7 Obat Sakit Perut Alami yang Ampuh Sesuai Penyebabnya

03 Jan 2020 Isfatu Fadhilatul

7 Obat Sakit Perut Alami yang Ampuh Sesuai Penyebabnya

Ilustrasi sakit perut - Image from id.pinterest.com

Obat Sakit Perut Alami yang Ampuh Sesuai Penyebabnya Cari tahu berbagai macam obat sakit perut alami disini.
Sakit perut merupakan keluhan yang biasa dialami oleh banyak orang. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan perut terasa sakit, misalnya karena faktor makanan, masuk angin, dan lain sebagainya. 

Agar tidak sampai mengganggu aktivitas, atasi sakit perut dengan obat sakit perut alami berikut ini. 

Baca Juga :
1. Obat Gusi Bengkak Ala Rumahan dan Resep Medis
2. Obat Mujarab Sariawan di Lidah yang Alami
3. 10 Manfaat Daun Tin Untuk Tubuh dan Kecantikan

Obat Sakit Perut

Sakit perut merupakan hal lumrah yang dapat dialami oleh semua orang pada suatu waktu. Sakit perut bukanlah masalah serius yang membutuhkan pertolongan medis, karena penyebab serta gejalanya akan pulih dengan cepat apabila Anda tahu bagaimana cara mengelolanya dengan efektif.
Salah satu caranya yaitu dengan mengetahui bagaimana cara mengatasi sakit perut. Tahukah Anda, sakit perut bisa diatasi secara alami lho? Solusi alami ini bisa Anda temukan di dapur, karena bahan tersebut sering digunakan sebagai bahan dan bumbu dapur.
Selain murah meriah dan mudah didapat, bahan alami juga minim efek samping, sehingga aman digunakan untuk segala usia. Dan berikut beberapa bahan alami yang bisa Anda coba di rumah ketika Anda mengalami sakit perut.
1. Peppermint 

7 Obat Sakit Perut Alami yang Ampuh Sesuai Penyebabnya

Peppermint - Image from id.pinterest.com

Peppermint merupakan salah satu obat sakit perut anak yang patut dicoba. Terlebih peppermint mengandung mentol, yaitu salah satu kandungan yang berperan sebagai analgesik alami.
Kandungan menthol pada peppermint dipercaya mampu mengatasi rasa mual, menjaga kesegaran nafas hingga membantu meringankan sakit perut. Tak hanya itu saja, peppermint juga memiliki efek yang membantu untuk menenangkan otot-otot perut.
Anda bisa mengaplikasikan peppermint sebagai obat sakit perut dengan berbagai cara, misalnya seperti menambahkannya ke dalam secangkir teh panas, mencampurnya dalam resep makanan, atau bisa juga dengan cara mengunyah daun peppermint secara langsung.
2. Yoghurt

7 Obat Sakit Perut Alami yang Ampuh Sesuai Penyebabnya

Yoghurt - Image from id.pinterest.com

Obat sakit perut anak selanjutnya adalah yogurt. Yap, yogurt yang biasanya digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ini, ternyata juga bermanfaat untuk membantu meringankan ketidaknyamanan terhadap sistem pencernaan.
Ketika si Kecil mengkonsumsi yogurt, tanpa disadari probiotik akan terdorong dan menjadikannya lebih berkualitas. Oleh karena itu, yogurt merupakan salah satu pilihan terbaik agar sakit perut bisa segera diatasi.
Si Kecil bisa mengkonsumsi yogurt setiap hari, tapi ingat ya Bun, tidak perlu memberikan tambahan gula. Yogurt juga harus diimbangi dengan makanan sehat lainnya agar efektif membantu meredakan sekaligus mencegah terjadinya sakit perut terulang lagi.
3. Jahe

7 Obat Sakit Perut Alami yang Ampuh Sesuai Penyebabnya

Jahe - Image from id.pinterest.com

Jahe merupakan salah satu obat sakit perut melilit yang paling efektif, hal ini karena jahe mempunyai kandungan anti peradangan alami yang dipercaya mampu meringankan rasa sakit pada perut.
Untuk mengobati sakit perut, Anda bisa mengunyah sedikit jahe atau memasukkan beberapa potong jahe segar ke dalam secangkir teh hangat. Jika tidak mau repot, Anda juga bisa menggunakan produk suplemen yang mengandung jahe sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi.
4. Minyak jarak

7 Obat Sakit Perut Alami yang Ampuh Sesuai Penyebabnya

Minyak jarak - Image from id.pinterest.com

Minyak jarak merupakan bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat sakit perut sebelah kanan yang biasanya disebabkan oleh radang usus buntu.
Selain itu, minyak jarak juga bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Ingat ya, minyak jarak tidak boleh diminum. Anda bisa menggunakan minyak jarak sebagai obat sakit perut sebelah kanan dengan cara menempelkannya di perut sebagai kompres hangat.
Berikut cara menggunakan minyak jarak sebagai obat sakit perut akibat usus buntu :

  • Siapkan minyak jarak, botol air hangat, baskom, handuk bersih, dan satu lembar plastik.
  • Tuang minyak jarak ke dalam baskom.
  • Celupkan sebagian kain handuk ke dalam baskom.
  • Letakkan kain handuk yang sudah dibasahi ke area yang mengalami nyeri. 
  • Letakkan plastik di atasnya.
  • Letakkan botol air hangat di atas plastik.
  • Diamkan selama 20 menit.
  • Bersihkan tubuh yang terkena minyak dengan larutan baking soda dan air.

5. Biji adas

7 Obat Sakit Perut Alami yang Ampuh Sesuai Penyebabnya

Biji adas - Image from id.pinterest.com

Biji adas merupakan salah satu obat sakit perut sebelah kiri yang cukup efektif. Adas sendiri merupakan rempah terbaik yang berfungsi untuk mengobati sakit perut, perut kenyang dan gangguan pencernaan lainnya.
Mengunyah beberapa biji adas merupakan cara efektif untuk mengurangi sakit perut sebelah kiri, sekaligus mempermudah cara kerja pencernaan dan menenangkan ketidaknyamanan di perut.
6. Aloe vera

7 Obat Sakit Perut Alami yang Ampuh Sesuai Penyebabnya

Aloe vera - Image from id.pinterest.com

Aloe vera atau lidah buaya juga memiliki khasiat sebagai obat sakit perut sebelah kiri. Bahan alami ini dipercaya mampu meringankan sakit perut serta mengatasi wasir. Oleh karena itu, mengkonsumsi jus lidah buaya secara teratur, dapat membantu mengobati sakit perut sebelah kiri, baik di bagian bawah maupun di bagian atas.
7. Cuka sari apel

7 Obat Sakit Perut Alami yang Ampuh Sesuai Penyebabnya

Cuka sari apel - Image from id.pinterest.com

Cuka sari apel merupakan obat alami yang sudah lama digunakan untuk mengatasi sakit perut. Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana bisa cuka sari apel yang sangat asam ini bisa membantu mengatasi sakit perut?
Ya, sebenarnya belum ada penelitian medis yang lebih lanjut mengenai manfaat cuka sari apel, sehingga belum banyak orang yang mengetahuinya.
Namun ada sebuah teori yang mengatakan bahwa cuka sari apel berperan sebagai versi lemah dari asam yang ditemukan di dalam perut, yang mampu menyeimbangkan produksi asam di lambung.
Cuka sari apel juga bisa membantu memecah lemak yang biasanya menyebabkan gangguan pencernaan. Kandungan di dalamnya dapat membantu membersihkan kotoran di usus, mencuci bakteri jahat, dan mengeluarkan bakteri tersebut dari sistem pencernaan, sekaligus menjaga bakteri baik yang sehat di dalam tubuh.
Minumlah satu sendok cuka apel setiap hari sebagai tindakan pencegahan sakit perut. Apabila Anda merasa rasa cuka terlalu kuat, Anda bisa mencampurkan beberapa sendok cuka sari apel ke dalam satu gelas air dan satu sendok teh madu, kemudian minum perlahan-lahan.
Nah, itulah beberapa obat sakit perut alami yang bisa Anda gunakan setiap kali Anda mengalami sakit perut. Semoga bermanfaat.

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa