Raup Keuntungan Jutaan Rupiah Dengan Usaha Juice Buah

 06 Jan 2020  Isfatu Fadhilatul

Raup Keuntungan Jutaan Rupiah Dengan Usaha Juice Buah

Ilustrasi usaha juice buah - Image from id.pinterest.com

Raup Keuntungan Jutaan Rupiah Dengan Usaha Juice Buah Ingin memulai usaha? Yuk, coba usaha juice buah!

Tahun baru harusnya bisnis baru dong? Yap, zaman sekarang semua hal bisa dijadikan sebagai lahan berbisnis. 

Diantara bisnis yang paling minim resiko adalah bisnis kuliner, salah satunya yaitu juice buah. Nah, buat kamu yang ingin memulai usaha juice buah, ketahui dulu analisa dan modal usahanya berikut ini.

Baca Juga :
1. 12 Inspirasi Gerobak Jualan yang Unik, Dijamin Bikin Dagangan Laris Manis!
2. Inilah 5 Ide Bisnis Jual Makanan Online yang Paling Laris
3. 7 Tips dan Desain Kartu Nama Bisnis Ini Akan Membuat Bisnis Kamu Berkembang Pesat

Usaha Juice Buah

Siapa sih yang nggak mau memulai usaha dengan modal yang kecil? Ya, usaha juice buah merupakan salah satu usaha yang membutuhkan modal sedikit, yaitu sekitar Rp. 500 hingga Rp. 700 ribu saja.

Selain itu, bahan baku usaha juice buah segar sangat mudah di temukan di pasaran dengan harga yang relatif murah, terlebih jika sedang musim panen. Meskipun begitu, keuntungan yang didapat dari bisnis ini mencapai 150% hingga 300%.

Alat yang dibutuhkan pun cukup sedikit, yaitu hanya blender dan beberapa wadah saja, apabila dijumlahkan harganya tidak sampai jutaan rupiah.

Biasanya, jus buah cepat laku jika dijual di pagi hari hingga sore hari, terlebih apabila dipasarkan di kawasan tropis seperti Indonesia. Nah, untuk kamu yang ingin memulai usaha, ketahui analisa dan peluang usaha juice buah berikut ini.

1. Target pasar

Konsumen usaha es juice buah meliputi segala usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Hal ini karena buah mengandung banyak vitamin dan gizi lainnya yang sangat bagus untuk anak-anak.

Selain itu, orang tua dan lansia yang umumnya mengalami penurunan daya tahan tubuh dan yang mengalami masalah kesehatan tertentu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jus buah.

Oleh karena itu, ramainya konsumen ini menjadikan usaha juice buah menjadi salah satu usaha yang menjanjikan dan minim resiko.

2. Tempat usaha

Raup Keuntungan Jutaan Rupiah Dengan Usaha Juice Buah

Tempat usaha juice buah - Image from id.pinterest.com

Kamu bisa menjalankan usaha juice buah kemasan tanpa khawatir mengeluarkan modal tambahan untuk menyewa tempat.

Pasalnya, untuk memulai bisnis ini kamu bisa memanfaatkan halaman rumah ataupun tempat lainnya yang strategis. Terlebih lagi apabila lokasi rumahmu dekat dengan kampus, sekolah, perkantoran, tempat wisata, dan jalan raya.

Untuk menyiapkan tempat usaha jus buah, kamu tidak membutuhkan ruang yang luas. Cukup dengan ruangan atau lokasi yang berukuran 2 x 2 meter saja, kamu sudah bisa memulai usaha ini.

3. Peralatan

Seperti yang sudah disebutkan diatas, peralatan untuk membuat bisnis ini tidaklah banyak. Kamu hanya membutuhkan peralatan antara lain :

  • Gelas
  • Pisau
  • Meja dan kursi
  • Wadah untuk gula
  • Wadah untuk air putih
  • Capit es batu
  • Termos es
  • Etalase untuk menaruh buah

Tahukah kamu, konsumen lebih menyukai outlet jus yang menyediakan berbagai macam rasa jus? Oleh karena itu, jangan lupa sediakan juga berbagai macam buah segar yang dapat dijadikan jus, tata dengan rapi di etalase agar semakin meningkatkan look.

Nah, untuk buahnya sendiri, kamu bisa membelinya langsung di pasar tradisional atau di supermarket. Usahakan selalu update harga pasar agar kamu bisa mengetahui harga terbarunya.

Oh iya, kamu juga bisa kok menjalin kerjasama dengan penjual buah–buahan di pasar atau dengan para petani buah langsung, hal ini tentu saja agar kamu bisa memperoleh potongan harga dari para pedagang buah.

4. Kelebihan usaha juice buah

Raup Keuntungan Jutaan Rupiah Dengan Usaha Juice Buah

Usaha juice buah - Image from id.pinterest.com

Usaha juice buah merupakan pilihan yang sangat cemerlang sebagai start-up usaha, hal ini karena usaha tersebut dilakukan dengan modal yang kecil namun membawa keuntungan yang sangat besar.

Usaha juice buah tidak membutuhkan modal yang bikin kantong bolong, selain itu banyaknya pengusaha yang membuka kerja sama usaha jus buah akan semakin memudahkan kamu yang belum memiliki banyak pengetahuan tentang peluang bisnis, khususnya bisnis minuman jus.

5. Kekurangan usaha juice buah

Meskipun memiliki berbagai kemudahan, tetap saja usaha ini memiliki tantangan tersendiri. Adapun kendala menjalankan usaha ini adalah musim penghujan.

Yap, ketika musim hujan, penjualan jus buah mengalami kemerosotan, hal ini karena minat konsumen untuk membeli minuman dingin berkurang.

Selain itu, pada musim penghujan bahan baku buah segar juga cepat busuk, kamu disarankan untuk selalu menyesuaikan stok buah sesuai dengan kebutuhan sehari saja. Sehingga untuk berjualan hari berikutnya, kamu menggunakan buah yang baru.

6. Strategi usaha juice buah

Raup Keuntungan Jutaan Rupiah Dengan Usaha Juice Buah

Strategi usaha juice buah - Image from id.pinterest.com

Promosi ketika memulai usaha jus buah ini bisa dilakukan dengan cara offline dan online. Adapun cara offline kamu bisa melakukan dengan cara menyebarkan brosur di sekitar tempat usaha.

Selain itu, kamu juga bisa membuat spanduk atau banner berisi aneka macam jus yang dijual. Semakin menarik desain banner yang kamu buat, semakin banyak konsumen yang tertarik untuk mampir membeli produkmu.

Sedangkan untuk cara online, kamu bisa membuat postingan di social media seperti facebook atau instagram untuk mempromosikan juice buahmu.

Sebagai langkah awal, kamu bisa menggunakan kata-kata promosi seperti buy 2 get 1 free, hal ini bertujuan untuk menciptakan calon pelanggan.

Nah, untuk kemasannya sendiri, usahakan kamu membuat kemasan yang tidak polos, kamu bisa menggunakan desain unik agar juice buah buatanmu laris manis. Sebagai contoh, perhatikan gambar dibawah ini. 

Raup Keuntungan Jutaan Rupiah Dengan Usaha Juice Buah

Kemasan jus buah - Image from id.pinterest.com

Raup Keuntungan Jutaan Rupiah Dengan Usaha Juice Buah

Kemasan jus buah - Image from id.pinterest.com

Raup Keuntungan Jutaan Rupiah Dengan Usaha Juice Buah

Kemasan jus buah - Image from id.pinterest.com

Raup Keuntungan Jutaan Rupiah Dengan Usaha Juice Buah

Kemasan jus buah - Image from id.pinterest.com

Selain itu, kamu juga harus menjaga kualitas rasa yang enak, karena hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga mereka akan menjadi pelanggan setia yang selalu membeli juice buah ke outlet jus buah milikmu.

7. Kunci sukses usaha juice buah

Keberhasilan usaha jus buah ini ditentukan pada keanekaragaman jenis buah-buahan yang kamu sediakan untuk dijadikan juice buah.

Jangan pernah menggunakan pemanis buatan, karena konsumen akan tahu perbedaan rasa dari pemanis asli dan pemanis buatan. Jadi, selalu gunakan gula asli dalam menjalankan usaha jus buah.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan menu lainnya seperti cookies atau makanan ringan di tempat usaha jus buah tersebut. Agar suasana tempat usaha tidak terlalu sepi, kamu bisa memutarkan lagu-lagu yang sedang hits agar konsumen menjadi betah dan menjadi pelanggan setia.

Modal Usaha Juice Buah

Berikut besarnya modal dan laba yang akan kamu dapatkan dari usaha juice buah.

1. Analisa ekonomi


Asumsi
Memanfaatkan halaman rumah sebagai lokasi usaha.
Meja dan kursi rumah bisa dijadikan perlengkapan pendukung.

2. Modal awal

Blender Rp. 300.000,00
Peralatan (gelas plastik, pisau, capit, dll) Rp. 200.000,00
Total = Rp. 500.000,00

3. Penyusutan

Biaya penyusutan alat selama pemakaian 1 tahun
= 1/12 x Rp. 500.000,00
= Rp. 41.700,00

4. Biaya operasional

Biaya operasional dalam jangka waktu 1 bulan (30 hari)

Bahan buah segar (Rp. 100.000,00 x 30) = Rp. 3.000.000,00
Gula, es batu, susu (Rp 50.000,00 x 30) = Rp. 1.500.000,00
Perlengkapan (gelas plastik, sedotan, dll) Rp. 500.000,00
Listrik Rp. 100.000,00
Promosi dan transport Rp. 200.000,00
Biaya penyusutan alat Rp. 150.000
Total = Rp. 5.450.000,00

5. Omset per bulan

Omset per hari (40 gelas x @ Rp 8.000) = Rp. 320.000,00
Omset per bulan (Rp 320.000,00 x 30) = Rp. 9.600.000,00

6. Keuntungan per bulan

Rp 9.600.000,00 - Rp. 5.450.000,00
Rp 4.150.000,00

7. Lama balik modal

Modal awal : Laba per bulan = < 1 bulan

Nah, lumayan banget kan keuntungannya? Ayo berbisnis sekarang!