Wajib Tahu, 7 Sifat Istri yang Baik Menurut Rasulullah

10 Feb 2020  Isfatu Fadhilatul

Wajib Tahu, 7 Sifat Istri yang Baik Menurut Rasulullah

Istri yang baik menurut Rasulullah - Image from ruangmuslimah.co

Bagaimana sih cara menjadi istri yang baik itu? 

Menjadi istri yang baik dan dicintai oleh suami merupakan dambaan setiap wanita, oleh karena itu sikap yang baik dan selalu taat pada suami bisa menjadi kunci langgengnya pernikahan. 

Tak hanya itu saja, 7 cara berikut juga bisa membantu Anda untuk menjadi istri yang baik. 

Istri yang Baik Menurut Rasulullah 

Setiap wanita tentu ingin menjadi pasangan yang terbaik bagi suaminya. Jika suami bahagia, tentunya dia juga akan lebih menghargai dan mencintai Anda sebagai istrinya. Namun tak jarang banyak wanita yang masih bertanya-tanya "Istri yang baik itu seperti apa, sih?" 

Sebenarnya pedoman menjadi istri yang baik itu bermacam-macam, apabila Anda seorang muslim, maka Anda bisa mencari pedoman istri yang baik menurut Rasulullah. Dan apabila Anda seorang kristiani, maka Anda bisa mencari pedoman istri yang baik menurut Alkitab. 

Untuk Anda yang beragama Islam, selain lewat tindakan, menjadi istri yang baik juga harus diimbangi dengan berdoa, baca disini: (Lafadz Doa Agar Suami Sayang Istri dan Tidak Selingkuh)

Berikut wajibbaca.com akan menjelaskan tentang bagaimana menjadi istri yang baik. Perlu diketahui, pedoman ini bersifat universal, jadi siapapun Anda dan apapun agama Anda, semua bisa menggunakan pedoman ini.

Setidaknya ada 7 hal yang bisa Anda lakukan kepada suami agar Anda menjadi istri yang baik. 7 hal tersebut adalah: 

1. Jangan pernah mencoba untuk mengubah suami

Istri yang baik adalah istri yang tidak mencoba mengubah jati diri suaminya. Pasalnya, jati diri dan kepribadian seseorang bukanlah hal yang mudah untuk diubah. 

Jadi jika setelah menikah Anda mencoba mengubah dirinya, maka suami pasti tidak akan merasa bahagia, atau bahkan tersakiti hatinya. Karena dengan berusaha mengubah jati diri seorang suami, maka itu tanda bahwa Anda tidak menerima suami apa adanya.

Pria dapat mengubah kebiasaan atau perilaku tertentu pada dirinya yang mungkin tidak Anda sukai, namun tentu saja selama ia bersedia melakukannya. 

Anda bisa membantu mengarahkan suami kepada hal-hal yang positif. Namun keyakinan, prinsip serta nilai hidup seseorang akan sangat sulit untuk diubah, dan dengan memaksanya, Anda justru akan membuat hatinya terluka.

Jadi, jika salah satu sikap atau sifat suami membuat Anda merasa tidak nyaman, kalian berdua dapat berusaha mengatasinya. Yang bisa Anda lakukan adalah mendukung suami, dan biarkan dia berubah dengan sendirinya, seiring dengan hubungan rumah tangga kalian yang bertambah semakin kuat.

Tapi perlu diingat, jati diri seseorang tidak akan pernah bisa diubah. Berusahalah menerima dia apa adanya dan berkompromi dengan kepribadiannya yang mungkin bertolak belakang dengan Anda.

2. Turut bahagia atas kesuksesan suami

Istri yang baik untuk suami adalah ia yang turut berbahagia atas kesuksesan yang dicapai oleh suami. 

Ketika suami mendapatkan promosi kerja, naik gaji atau mungkin melakukan sesuatu yang Anda anggap sepele seperti sukses mengganti baju anak tanpa bantuan, Anda pun harus ikut senang dan memberinya ucapan selamat. 

Anda merasa bangga atas pencapaian suami. Hal inilah yang membuat Anda jadi istri terbaik buat suami, karena sesuatu yang penting bagi suami, juga penting bagi Anda.

Jangan lupa selalu dukung apa yang yang dilakukan oleh suami. Saat ia senang, Anda juga harus ikut senang. Saat ia bersemangat, Anda juga ikut menyemangatinya. 

Baca Juga: Suami Selingkuh, Cerai atau Bertahan?

