Kamu Pemberani? ini 6 Cerita Seram Hantu Kampus yang Paling Menakutkan

10 Mar 2020  Isfatu Fadhilatul

Kamu Pemberani? ini 6 Cerita Seram Hantu Kampus yang Paling Menakutkan

Cerita seram hantu kampus - Image from idntimes.com

Sebentar lagi tahun ajaran baru, kamu sudah menentukan ingin kuliah di mana?

Eits, selain urusan biaya dan tempat tinggal, kamu juga harus memperhatikan sisi historis kampus loh, salah satunya adalah hal ghaib yang menyelimutinya. Sudah siap? Berikut daftar kampus dengan cerita seram hantu paling menakutkan di Indonesia.

6 Cerita Seram Hantu Kampus Paling Menakutkan

Selain cerita seram hantu di sekolah, cerita seram hantu kampus juga merupakan urban legend yang tak kalah menyeramkan.

Hal-hal berbau mistis ini harus banget kamu ketahui biar belajar makin enak. Sudah bukan rahasia lagi jika beberapa kampus di Indonesia memiliki kisah-kisah horor menakutkan. 

Bahkan cerita seram hantu kampus ini sampai melegenda karena diturunkan dari senior ke juniornya secara berturut-turut.

Mungkin beberapa dari kamu berpendapat, “Belajar ya belajar aja, nggak usah ngurusin hal gak penting.” 

Ya, mungkin ada tipe orang yang seperti itu, tapi ada pula yang menganggap hal ghaib seperti ini merupakan sesuatu yang juga tak kalah pentingnya untuk diketahui. 

Nah, daripada makin penasaran, berikut beberapa cerita horor kampus terkenal yang melegenda di kampus-kampus di Indonesia.

1. Universitas Indonesia (UI)

Kamu Pemberani? ini 6 Cerita Seram Hantu Kampus yang Paling Menakutkan

Hantu kampus Si Merah dari UI - Image from dokterghaib.com

Universitas Indonesia (UI) selain dikenal sebagai universitas terbaik, juga dikenal sebagai universitas dengan urban legend horror. Tidak hanya satu, namun ada beberapa cerita horor yang terkenal di kampus seluas 320H ini.

Hantu kampus UI Yang pertama adalah kereta hantu stasiun UI, cerita horor satu ini sudah dikenal oleh mahasiswa-mahasiswi sejak tahun 1990-an. 

Kala itu ada seorang mahasiswa yang sedang naik kereta api di malam hari dari stasiun UI menuju stasiun Tebet. Saat dia masuk ke dalam kereta, ia melihat semua penumpang terlihat sangat lesu.

Anehnya lagi, kereta yang ditumpanginya ini tidak berhenti di setiap Stasiun yang dilewati, melainkan baru berhenti ketika mahasiswa ini ingin turun di Tebet .

Sesaat sebelum ia turun, ia menengok ke belakang dan menyadari bahwa dia adalah satu-satunya orang yang turun di stasiun itu.

Mahasiswa ini baru sadar bahwa kereta yang ditumpanginya adalah kereta hantu saat sang penjaga Stasiun bertanya kepadanya "Loh kamu kenapa berjalan kaki di sepanjang rel kereta?"

Cerita yang kedua adalah hantu merah UI. Konon sebelum UI dibangun, tempat itu merupakan hutan yang di dalamnya ada komplek kuburan, yang mana Si Merah ini adalah salah satu penunggu hutan tersebut.

Beberapa orang mengaku pernah melihat Si Merah dalam wujud perempuan berambut panjang, mirip dengan kuntilanak namun bedanya si Merah selalu menggunakan gaun dan selendang merah.

Hantu wanita ini kerap muncul di danau yang memisahkan antara gedung pusat kegiatan mahasiswa (PUSGIWA) ataupun di jembatan teksas yang menghubungkan antara Fakultas Teknik dan Fakultas Sastra, serta di beberapa gedung lainnya.

Terkadang hantu ini juga menampakkan dirinya di Fakultas Teknik dan kadang pula ia muncul di sekitar mushola FIB. 

Si Merah tidak langsung menakut-nakuti orang yang melihatnya, akan tetapi ia suka menjahili orang dengan cara menutupi wajahnya menggunakan selendangnya sembari tertawa. Bahkan, Si Manis pernah nampak di dalam kelas duduk menyamar seperti mahasiswa.

Menurut mitos yang beredar warga setempat, Si Merah ini dulunya adalah seorang gadis yang meninggal di hutan di mana UI dibangun.

Cerita ketiga, hantu wisuda UI. Hantu ini seringkali menampakkan dirinya di antara foto wisudawan yang sedang berpose di area balairung UI. 

Cerita horor ini berawal dari mahasiswi Fakultas Teknik yang meninggal saat perjalanan menuju wisudanya. Konon katanya, arwah mahasiswi ini tidak rela mati sebelum wisuda, sehingga ia kerap berkeliaran di area Pusat Administrasi UI atau gedung rektorat.  

Baca Juga: Berani Sekolah Disini? Ini 5 Sekolah Angker di Indonesia

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Kamu Pemberani? ini 6 Cerita Seram Hantu Kampus yang Paling Menakutkan

Hantu kampus UGM - Image from www.liputan6.com

Universitas Gadjah Mada Yogyakarta atau UGM tidak hanya menjadi gudangnya orang-orang yang berbakat, akan tetapi juga gudangnya cerita horor dan misteri.

Hantu kampus UGM agaknya adalah sebuah hal yang wajar mengingat kampus ini merupakan salah satu kampus tertua di Indonesia.

Kampus UGM dibangun oleh Presiden Soekarno di atas tanah sawah yang begitu luas bernama Bulaksumur pada tahun 1959, setelah sebelumnya hanya menumpang pada Keraton Yogyakarta.

Sawah dan hutan yang rimbun itu pun berubah menjadi kampus yang melegenda dan menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia.

Umurnya yang sangat panjang ini membuat banyak orang percaya bahwa UGM memiliki banyak sekali penunggu, yang pertama adalah sosok Mbak Rohana.

Ketika kamu lewat daerah lembah UGM ke arah jalan Kaliurang, kamu akan melewati sebuah jembatan yang melintang di atas jalur tersebut, jembatan itu bernama jembatan perawan alias jembatan pertanian ke kedokteran hewan.

Menurut kesaksian banyak orang, sosok Mbak Rohana merupakan sosok wanita berkerudung yang sering muncul pada malam hari di atas jembatan perawan.

Beberapa korban yang sempat bertemu dengannya, melihat sesosok perempuan berjalan di jembatan penyeberangan tersebut, namun saat diamati, perempuan yang sedang berjalan tiba-tiba dia terjatuh dari jembatan.

Tak elak, orang yang menyaksikan kejadian ini langsung histeris dan panik, namun anehnya ketika dicek, tidak ada seorangpun yang berada di bawah jembatan.

Cerita seram hantu yang kedua dari UGM adalah hantu di swaragama. Swaragama merupakan singkatan dari radio Suara Gadjah Mada.

Cerita ini berasal dari gedung-gedung tua di selatan UGM di depan KOPMA UGM dan perpustakaan unit 2. Gedung ini terdiri dari 3 lantai, lantai pertama digunakan untuk data administrasi mushola dan cybernet, lantai kedua berisi buku-buku perpustakaan, dan di lantai 3 adalah kantor dimana swaragama berada.

Lantai 3 ini hanya dipakai untuk siaran radio swaragama saja, namun menurut kabar dari penyiar-penyiar lama ketika mereka sedang bekerja sendiri atau mempunyai shift malam, terkadang mereka mendengar atau merasakan ada aktivitas lain di lantai 3, seolah-olah tempat itu tidak hanya digunakan untuk radio swaragama saja.

Menurut salah satu crew swaragama, di lantai 3 ini seringkali terdengar suara kursi diseret, orang yang mondar-mandir, dan aktivitas lainnya terutama di ruang baca, apalagi setelah jam 8 malam, padahal perpustakaan dan administrasi tutup jam 4 sore.

Jadi, apakah benar ada aktivitas-aktivitas lain di lantai 3?

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Kamu Pemberani? ini 6 Cerita Seram Hantu Kampus yang Paling Menakutkan

Institut Teknologi Bandung - Image from liputan6.com

Institut Teknologi Bandung adalah salah satu Universitas paling bergengsi sama halnya dengan dua universitas yang sudah kita bahas sebelumnya. Lulusannya pun nggak main-main, sebut saja Presiden Soekarno, Presiden Habibie, dan masih banyak lagi.

Meskipun kampus bergengsi, namun tetap saja ITB tidak bisa lepas dari legenda-legenda mistis. Ada dua sosok hantu yang terkenal di ITB, yang pertama yaitu hantu noni Belanda yang ada di studio lantai 3 gedung FSRD.

Di gedung ini, bersemayam hantu noni Belanda yang cantik jelita, hantu ini kerap menemani mahasiswa-mahasiswi yang tengah lembur mengerjakan tugas mereka di lantai 3 gedung ini. Bahkan ada salah satu mahasiswa yang bersaksi bahwa mereka kerap diajak ngobrol dengan hantu cantik itu.

Cerita seram hantu kampus ITB yang kedua adalah hantu Tukang Bakso, cerita horor ini pun juga terjadi di gedung FSRD lebih tepatnya di studio lantai 2.

Konon katanya, ada 1 kelompok mahasiswa yang tengah mengerjakan tugas mereka di studio lantai 2, salah satu dari mereka mendengar ada suara tok-tok-tok, dan dia melihat ada tukang bakso pikul di luar jendela.

Karena lapar, dia langsung mengajak temannya untuk memesan bakso, sampai akhirnya salah satu dari mereka sadar bahwa mereka ada di lantai 2. Jadi mungkinkah tukang bakso yang lewat di jendela lantai 2 itu terbang?

Baca Juga: Bikin Merinding, Cerita Hantu Anak Kecil di Universitas Sookmyung Korea (Part 1)

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Kamu Pemberani? ini 6 Cerita Seram Hantu Kampus yang Paling Menakutkan

Institut pertanian Bogor - Image from haipb.ipb.ac.id

Institut Pertanian Bogor atau IPB pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kalian. Tak hanya sarat akan prestasi, ternyata IPB juga memiliki urban legend cerita seram hantu yang cukup menyeramkan dan sudah menyebar dari mulut ke mulut di kalangan mahasiswa.

Di IPB ada cerita yang sangat legendaris, yaitu hantu orang sebelah. Bicara soal cerita mistis di IPB, pasti tidak jauh-jauh dari gedung asrama A, B atau C yang hanya boleh digunakan untuk mahasiswa baru saja.

Gedung 2 lantai yang masing-masing memiliki 5 lorong, dan setiap lorong nya ada sekitar 10 hingga 12 kamar. 

Suatu hari, ada sekelompok mahasiswa yang sedang mengobrol di salah satu kamar asrama, tiba-tiba ada yang mengetuk pintu, para mahasiswi bertanya siapakah itu? dan sosok yang mengetuk pintu pun menjawab "orang sebelah", ketika pintu dibuka ternyata yang mereka lihat adalah tamu yang hanya memiliki setengah badan saja. 

5. Universitas Trisakti Jakarta

Kamu Pemberani? ini 6 Cerita Seram Hantu Kampus yang Paling Menakutkan

Cerita seram kampus - Image from cewekbanget.grid.id

Salah satu cerita seram hantu kampus trisakti adalah arwah gentayangan dari mahasiswa yang tewas dalam tragedi Trisakti '98.

Konon ada satu acara besar yang digelar di tengah lapangan kampus, ada 2 mahasiswa baru yang naik ke gedung ekonomi untuk mendapatkan spot menonton yang enak.

Setelah masuk ke salah satu kelas, mereka menyalakan lampu dan membuka jendela, mereka pun duduk santai sambil menyaksikan acara yang sedang berlangsung. Tidak lama kemudian datanglah 1 mahasiswa lain berjaket Fakultas Ekonomi duduk di samping mereka dan ikut menonton.

Tiba-tiba ada satu senior yang datang menghampiri mereka dan menepuk bahu mereka dari belakang, senior itu langsung tergesa-gesa meminta mereka untuk membantu dia mengangkat barang-barang.

Awalnya mereka berdua menolak namun sang senior memaksa hingga membentak "Cepetan turun sekarang, bantuin gue kalo lo berdua nggak mau mati!" Karena takut, kedua mahasiswa ini pun akhirnya keluar kelas diikuti oleh sang senior di belakangnya.

Begitu keluar dari kelas, sang senior langsung mematikan lampu dan menutup pintunya, kedua mahasiswa itu pun bingung kenapa lampu dimatikan sedangkan di dalam masih ada satu orang lagi yang menonton.

Sang senior pun menjelaskan bahwa yang duduk di sebelah mereka tadi adalah salah satu mahasiswa ekonomi yang ikut tewas dalam peristiwa 12 Mei 1998 yang sekarang jadi hantu di kampus Trisakti.

Baca Juga: Bikin Merinding, Kisah Hantu Anak Kecil di Salah Satu Kampus di Korea (Part 2)

6. Universitas Brawijaya Malang

Kamu Pemberani? ini 6 Cerita Seram Hantu Kampus yang Paling Menakutkan

Hantu di Universitas Brawijaya - Image from www.vakansi.id

Salah satu cerita paling legendaris dari kampus UB adalah tentang sosok hantu bermuka rata di area perpustakaan.

Konon ceritanya, ada beberapa mahasiswa yang masih berada di area perpustakaan pada malam hari, mereka melihat ada 1 perempuan duduk sendirian tanpa suara. Karena penasaran dengan apa yang sedang dilakukan oleh si cewek ini, para mahasiswa itu pun menghampirinya dan bertanya.

Namun anehnya perempuan itu tetap terdiam dan tak lama setelahnya, dia menoleh ke arah mereka dengan muka yang rata tanpa mata, hidung, mulut ataupun telinga. Wajahnya seperti tebal kemerahan seakan baru saja disetrika.

Dari kesaksian banyak orang, hantu ini tidak hanya mengganggu orang di malam hari saja akan tetapi juga di siang hari. 

Nah, dari keenam cerita seram hantu di kampus yang sudah kita bahas ini, manakah yang menurutmu paling menyeramkan? Jika kamu suka dengan cerita seperti dosen gaib atau peta setan UI, jangan lewatkan cerita menarik lainnya, ya!

unik
hantu kampus
hantu kampus ui
hantu kampus ugm
hantu kampus itb
hantu kampus trisakti
hant

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa