Dijamin Ampuh Obat Radang Tenggorokan Alami dan Resep Dokter 

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 24 Jan 2020

Dijamin Ampuh Obat Radang Tenggorokan Alami dan Resep Dokter 

Ilustrasi radang tenggorokan - Image from id.pinterest.com

Ketahui obat radang tenggorokan alami dan resep dokter berikut ini.

Sakit tenggorokan bisa jadi merupakan pertanda awal dari pilek, flu, efek samping dari pita suara yang menegang, atau adanya indikasi dari sesuatu yang lebih serius, misalnya seperti radang tenggorokan. 

Nah, terlepas dari apapun penyebabnya, sakit tenggorokan bisa benar-benar menyulitkan serta membuat Anda jadi tidak nyaman. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui obat radang tenggorokan berikut ini. 

Obat Radang Tenggorokan Alami yang Ampuh

Radang tenggorokan biasanya ditandai dengan gejala sakit tenggorokan. Gejala ini paling sering disebabkan oleh infeksi virus, dan sebagian kecil lagi disebabkan oleh bakteri. 

Selain itu, merokok baik rokok biasa maupun rokok elektrik, serta polusi udara juga dapat memicu iritasi yang menyebabkan radang tenggorokan. Penyebab radang tenggorokan lainnya berupa reaksi alergi, hingga refluks asam lambung.

Radang tenggorokan memang akan membuat Anda tidak nyaman, selain suara menjadi hilang, radang tenggorokan juga bisa menyebabkan nyeri ketika menelan makanan dan minuman.

Tapi jangan khawatir, Anda bisa menggunakan obat radang tenggorokan alami berikut ini. Selain itu, obat-obatan yang bisa Anda dapatkan di apotek terdekat juga bisa jadi obat radang tenggorokan.

Dan berikut cara alami yang bisa digunakan sebagai obat radang tenggorokan.

1. Perbanyak minum air putih

Salah satu obat radang tenggorokan dewasa adalah memperbanyak minum air putih. Ya, kekurangan cairan atau dehidrasi bisa memperparah radang tenggorokan. 

Oleh karena itu, minumlah air putih 8 gelas setiap hari, Anda juga dapat mengonsumsi minuman hangat seperti campuran teh lemon dan madu, agar tenggorokan terasa lebih nyaman

2. Mengkonsumsi makanan lembut

Ketika Anda mengalami radang tenggorokan, untuk sementara pilihlah jenis makanan yang lembut dan tidak mengganggu atau melukai tenggorokan Anda yang sedang meradang. Misalnya seperti sup, bubur ayam dan nasi tim. 

Selain itu, Anda juga bisa memberikan si Kecil sup hangat yang mengandung lebih banyak kuah dibanding isi, sebagai obat radang tenggorokan untuk bayi. Tapi ingat ya, pastikan makanan tersebut tidak terlalu panas ketika dikonsumsi.

3. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dipercaya mampu membantu mengurangi keluhan radang tenggorokan. Lakukan cara ini pada tenggorokan (gargle) 2 hingga 3 kali dalam sehari, gunakan campuran setengah cangkir air putih dan seperempat sendok garam. 

Anda juga bisa mencampurkan garam dengan cuka apel, caranya sama saja, yaitu cukup campurkan 1 sdm cuka apel dengan 2 sdt garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat.

Ingat ya, hindari melakukan pengobatan ini pada anak-anak yang masih terlalu kecil, atau anak yang belum mampu meludah.

4. Menghirup udara lembab

Salah satu obat radang tenggorokan untuk anak adalah biarkan ia menghirup udara yang lembab. Hal ini karena udara lembab pada saluran napas bagian atas, akan membantu membersihkan lendir-lendir dan cairan akibat peradangan. 

Anda bisa menggunakan air humidifier atau alat pelembab udara yang ditaruh di kamar anak. Selain itu, hindari pula terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC.

5. Jangan terlalu banyak bersuara

Obat radang tenggorokan dewasa selanjutnya adalah jangan terlalu banyak berbicara. Ya, penggunaan pita suara secara berlebihan bisa memperparah radang tenggorokan Anda. 

Oleh karena itu, agar radang tenggorokan cepat sembuh, maka minimalkan penggunaan pita suara dengan kurangi berbicara, setidaknya hindarilah bersuara keras-keras.

6Berhenti merokok

Apabila Anda seorang perokok, disarankan untuk segera menghentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya, berhenti merokok akan memberikan efek positif terutama jika radang tenggorokan yang Anda alami disebabkan oleh infeksi. Selain itu, berhenti merokok juga akan mempercepat pengobatan yang dilakukan.

7. Permen pelega tenggorokan (lozenge)

Beberapa permen pelega tenggorokan yang dijual bebas di pasaran bisa jadi salah satu obat radang tenggorokan. 

Biasanya, permen pelega tenggorokan tersebut mengandung ekstrak menthol, peppermint, atau eucalyptus. Bahan-bahan ini bisa memberikan efek sejuk dan juga mati rasa sejenak pada jaringan tenggorokan Anda. 

Hal ini karena ketiga bahan tersebut mengandung anti peradangan, antibakteri, dan antivirus sehingga cocok dijadikan sebagai obat tenggorokan sakit guna mendorong proses penyembuhan.

8. Kumur air kunyit

Kunyit merupakan bahan yang kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk memerangi banyak kondisi serius, termasuk radang tenggorokan.

Untuk meredakan radang tenggorokan, campurkan 1/2 sdt kunyit bubuk dengan 1/2 sdt garam ke dalam secangkir air hangat, kumur-kumur selama beberapa detik. Ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari agar dapat bekerja lebih optimal.

9. Kayu manis campur madu

Kayu manis memiliki sifat antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya. Artinya, kayu manis bisa membantu mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan peradangan pada tenggorokan. 

Cukup tambahkan satu sdt bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas. Kemudian campurkan dengan 2 sdt teh madu. Selama minuman ini masih panas, hirup uap airnya, dan setelah airnya sudah menghangat, Anda bisa langsung mengkonsumsinya. Minum ramuan alami ini 2-3 kali sehari selama seminggu untuk hasil terbaik.

    Baca Juga :
    1. Obat Gusi Bengkak Ala Rumahan dan Resep Medis
    2. Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi Secara Cepat
    3. Obat Mujarab Sariawan di Lidah yang Alami

    Obat radang tenggorokan apotik

    Dijamin Ampuh Obat Radang Tenggorokan Alami dan Resep Dokter 

    Ilustrasi obat radang tenggorokan - Image from id.pinterest.com

    Selain cara alami, Anda juga bisa menggunakan obat-obatan medis yang bisa didapatkan dari apotek tanpa ataupun dengan resep dokter. 

    Umumnya, obat radang tenggorokan untuk anak di apotik haruslah obat yang mengandung pereda nyeri, memiliki efek anestetik, antibakteri, dan membantu dalam memperkuat sistem imun tubuh. Obat-obat tersebut antara lain:

    1. Acetaminophen

    Obat acetaminophen berfungsi untuk meredakan rasa sakit ringan hingga tingkat sedang. Misalnya, seperti sakit kepala, batuk, pilek, flu, radang tenggorokan, sakit gigi, sakit punggung, dan juga kram perut saat menstruasi. 

    Untuk menggunakan obat ini, ikuti petunjuk penggunaan yang ada dalam kemasan atau sesuai dengan anjuran dokter.

    Pilihlah produk acetaminophen khusus untuk anak sebagai obat radang tenggorokan untuk anak. Sebaiknya, gunakan berat badan atau umur anak sebagai patokan dosis penggunaan obat.

    2. Ibuprofen

    Ibuprofen merupakan obat anti inflamasi nonsteroid (OAINS). Obat ini umumnya dipakai untuk mengatasi sakit punggung, sindrom pra-menstruasi, sakit gigi, serta sakit tenggorokan. Selain itu, ibuprofen juga berfungsi untuk mengatasi peradangan. Misalnya, peradangan akibat terkilir atau akibat gejala artritis.

    3. Naproxen

    Sama halnya seperti ibuprofen, naproxen juga termasuk dalam golongan OAINS dan banyak dijual sebagai obat radang tenggorokan di apotik. 

    Naproxen bekerja dengan cara menghalangi tubuh dalam memproduksi senyawa-senyawa yang menyebabkan peradangan. Salah satunya adalah prostaglandin.

    Dosis naproxen tergantung dari kondisi medis yang sedang Anda alami serta respons tubuh Anda terhadap pengobatan tersebut. Nah, untuk menghindari efek sampingnya, Anda disarankan untuk menggunakan naproxen pada dosis paling rendah dan dalam jangka waktu tersingkat.

    4. Guaifenesin

    Guaifenesin merupakan bahan aktif ekspektoran yang berfungsi membantu tubuh untuk mengencerkan lendir di saluran napas dan juga tenggorokan. Artinya, dahak dan lendir menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

    Ketika menggunakan guaifenesin, Anda disarankan untuk banyak minum air putih, karena hal ini akan membantu dalam mengencerkan lendir sekaligus melubrikasi tenggorokan yang sakit.

    Perlu diketahui, biasanya radang tenggorokan akut akan membaik dalam kurun waktu 5 hingga 10 hari meski tanpa pengobatan menggunakan bahan alami ataupun obat radang tenggorokan akut resep dokter.

    Namun, Anda disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter apabila keluhan radang tenggorokan terus terjadi hingga lebih dari 10 hari dan makin bertambah parah.

    Terutama apabila radang tenggorokan disertai dengan keluhan seperti kesulitan bernapas, kesulitan menelan, kesulitan membuka mulut, terjadi pembengkakan pada wajah atau leher, nyeri telinga, darah pada liur atau dahak, dan mengalami demam tinggi.

    Demikianlah penjelasan tentang obat radang tenggorokan ini. Semoga bermanfaat.

    viral minggu ini

    BAGIKAN !

    Jika kontent kami bermanfaat
    share wa
    share fb