3. Jadilah sahabat terbaik bagi suami

Wajib Tahu, 7 Sifat Istri yang Baik Menurut Rasulullah

Ilustrasi istri yang baik - Image from id.pinterest.com

Bangunlah keakraban dan tunjukkan kesediaan untuk menerima kritik dan percayalah pada diri Anda sendiri bahwa hubungan Anda bisa bertahan terhadap konflik dan permasalahan yang mungkin timbul.

Nikmati momen bernostalgia dan bersenda gurau bersama. Berikan majalah atau surat kabar yang menurut Anda dapat menarik perhatian suami. 

Persahabatan harus selalu dipelihara agar kehidupan Anda selalu penuh cinta dan tawa. Pada akhirnya, suami Anda harus menjadi tempat Anda untuk berpaling.
Bukan lagi teman yang membuatnya merasa spesial, oleh karena itu jadilah orang yang paling menyenangkan bagi suami Anda. Anda harus menjadi tempat pertama yang ditujunya, ketika ingin tertawa atau menangis.

4. Menginginkan suami

Wajib Tahu, 7 Sifat Istri yang Baik Menurut Rasulullah

Ilustrasi istri yang baik - Image from id.pinterest.com

Menunjukkan pada suami bahwa Anda menginginkannya di tempat tidur, merupakan hal terbaik yang bisa dilakukan seorang istri pada suaminya.

Hal ini sangat penting bagi pasangan yang sudah menikah. Oleh sebab itu, jangan pernah menikahi orang yang tidak Anda sukai, karena hal tersebut bisa memicu bencana di tempat tidur.

Seorang istri yang baik akan selalu mengerti bahwa keinginan berhubungan intim dengan pasangan merupakan kebutuhan yang penting untuk keharmonisan rumah tangga. 

Seorang suami yang tidak bisa mendapatkan pelayanan ranjang yang baik dari pasangan, akan berubah menjadi lelaki pemarah dan bersikap dingin. Hubungan intim seharusnya menjadi hal yang menyenangkan, bukan hanya bagi suami, namun juga bagi istri.

Baca Juga: Doa Bersetubuh dalam Bahasa Arab

5. Jadilah orang yang bisa dipercaya

Banyak orang memiliki kesulitan untuk percaya kepada orang lain, bahkan pada istri sendiri. Oleh karena itu, saat suami mempercayai Anda dengan semua rahasia dan masalah yang ia hadapi, ini merupakan tanda bahwa Anda adalah partner yang ia percaya sepenuhnya.

6. Izinkan suami membantu pekerjaan Anda

Wajib Tahu, 7 Sifat Istri yang Baik Menurut Rasulullah

Ilustrasi istri yang baik - Image from id.pinterest.com

Anda telah melakukan banyak hal untuk suami, akan tetapi menjadi istri yang baik juga berarti membiarkan suami membantu pekerjaan Anda. Oleh karenanya, jangan mencegah suami saat ia ingin membantu mencuci piring, menjaga anak, ataupun membantu Anda memasak.

Menjadi istri yang baik untuk suami tidak hanya melakukan segalanya untuk dirinya, melainkan juga menjadi rekan yang berbagi beban kerja. Lebih dari itu, hal ini juga akan menguatkan ikatan emosi antara kalian berdua sebagai suami istri.

7. Terimalah kesalahan yang dilakukan bersama

Wajib Tahu, 7 Sifat Istri yang Baik Menurut Rasulullah

Ilustrasi istri yang baik - Image from id.pinterest.com

Apabila Anda ingin diterima sebagai seorang istri, maka Anda harus mampu menerima kesalahan suami serta menghargai secara tulus permintaan maafnya (selama itu tidak menyulitkan Anda). 

Apabila Anda menyimpan dendam terlalu lama, Anda tidak akan mampu menghargai hal-hal baik yang ada pada diri suami Anda. Jalan yang terbaik adalah terima permintaan maafnya dan terus melangkah daripada menyimpan dendam masa lalu.

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah, terima kesalahan yang Anda lakukan. Jangan terlalu berfokus untuk menjadi istri yang sempurna hingga ketika Anda salah, Anda tidak mampu mengakuinya.

Menjadi istri yang baik adalah impian semua wanita, karena akan membuat suami lebih mencintai dan menghargai seorang istri. 

Dua hal sederhana tersebut bisa menjadi rahasia paling ampuh dalam menjaga hubungan pernikahan. Terima suami apa adanya dan selalu jaga gairah di tempat tidur agar pernikahan awet dan langgeng. Semoga bermanfaat.

wanita
istri yang baik
istri yang baik adalah
istri yang baik untuk suami

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa