Awas Ada Planet yang Akan Menabrak Matahari, Baca Doa ini Agar Terhindar Bahaya

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 26 Feb 2020

Awas Ada Planet yang Akan Menabrak Matahari, Baca Doa ini Agar Terhindar Bahaya

Planet sebesar Jupiter diperkirakan akan menabrak matahari - Image from autotekno.sindonews.com

Planet bersuhu sangat tinggi yang mencapai 1000 derajat dikabarkan akan tabrak matahari

Para astronom telah meneliti ada planet sebesar Jupiter yang dikabarkan akan menabrak matahari dalam dekade mendatang. Dengan kejadian ini mengingatkan kita agar selalu berdoa. 

Karena segala bencana dan bahaya tidak akan luput dari kehidupan kita sehari-hari. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita selalu berdo'a kepada Allah SWT.

Sebuah planet besar akan berputar di sekitar matahari dengan kecepatan luar biasa dan diperkirakan akan menabrak matahari dalam dekade mendatang. Planet seukuran Jupiter berjarak 1.000 tahun cahaya dari Bumi sangat dekat dengan bintang induknya.

Planet seukuran Jupiter yang berjarak 1.000 tahun cahaya dari Bumi ini sangat dekat dengan bintang induknya.

Para astronom berasumsi bahwa planet yang dinamai NGTS-10b tersebut, memiliki paling banyak 10 tahun sebelum dihancurkan oleh kekuatan gravitasi matahari yang luar biasa besarnya.

Seperti yang dilansir dari Daily, periode orbit 18 jam tersebut termasuk waktu yang terpendek.

Dr. James McCormac, dari University of Warwick mengatakan, planet tersebut bergerak sangat cepat karena sangat dekat dengan bintangnya, atau sekitar 27 kali lebih dekat daripada Merkurius terhadap matahari.

Lebih lanjut, para astronom menyatakan bahwa akan terus mengamati planet ekstrasurya tersebut di masa depan untuk mengetahui lebih jelas apakah orbitnya stabil atau malah akan menabrak bintang.

Baca Juga: Ngeri, Belum Selesai dengan Virus Corona, China Terancam Wabah Belalang Afrika

"Kita akan dapat menggunakan NGTS untuk memantau ini lebih dari satu dekade. Jika kita bisa melihat periode orbit mulai berkurang dan planet ini mulai berputar, itu akan memberi tahu kita banyak tentang struktur planet yang kita belum ketahui," kata Daniel Bayliss, rekan McCormac.

Di sisi lain, Bayliss menyampaikan jika penemuan planet tersebut memberi kesempatan kepada para astronom untuk mengisi kekosongan informasi tentang Jupiter yang panas. 

"Segala sesuatu yang kita ketahui tentang pembentukan planet memberitahu kita bahwa planet dan bintang terbentuk pada saat yang sama," tambahnya.

"Model terbaik yang kami miliki menunjukkan bahwa bintang itu berusia sekitar 10 miliar tahun dan kami akan berasumsi bahwa planet ini juga. Entah kita melihatnya pada tahap terakhir kehidupannya, atau entah bagaimana itu bisa hidup lebih lama dari yang seharusnya," terang Bayliss.

Bayliss juga menambahkan, planet tersebut cukup langka karena memiliki suhu yang sangat tinggi yaitu mencapai 1.000 derajat celcius. Planet ini memiliki jarak 1.000 tahun cahaya dari Bumi.

Fenomena ini mengingatkan kita untuk selalu berdoa

Peristiwa NGTS-10b yang akan menabrak matahari ini, sebaiknya dijadikan sebagai pengingat bahwa apapun bisa terjadi di luar sana, hanya Allah-lah yang maha tahu.

Meskipun peristiwa tersebut sangat sulit untuk dijelaskan secara nalar dan ilmiah sekalipun.

Nah, agar terhindar dari segala musibah, hendaknya kita selalu berdo'a kepada Allah SWT.

Dan berikut doa yang harus sering kita baca agar Allah SWT menjauhkan kita dari segala mara bahaya dan juga musibah: 

بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلاَرِضِ وَلاَ فِى السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wa la fis samaa’i wahuwas sami’ul alim

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya sesuatu itu tidak berbahaya di bumi dan di langit. Dan Dia Maha Mendengar lagi Mengetahui.”

Baca Juga: Lafadz Doa Tolak Balak dalam Bahasa Arab Latin dan Artinya

Selain itu, kita juga bisa membaca doa berikut:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ, وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ, وَفَجْأَةِ نِقْمَتِكَ, وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Artinya: "Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu, dari beralihnya keselamatan (yang merupakan anugerah)-Mu; dari datangnya siksa-Mu (bencana) secara mendadak, dan dari semua kemurkaan-Mu" (HR. Muslim).

Ingat, segala bencana dan bahaya tidak akan luput dari kehidupan kita sehari-hari. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita selalu berdo'a kepada Allah SWT.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb