalang Sebenarnya Dibalik Virus Corona?

Apa Tujuan Illuminati?

Illuminati dikenal sering melakukan banyak hal yang tidak biasa di mata orang awam. 

Mereka menggunakan simbol yang aneh misalnya burung hantu, mengadopsi nama samaran untuk menghindari identifikasi, serta memiliki hierarki yang rumit, seperti Novice, Minerval, dan Minerval Illuminated, yang bertujuan untuk membagi peringkat para anggotanya

Pada awalnya, anggota Illuminati tidak mempercayai siapa pun yang berusia di atas 30 tahun karena mereka dianggap cenderung suka mengatur. 

Bahkan sejumlah informasi tentang ritual lainnya pun lebih sulit untuk dikonfirmasi. Akan tetapi, diduga kuat para anggotanya sangat 'paranoid' dan menggunakan protokol bak agen intelijen untuk menjaga kerahasiaan identitas masing-masing anggota. 

Meskipun menggelar sejumlah ritual aneh, para anggota Illuminati juga mempromosikan pandangan dunia yang mencerminkan gagasan pencerahan, misalnya seperti pemikiran rasional dan pemerintahan mandiri (self-rule).

Illuminati dikenal sebagai anggora anti-pemuka agama, juga anti dengan hal-hal yang berbau feodal, khususnya kerajaan, raja, dan juga ratunya.

Bagaimana Reputasi Illuminati?

Rata-rata sejarawan pengulik teori konspirasi mengambil kesimpulan bahwa Illuminati pada era modern seperti ini memperoleh reputasi yang jauh dilebih-lebihkan daripada fakta yang sebenarnya. 

Weishaupt beserta pengikutnya sangat giat mempromosikan ide-idenya ke lingkaran elite Jerman dan Eropa, terutama para elite politik, agar dapat menyebarkan pengaruhnya saat target benar-benar berkuasa.

Para pendiri Illuminati hanya berjumlah enam hingga sembilan orang, namun anggotanya berkembang hingga kisaran seribu orang. Cara meluaskan organisasinya pun tergolong cerdik, yakni menjadi sel tidur di organisasi lain. Salah satunya dengan menyusup ke Freemansory, sebuah organisasi persaudaraan yang juga bersifat tertutup akan tetapi memiliki umur yang lebih panjang.

Illuminati akhirnya dimusnahkan sebelum berakhirnya abad 1700. Meskipun begitu, ada beberapa orang yang percaya bahwa grup tertutup ini masih selamat dan tetap mengendalikan dunia dari bayang-bayang.

Baca Juga: Apa yang Akan Terjadi Pada Dunia Setelah Virus Corona Usai?

Sejarah Berkembangnya Illuminati

Muncul Perdebatan Corona Diciptakan Illuminati, Sebenarnya Apa Itu Illuminati? 

Iluminati pada zamannya - Image from www.vox.com

Awalnya di tahun 1776, Illuminati merupakan grup dari orang-orang yang berpikiran bebas serta terbuka. Meskipun saat itu pikiran mereka dianggap radikal, namun pikiran mereka tidak ada bedanya dengan pandangan liberal di era modern seperti sekarang ini. 

Anggota Illuminati dengan tegas melawan agama dan strukturnya yang terorganisir, kemudian lebih menekankan segala sesuatunya berdasarkan moral.

Pandangan radikal mereka termasuk pemakluman dalam tindakan bunuh diri dan dukungan untuk aborsi, tapi hal ini tentu ditolak keras oleh pemerintah. 

Illuminati memiliki cabang grup untuk wanita karena kelompok rahasia lain hanya eksklusif untuk para pria. Mereka dengan keras menentang monarki di Bavaria, itulah mengapa mereka secara eksplisit ditutup paksa dan bubar (menurut yang dipahami ahli sejarah).

Satanisme

Illuminati awalnya dibentuk bukan untuk memuja siapapun atau apapun, termasuk setan yang selama ini dipercaya sejalan dengan Illuminati, sehingga mereka memujanya bahkan membuat pengorbanan untuknya. 

Namun kenyataannya, Illuminati sangat bertentangan dengan semua agama yang terorganisir.

Cukup bisa dimengerti mengapa satanisme dan Illuminati selalu dikait-kaitkan, karena Illuminati menentang keras Katolik sebagai sistem kepercayaan yang kuat di Eropa kala itu. Mereka juga terlihat seperti anti Tuhan, namun sebenarnya mereka lebih seperti atheis di era modern seperti sekarang ini daripada pemuja setan.

Meskipun sosok-sosok sukses terikat dengan organisasi ini melalui rumor dan spekulasi, terlepas benar atau tidak, bukan berarti para sosok sukses ini menjual jiwa mereka untuk setan demi uang serta kekuasaan. 

Memang Illuminati bertanggung jawab penuh terhadap banyak tuduhan ke mereka, yang lebih mirip seperti tindakan setan. Akan tetapi bukan berarti mereka harus memuja setan untuk melakukannya.

Baca Juga: Warga +62 Malah Liburan Ditengah Wabah Corona, `Oh santai aja, kan cuma flu ini!`

Illuminati dalam literasi modern

Illuminati, dalam iterasi modern, terlihat seperti sosok misterius bagi mereka yang percaya terhadap keberadaannya. Mereka yang percaya bahwa ada organisasi bayangan yang mengendalikan semua keadaan masyarakat itu, memahami bahwa hampir tidak ada satupun di dunia ini yang tidak dikontrol oleh Illuminati.

Semua hal mulai dari politik, seni dan hiburan dianggap dikuasai oleh Illuminati. Namun bagi orang yang tidak percaya hanya akan asal dilewati dan disebarkan ke lainnya yang mungkin akan percaya, tanpa adanya perdebatan.

Mereka yang mempercayai adanya Illuminati memiliki pemahaman bahwa Illuminati mengontrol segalanya secara virtual. Mereka mengontrol bagaimana masyarakat mendapatkan informasi dan informasi itu sendiri, sampai ke siapa yang menjadi terkenal dan meninggal dalam kecelakaan tragis. Illuminati mengetahui dan terlibat dalam segala sesuatu.

Jadi Anda di pihak mana, pihak yang percaya keeksisan Illuminati hingga sekarang, atau orang yang sama sekali tidak percaya dengan hal transparan seperti ini?

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb