Lafadz Doa Tolak Balak dalam Bahasa Arab Latin dan Artinya

 22 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Lafadz Doa Tolak Balak dalam Bahasa Arab Latin dan Artinya

Ilustrasi berdoa tolak bala - Image from bandungkita.id

Tidak ada seorang pun yang menginginkan adanya musibah atau bencana yang membuat hati sedih. Namun terkadang, takdir Allah berkata lain dengan keinginan kita. Oleh karena itu, sebagai manusia biasa kita harus selalu berusaha meminimalisir bencana dan selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Malapetaka memang tidak bisa diprediksi kapan datangnya, dan bagaimana caranya. Akan tetapi dengan selalu waspada dan senantiasa berdoa kepada Allah, insya Allah Ia akan menjaga kita dari segala malapetaka.

Dalam islam, ada sebuah doa yang bernama doa tolak bala yang bisa digunakan sebagai doa agar dijauhi dari malapetaka. Lalu bagaimana lafadznya? Berikut dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang doa tolak bala dalam bahasa Arab. 

Doa Tolak Balak dan Artinya

Berikut adalah salah satu lafadz bacaan doa tolak bala dalam bahasa Arab yang dapat kita amalkan setiap hari,

اَللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّاالْغَلَآءَ وَالْبَلَآءَ وَالْوَبَآءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَآئِدَ وَالْمِحَنَ مَاظَهَرَ مِنْهَا وَمَابَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بَلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً اِنَّكَ عَلَى كُلِّى شَيْئٍ قَدِيْرٌ

ALLAAHUMMADFA' 'ANNALGHOLAA-A WALBA LAA-A WALWABAA-A WALFAHSYAA-A WALMUNKARO WASSUYUUFALMUKHTALIFATA WASY-SYA DAA-IDA WALMIHANA MAADHOHARO MINHA WAMAABAATHONA MINBALADINAA KHOSSOTAN WAMIN BULDAANILMUSLIMIINA 'AAMMA TAN INNAKA 'ALAA KULLI SYAI-IN QODIIRUN

Artinya : "Ya Allah, hindarkanlah dari kami kekurangan pangan cobaan hidup penyakit-penyakit wabah, perbuatan-perbuatan keji dan munkar, ancaman-ancaman yang beraneka ragam paceklik-paceklik dan segala ujian, yang lahir maupun batin dari negeri kami ini pada khususnya dan dari seluruh negeri kaum muslimin pada umumnya, karena sesungguhnya Engkau atas segala sesuatu adalah kuasa".

Baca Juga :
1. Baca Doa Ini Ketika Terkena Musibah
2. Amalkan Doa ini Agar Terhindar dari Fitnah
3. Doa Penangkal Guna-guna Penghambat Rezeki, Coba Terapkan ke Usaha Anda

Doa Tolak Bala Dalam Bahasa Arab

Selain doa tolak bala diatas, kita juga bisa mengamalkan doa tolak bala dan artinya yang lain. Yang mana kesemuanya mempunyai tujuan yang sama yakni meminta perlindungan kepada Allah SWT. Berikut kumpulan doa tolak bala dalam bahasa Arab,

اللهم إنا نعوذ بك من جهد البلاء و درك الشقاء و سوء القضاء و شماتة الأعداء

Allohumma Inna Na’u Dzubika Min Jahdil Bala-Iwa Darokisysyaqoo Suu-Il Qodhoo-Iwa Syamaatatil A’daa-I

Adapun isi dari doa diatas adalah memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala bala atau bencana, seperti bencana kecelakaan, kesukaran hidup, takdir yang buruk, serta berbagai keburukan lainnya.

Atau kita juga bisa dengan mengamalkan doa tolak bala dalam bahasa Arab yang diajarkan oleh Rasulullah SAW berikut,

لّٰهُمَّ بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ وَسِرِّ الْفَاتِحَةِ يَا فَارِجَ الْهَمِّ وَيَاكَاشِفَ الْغَمِّ، يَامَنْ لِعِبَادِهِ يَغْفِرُوَيَرْحَمُ، يَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَا اَللّٰهُ، وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحْمٰنُ وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحِيْمُ وَ صَلَّى اللَّهُ وَسَلَّمَ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Allohumma bihaqqil Fatihah, Wasirril fatihah, Yaa Faarijal hamma, wa Yaa kasyifal ghomma, Yaa Man li ibaadihi yaghfiru wa yarham, Yaa dafi’al bala-i Yaa Allah, wa Yaa dafi’al bala-i Ya rohman wa Yaa dafi’al bala-i Yaa Rohiim. wa sholallohu wa sallama ‘ala khoiri kholqihi Syyidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma’in Subhaana robbika robbil izzati amma yashifun Wasalamun ‘alal mursalin walhamdulillahi robbil ‘alamiin.

Terjemahan doa wasiat Nabi di atas antara lain adalah memohon berkat dari kebenaran Al-Fatihah karena rahasia Al-Fatihah yang sangat luar biasa. Manusia hendaknya percaya kepada Allah yang mampu membedah hati yang gelisah, menyingkap kebingungan karena hanya Allah-lah yang mengampuni dan mengasihi semua hambanya. Karena Dia jugalah zat yang mampu menolak bala dari berbagai macam jenis bala. Semoga salam serta shalawat tercurah kepada Muhammad sebagai Rasulnya orang-orang mukmin dan para sahabatnya. Dan semoga keselamatan dilimpahkan kepada para Rasull Allah, serta segala puji bagi Tuhan semesta Alam.

Demikian artikel tentang doa tolak bala dalam bahasa Arab ini, semoga dapat bermanfaat. Dan semoga kita semua senantiasa dapat mengamalkannya sehari-hari.