Analisa dan Peluang Usaha Sepatu Lukis yang Menjanjikan

 06 Jan 2020  Isfatu Fadhilatul

Analisa dan Peluang Usaha Sepatu Lukis yang Menjanjikan

Sepatu lukis - Image from id.pinterest.com

Analisa dan Peluang Usaha Sepatu Lukis yang Menjanjikan Ingin memulai usaha? Coba bisnis sepatu lukis!

Selera anak muda terhadap dunia fashion kini semakin meningkat, dan hal ini bisa kita gunakan sebagai ladang usaha. 

Yap, alih-alih membuat bisnis pakaian seperti baju dan jaket, kamu bisa mencoba bisnis sepatu lukis. Berikut selengkapnya. 

Baca Juga :
1. Cara Mudah Berjualan di Shopee untuk Pemula
2. Ternyata Mudah dan Anti Ribet, Begini Cara Jualan di Lazada
3. 7 Tips dan Desain Kartu Nama Bisnis Ini Akan Membuat Bisnis Kamu Berkembang Pesat

Sepatu Lukis

Tahukah kamu, selera anak muda jaman sekarang adalah barang-barang yang unik loh? Sebut saja totebag dengan berbagai desain dan tentu saja sepatu lukis.

Ya, sesuai namanya, sepatu lukis adalah sepatu dengan desain lukisan yang menarik yang mencerminkan gaya anak muda zaman sekarang.

Inovasi hadirnya sepatu lukis ini berawal dari keinginan para anak muda yang gemar dengan kreasi unik, disamping itu, mereka juga merasa bosan dengan model sepatu yang itu-itu saja.

Nah, dengan hadirnya produk sepatu lukis ini, mereka bisa mengekspresikan diri melalui gambar dan lukisan yang ada di sepatu tersebut. Buat kamu yang ingin memulai usaha sepatu lukis, ketahui dulu analisanya berikut ini.

1. Konsumen

Analisa dan Peluang Usaha Sepatu Lukis yang Menjanjikan

Ilustrasi konsumen - Image from kios.grab.com

Sejak awal mendirikan usaha sepatu lukis ini, target utamanya adalah kalangan anak muda. Hal ini karena anak muda pasti suka dengan style yang santai dan bebas dengan kreasi yang unik dan menarik.

Namun jika kamu ingin bisnis semakin berkembang, kamu juga bisa menarget konsumen anak-anak dengan membuat sepatu lukis anak yang mempunyai desain lucu dan unik, misalnya seperti sepatu lukis doraemon dan spongebob.

Dengan hadirnya sepatu lukis, konsumen bisa memesan sepatu lukis dengan gambar yang sesuai dengan keinginan mereka. Oleh karena itu tak heran jika produk ini akan laris manis di pasaran. 

2. Info produk

Analisa dan Peluang Usaha Sepatu Lukis yang Menjanjikan

Info produk sepatu lukis - Image from id.pinterest.com

Umumnya, sepatu lukis terbuat dari bahan kain kanvas, jadi bisa dengan mudah dilukis menggunakan cat untuk menghasilkan gambar yang menarik.

Kamu bisa melayani konsumen dengan dua cara, yang pertama yaitu konsumen membeli langsung produk sepatu lukis yang ready stock atau yang sudah kamu desain sendiri sebelumnya.

Atau menggunakan cara yang kedua yaitu melayani konsumen yang memesan sepatu lukis custom atau sepatu dengan gambar tertentu sesuai permintaan mereka.

3. Harga

Analisa dan Peluang Usaha Sepatu Lukis yang Menjanjikan

Ilustrasi harga sepatu lukis - Image from id.pinterest.com

Harga yang ditawarkan untuk satu pasang sepatu lukis harusnya cukup terjangkau untuk para pelajar dan mahasiswa. Hal ini karena menyesuaikan harga dengan target konsumen utama yang berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa yang gemar dengan fashion dengan desain yang unik.

Untuk kisaran harga sepatu, kamu bisa membanderol dengan harga Rp. 100 ribu hingga Rp. 200 ribu. Harga ini pastinya disesuaikan dengan tingkat kesulitan desain, banyaknya warna yang digunakan, serta model sepatu yang dilukis.

Misalnya sepatu lukis batik yang membutuhkan desain dan pola yang sulit, kamu bisa membandrol harga Rp. 150 ribu. Atau sepatu lukis dengan desain warna pattern yang mempunyai desain sederhana dan pemakaian warna yang relatif sedikit, kamu bisa membandrolnya dengan kisaran harga Rp. 100 ribu.

4. Pemasaran

Analisa dan Peluang Usaha Sepatu Lukis yang Menjanjikan

Memasarkan sepatu lukis - Image from jalanbisnis.com

Pemasaran bisnis sepatu lukis dapat dilakukan dengan cara offline maupun online. Adapun metode offline bisa kamu lakukan dengan cara :

  • Menitipkan produk sepatu lukis ke beberapa toko sepatu

  • Menitipkan produk ke beberapa factory outlet yang menjual barang–barang fashion anak muda. 

  • Menitipkan produk di toko oleh-oleh. Tapi ingat, sebaiknya kamu mendesain sepatu tersebut dengan corak dan ciri khas tempat wisata tersebut. Misalnya seperti ini, kamu berencana membuat sepatu lukis Jogja, maka kamu bisa mendesain sepatu itu dengan lukisan gambar candi, batik, atau hal-hal lainnya yang mencerminkan kota Jogja.

Kamu juga bisa memperluas pasar dengan cara membuka toko online. Nggak usah bingung, kamu bisa membuka toko gratis di beberapa platform terkenal seperti Shopee atau Tokopedia.

Dengan platform tersebut, kamu bisa menjual sepatu lukis hingga ke luar kota bahkan ke luar negeri. Jangan lupa, cantumkan deskripsi yang lengkap.

Hashtag juga nggak kalah penting, agar konsumen semakin mudah untuk menemukan produkmu. Misalnya kamu membuka bisnis sepatu lukis Bekasi, kamu bisa menambahkan hashtag seperti #sepatulukisbekasi dan #sepatulukismurah. Selain itu, kamu juga bisa memasang iklan melalui :

  • Media online seperti google ataupun facebook.
  • Media cetak seperti majalah atau koran.
  • Media elektronik seperti radio.

Selain meningkatkan jumlah pelanggan, kamu juga bisa sekaligus mencari para agen atau reseller untuk membantu memasarkan produk sepatu lukismu.

Beberapa event dan pameran juga bisa menjadi sebuah peluang loh! Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengikuti pameran UKM, karena acara ini berguna untuk mengenalkan produk sepatu lukis buatanmu kepada khalayak ramai.

5. Cara membuat

Analisa dan Peluang Usaha Sepatu Lukis yang Menjanjikan

Membuat sepatu lukis - Image from id.pinterest.com

Tahap-tahap membuat sepatu lukis bisa dibilang mudah kok, terlebih apabila kamu memang seseorang yang gemar menggambar atau mendesain. Selain itu, kamu juga tidak membutuhkan bantuan mesin, sehingga bisa menekan biaya produksi. Dan berikut cara mudah membuat sepatu lukis :

  • Bersihkan sepatu, pastikan sepatu yang akan dilukis bebas dari kotoran dan debu yang menempel.
  • Berikan warna dasar atau warna background.
  • Bentuk pola sesuai motif, jangan takut salah, karena jika kamu membuat kesalahan ketika melukis, kamu bisa dengan mudah memperbaikinya dengan cara mengecat ulang bagian yang salah dengan warna sebelumnya.
  • Mulai melukis atau memberikan warna di sketsa tersebut menggunakan cat acrylic dan kuas kecil. Kamu bisa mencampur cat dengan sedikit air agar mempermudah dalam melukis.
  • Keringkan sepatu yang telah dilukis di bawah sinar matahari, lampu pijar atau jika ingin proses lebih cepat, kamu bisa menggunakan hairdryer.

Analisa Ekonomi

Nah, setelah mengetahui analisa bisnis sepatu lukis, maka langkah selanjutnya adalah menentukan alokasi biaya.

1. Modal Awal

Peralatan:
Rak sepatu Rp. 1.000.000,00
Meja dan kursi workshop Rp. 500.000,00
Kursi tamu Rp. 300.000,00
1 unit komputer + modem Rp. 3.500.000,00
Jumlah = Rp. 5.300.000,00

2. Penyusutan

Masa pakai 4 tahun.
Nilai residu Rp. 500.000,00.
Penyusutan per tahun = (Rp. 5.300.000 – Rp. 500.000) : 4 = Rp. 1.200.000,00
Penyusutan per bulan = Rp. 100.000,00

3. Perlengkapan

Kantong plastik Rp. 30.000,00
Alat tulis Rp. 30.000,00
Jumlah = Rp. 60.000,00

4. Bahan Baku

20 sepatu kanvas polos Rp. 1.000.000,00
Cat akrilik Rp. 200.000,00
Satu set kuas nomor 1-10 Rp. 100.000,00
Jumlah = Rp. 1.300.000,00

4. Biaya Operasional

Listrik, telpon, dan air Rp. 200.000,00
Gaji pegawai Rp. 500.000,00
Biaya perlengkapan Rp. 60.000,00
Biaya bahan baku Rp. 1.300.000,00
Penyusutan peralatan Rp. 100.000,00
Jumlah = Rp. 2.160.000,00

5. Omset per bulan

Pendapatan: Rp. 150.000,00 x 20 = Rp. 3.000.000,00

Laba per Bulan: (Rp. 3.000.000,00 - Rp. 2.160.000,00) = Rp. 840.000,00

Tren sepatu lukis sekarang ini sedang bagus, dengan begitu inovasi usaha sepatu lukis pun semakin terbuka lebar. Inilah kesempatan emas bagi kamu untuk menyalurkan hobi sekaligus berbisnis. Jangan khawatir, kamu yang masih mahasiswa pun bisa menggeluti usaha ini di waktu senggang. Ayo mulai berbisnis!