Doa Bersetubuh dalam Bahasa Arab

 21 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Bersetubuh dalam Bahasa Arab

Ilustrasi kamar suami istri - Image from pixabay.com

Bukannya dengan berdoa hubungan menjadi halal. Karena itu doa bersetubuh dalam bahasa arab ini hanya untuk suami istri saja yang sudah dalam ikatan pernikahan.

Bersenggama hanya boleh dilakukan oleh pasangan yang sudah menikah saja.

Dalam islam sendiri, melakukan hubungan suami istri hukumnya adalah wajib. Karena hal tersebut merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh suami istri. Selain berperan sebagai kewajiban, bersenggama yang dilakukan oleh pasangan suami istri juga bisa mendatangkan pahala

Islam mengajarkan agar umatnya selalu berdoa dalam segala kondisi dan semua aktivitas. Salah satunya adalah ketika akan bersenggama.

Allah SWT berfirman,

نِسَاؤُكُمْ حَرْثٌ لَكُمْ فَأْتُوا حَرْثَكُمْ أَنَّىٰ شِئْتُمْ ۖ وَقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّكُمْ مُلَاقُوهُ ۗ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِينَ

Artinya : "Isteri-isterimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman".

Lalu bagaimana lafadz niat hubungan suami istri? Berikut dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai doa bersetubuh dalam bahasa Arab.

Niat Melakukan Hubungan Suami Istri

Islam telah mengatur secara detail bagaimana cara berhubungan suami istri yang baik dan benar. Nah, sebagai makhluk yang sempurna, juga sebagai umat muslim yang taat kita harus mengikuti anjuran tersebut. Dan berikut adalah lafadz doa bersetubuh dalam bahasa Arab :

بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ جَنِّبْنِى الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

BISMILLAH ALLAHUMMA JANNIBNIS SYAITHAN WA JANNIBIS SYAITHAN MA RAZAQTANA

Artinya : "Dengan menyebut nama Allah, ya Allah, jauhkanlah syaitan dari saya, dan jauhkanlah ia dari apa yang akan Engkau rizkikan kepada kami (anak, keturunan)".

Adapun maksud dari doa ini adalah pasangan suami istri memohon supaya dijauhkan dari godaan syaitan yang dapat merusak hubungan suami istri, dan juga menjauhkan syaitan dari rezeki yang Allah berikan. Niat melakukan hubungan suami istri diatas dibaca sebelum melakukan hubungan senggama.

Disamping berdoa ketika akan berhubungan badan, suami dan istri juga harus memperhatikan adab atau tata cara bersenggama sesuai ajaran Islam, baca selengkapnya disini : Berikut Tata Cara Berhubungan Suami Istri (Berjimak) Menurut Islam 

Doa Bersetubuh Ketika Mengeluarkan Air Mani

Selain niat berhubungan suami istri yang dibaca sebelum bersenggama, ada juga doa lain yang diucapkan saat mengeluarkan air mani. Tujuan berdoa ketika mengeluarkan air mani adalah berharap agar air mani yang dikeluarkan bisa menjadi keturunan yang sholeh dan sholeha. Adapun doa ketika mengeluarkan air mani adalah :

اَللّهُـــمَّ اجْعَــلْ نُطْفَتَــنَا ذُرّ ِيَّةً طَيِّــبَةً

Allahummaj’alnuthfatna dzurriyyatan thayyibah

Artinya : "Ya Allah, semoga sperma yang kami keluarkan bisa menghasilkan keturunan yang baik".

Baca Juga : 8 Doa Pendek Agar Rumah Tangga Bahagia Lengkap Beserta Usaha yang Harus Dilakukan

Doa Setelah Melakukan Hubungan Suami Istri

Selesai melakukan hubungan suami istri, hendaknya pasangan suami istri harus berdoa dengan mengucapkan bacaan hamdalah. Selain itu, mereka juga dianjurkan untuk mengucap doa setelah melakukan hubungan badan. 

Doa tersebut ditujukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kenikmatan saat melakukan hubungan suami istri. Dan berikut lafadz doa selesai melakukan hubungan badan :

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ خَلَقَ مِنَ المْـَــاءِ بَشَـــرًا

Alhamdu lillaahi Lladzii Khalaqa Minal Maa I Basyaraa

Artinya : "Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air mani ini menjadi manusia (keturunan)".

Hal yang tidak kalah penting setelah berhubungan badan adalah melaksanakan mandi wajib, yang bertujuan untuk menghilangkan hadast besar setelah bersenggama. Agar ibadah yang suami istri laksanakan setelahnya menjadi sah.
Baca lafadz niatnya disini : Niat Mandi Wajib Beserta Latin dan Artinya

Demikian artikel tentang doa bersetubuh dalam bahasa Arab ini. Semoga bermanfaat dan semoga kita semua merupakan golongan orang-orang yang senantiasa mengamalkan doa tersebut ketika akan melaksanakan hubungan suami istri.