Fakta-Fakta Unik Menstrual Cup yang Perlu Kamu Tahu

19 Feb 2020  Isfatu Fadhilatul

Fakta-Fakta Unik Menstrual Cup yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi menstrual cup - Image from id.pinterest.com

Sudah pernah mencoba menstrual cup?

Dari sekian banyak produk yang membantu wanita saat datang bulan, ada satu yang mungkin kamu hanya tahu namanya saja tapi belum benar-benar mengerti cara kerjanya seperti apa. 

Yap, menstrual cups namanya. Kamu mungkin sudah tahu tampon, tapi apa kamu benar-benar sudah tahu tentang menstrual cup?

Menstrual Cup

Kamu pasti pernah melihat menstrual cup review di berbagai sosial media kan? Ada yang langsung membelinya, dan ada pula yang masih ragu. Terlebih mens cup ini jarang dijual di Indonesia.

Sebenarnya menstrual cup itu apa sih? Nah, menstrual cup adalah produk sanitary alternatif yang terbuat dari silikon tak berpori.

Artinya, kamu bisa menggunakan produk yang sama berulang kali selama bertahun-tahun lamanya. 

Selain lebih murah, menstrual cup juga lebih ramah lingkungan, kamu ingat kan berapa banyak sampah yang kita buang saat memakai pembalut biasa?Nah, dengan memakai alat ini, maka kita bisa meminimalisir hal tersebut.

Menstrual cup fungsinya apa? Sama halnya seperti pembalut atau tampon, alat ini membantu kamu ketika sedang datang bulan.

Pada dasarnya, cara kerja menstrual cup ini adalah dengan mengumpulkan darah menstruasi kamu selama beberapa jam setiap harinya.Jadi, alat ini tuh menampung, bukan menyerap seperti tampon atau pembalut.

Buat kamu yang masih ragu dengan menstrual cup serta masih bingung cara memakai menstrual cup, berikut wajibbaca.com telah merangkum beberapa review menstrual cup Indonesia sebagai referensi kamu.

1. Apakah mens cup aman untuk bagian sensitif wanita?

Fakta-Fakta Unik Menstrual Cup yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi menstrual cup aman - Image from id.pinterest.com

Tenang girls, menstrual cup hanya akan menampung darah dan tidak menyerapnya. Hal ini tentu saja akan menurunkan risiko terjadinya infeksi bakteri.

Selain itu, menstrual cup juga lebih minim resiko menyebabkan lecet ataupun ruam, yang terkadang muncul ketika kamu menggunakan pembalut (pads).

2. Bagaimana cara memakai menstrual cup?

Fakta-Fakta Unik Menstrual Cup yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi cara memakai menstrual cup - Image from id.pinterest.com

Berbeda dengan cara pakai pembalut yang mudah dan sederhana, cara memakai menstrual cup sedikit lebih ribet. Berikut langkah-langkah menggunakan menstrual cup:

  • Lumasi bibir corong menstrual cup dengan air ataupun pelumas berbahan air, agar mens cup lebih mudah dimasukkan.
  • Jepit atau lipat corong menstrual cup menjadi dua dengan salah satu tangan.
  • Masukkan corong dalam keadaan terlipat dan menghadap atas, ke dalam vagina secara perlahan. 
  • Setelah dimasukkan, otomatis corong akan terbuka kembali dan terpasang pada posisinya, yaitu beberapa cm di dalam saluran leher rahim.
  • Masukkan kembali jarimu sedikit ke dalam vagina dan putar bagian bawah corong untuk memasang segel kedap udara, sehingga darah haid mu tidak bocor.

Ingat ya girls, jika menstrual cup terpasang dengan benar, kamu seharusnya tidak akan merasa ada benda mengganjal ataupun tidak nyaman. 

Jika sudah dirasa pas, kamu bisa beraktivitas dengan bebas termasuk berolahraga, tanpa takut menstrual cup terlepas dan jatuh ke luar.

Oh iya, jika kamu masih bisa merasakan menstrual cup, atau masih merasa kurang nyaman, berarti posisinya masih kurang dalam.Jangan takut untuk membetulkan posisi mens cup jika itu memang diperlukan.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Memperlancar Haid Tanpa Efek Samping

3. Apa kelebihan menstrual cup dibanding pembalut atau tampon?

Fakta-Fakta Unik Menstrual Cup yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi kelebihan menstrual cup - Image from id.pinterest.com

Tidak seperti pembalut, daya tahan menstrual cup lebih tahan lama, yaitu 6 bulan hingga 10 tahun, tergantung jenis dan perawatannya. Bisa sekalian ngirit, kan?

Selain itu, menstrual cup juga dapat menampung darah hingga sekitar 40 ml. Lebih besar daripada tampon yang hanya bisa menyerap darah sekitar 7 ml saja. Itulah sebabnya, menstrual cup bisa dipakai lebih lama, yaitu sekitar 6-12 jam.

4. Apa kekurangan menstrual cup?

Fakta-Fakta Unik Menstrual Cup yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi kekurangan menstrual cup - Image from id.pinterest.com

Seperti halnya produk lainnya, menstrual cup juga memiliki kekurangan, diantaranya yaitu proses memasukkan dan mengeluarkannya yang lebih sulit dan tidak nyaman, terutama buat kamu yang belum pernah berhubungan intim.

Selain itu, proses mencabut menstrual cup jika tidak dilakukan dengan hati-hati, bisa membuat darah haid terciprat dan tercecer.

Oh iya, seperti halnya dengan pembalut, sebelum memakai menstrual cup, kamu perlu menemukan ukuran dan brand yang cocok.

Menstrual cup tersedia dalam berbagai ukuran, sehingga kamu perlu mencoba beberapa ukuran terlebih dulu sebelum menemukan pilihan yang paling cocok. 

Proses ini bahkan bisa menjadi lebih sulit jika kamu memiliki kondisi tertentu, misalnya seperti rahim yang miring ataupun turun, serta fibroid.

Selain itu, beberapa jenis menstrual cup terbuat dari lateks, sehingga kamu yang memiliki alergi terhadap bahan ini perlu berhati-hati.

Jika kamu termasuk orang yang memiliki alergi terhadap lateks, pilihlah menstrual cup yang terbuat dari silikon.

Baca Juga: Berapa Lama Telat Haid yang Harus Diwaspadai?

5. Menstrual cup menimbulkan bau nggak?

Fakta-Fakta Unik Menstrual Cup yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi menstrual cup - Image from id.pinterest.com

Kamu pasti berfikir, darah yang ditampung dalam waktu yang lama, bakal menimbulkan bau tidak sedap.

Tapi tenang aja girls, menstrual cup membuat darah haid tidak terpapar oleh udara, sehingga kamu tidak perlu takut dengan bau darah haid, yang mungkin muncul saat menggunakan pembalut ataupun tampon.

6. Apakah menstrual cup bahaya?

Fakta-Fakta Unik Menstrual Cup yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi menstrual cup - Image from id.pinterest.com

Seperti yang disebutkan di awal, mens cup aman untuk dipakai. Selain itu, alat ini akan menjaga pH dan bakteri baik di vagina.

Menstrual cup tidak akan mengganggu keseimbangan pH dan bakteri di vagina, karena fungsinya hanya menampung darah saja. 

Hal ini berbeda dengan saat kamu menggunakan tampon yang dapat menyerap darah haid juga cairan di vagina, sehingga pasti akan mengganggu pH dan bakteri baik di vagina.

7. Gimana cara mengeluarkan menstrual cup?

Fakta-Fakta Unik Menstrual Cup yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi menstrual cup - Image from id.pinterest.com

Jika menstrual cup sudah penuh, cabut alat tersebut dengan cara berikut:

  • Letakkan jari telunjuk dan jempol-mu ke dalam vagina dan tarik tangkai menstrual cup dengan perlahan sampai kamu dapat mencapai bagian dasar corong.
  • Cubit atau jepit bagian dasar corong tersebut untuk melepaskan segel kedap udara, kemudian tarik corong ke luar.
  • Setelah dikeluarkan dari vagina, buang darah haid yang telah tertampung ke toilet.

8. Gimana cara membersihkan menstrual cup?

Fakta-Fakta Unik Menstrual Cup yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi cara mencuci menstrual cup - Image from id.pinterest.com

Girls, menstrual cup harus selalu dicuci bersih setelah digunakan ya! Selain itu, alat ini juga perlu disterilisasi dengan cara direbus di air mendidih setiap bulan. 

Jika kamu mau pakai sabun, pastikan sabun yang kamu gunakan ber-pH seimbang dan tidak mengandung parfum.

Gimana kalau lagi nggak ada akses ke wastafel atau kompor buat rebus cawan? 

Tenang, kamu bisa membersihkan cawan menggunakan tisu basah bayi kemudian bilas dengan air mineral untuk membersihkannya. 

Untungnya, cawan menstrual cup nggak perlu sering-sering diganti seperti pembalut atau tampon, kamu jadi nggak perlu bentar-bentar ke toilet, deh!

Ingat ya, lakukan perawatan menstrual cup dengan rajin. Karena tanpa perawatan yang telaten, penggunaan alat ini justru akan meningkatkan risiko iritasi dan infeksi pada vagina.

Baca Juga: Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil 100% Akurat

9. Menstrual cup bisa bocor nggak sih?

Fakta-Fakta Unik Menstrual Cup yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi menstrual cup - Image from id.pinterest.com

Untuk beberapa percobaan pertama mungkin iya bakal bocor, karena mungkin kamu belum benar memasukkannya.

Kalau kamu udah jago sih, nggak bakal ada lagi drama bocor atau tembus. Jadi, jangan menyerah di percobaan pertama, ya!

Kabar baik buat kamu yang hobi renang, alat ini bisa banget kamu gunakan saat olahraga air terutama berenang! Jangan pernah takut untuk mencoba.

10. Menstrual cup harganya berapa? Beli dimana?

Fakta-Fakta Unik Menstrual Cup yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi menstrual cup brands - Image from id.pinterest.com

Menstrual cup yang bagus adalah menstrual cup yang terjamin mutunya, misalnya mengantongi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) pada kemasannya. 

Kamu bisa membeli menstrual cup di banyak platform online. Harganya bervariasi, mulai Rp 50 ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung merk dan kualitasnya.

Bingung memilih menstrual cup yang bagus? Berikut beberapa referensi menstrual cup brands yang bagus beserta kelebihannya:

  • FemmyCycle Menstrual Cup : menstrual cup yang memiliki cincin pelepas yang mudah, serta memiliki tiga ukuran berdasarkan ketinggian serviks.
  • Diva Cup : menstrual cup yang bebas lateks, dan hipoalergenik, cocok buat kamu yang memiliki alergi terhadap bahan tertentu.
  • Lena Cup : menstrual cup yang memiliki desain nyaman, tidak berbau, dan anti bocor. 
  • Flex Cup : menstrual cup yang memiliki bentuk batang tulang yang panjang sehingga mudah untuk dilepas.
  • Super Jennie Menstrual Cup : menstrual cup dengan kapasitas 41,61 millimeter atau sekitar 1,41 ons, cocok buat kamu yang mengalami darah berlebih ketika menstruasi.
  • MeLuna : satu-satunya menstrual cup di dunia yang berbahan dasar Termoplastik Elastomer.
  • Lunette : menstrual cup dengan cawan yang lebih mudah dibuka dibandingkan jenis lainnya.
  • Yukki : menstrual cup dengan cawan yang lebih lembut dibandingkan jenis lainnya, cocok buat kamu yang aktif.

Baca Juga: 7 Cara Memutihkan Selangkangan Secara Alami

Girls, menstrual cup bisa menjadi alternatif pembalut ketika haid, yang dinilai aman secara medis. 

Tapi ingat ya, jika saat memakai alat ini kamu merasa tidak nyaman atau mengalami keluhan lainnya, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan dengan dokter spesialis. Selamat mencoba.

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa