Obat Gondongan Alami dan Resep Medis Untuk Anak

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 03 Jan 2020

Obat Gondongan Alami dan Resep Medis Untuk Anak

Ilustrasi gondongan pada anak - Image from health.detik.com

Obat Gondongan Alami dan Resep Medis Untuk Anak Atasi gondongan pada anak dengan obat gondongan alami dan medis berikut ini.

Penyakit gondongan adalah penyakit menular yang biasanya terjadi pada anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh virus dari paramyxovirus family

Gondongan pada anak pasti akan menyebabkan anak rewel dan membuat orang tua khawatir. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui obat gondongan pada anak mulai dari bahan alami hingga obat medis berikut ini.

Baca Juga :
1. Obat Mujarab Sariawan di Lidah yang Alami
2. Difteri: Penyebab, Gejala, Pencegahan dan Penanganannya
3. Penyebab, Gejala, dan Obat Trigliserida yang Ampuh

Apa Itu Gondongan?

Obat Gondongan Alami dan Resep Medis Untuk Anak

Ilustrasi gondongan - Image from nakita.grid.id

Gondongan adalah pembengkakan yang terjadi pada kelenjar parotis yang diakibatkan oleh infeksi virus dari keluarga paramyxovirus.

Kelenjar parotis sendiri merupakan suatu kelenjar yang berperan untuk memproduksi air liur yang letaknya tepat di bawah telinga. Ketika anak mengalami gondongan, maka bagian sisi wajahnya akan terlihat membesar.

Virus gondongan bisa menular melalui percikan ludah yang dikeluarkan oleh penderita gondongan ketika batuk ataupun bersin. 

Orang yang sehat bisa tertular gondongan jika percikan tersebut masuk ke hidung atau ke mulut mereka, baik secara langsung ataupun lewat perantara, misalnya seperti berbagi peralatan makan dengan penderita ataupun menyentuh permukaan benda-benda yang sudah terkontaminasi virus.

Penyebaran gondongan terjadi dalam waktu beberapa hari saja. Oleh karena itu, upaya pencegahan perlu dilakukan sejak dini. 

Caranya yaitu dengan menghindari kontak langsung dengan penderita serta menjalani imunisasi, terutama bagi anak-anak di atas usia satu tahun.

Biasanya gejala penyakit gondongan baru terlihat dua minggu setelah anak terpapar virus. Adapun gejala yang umum terjadi pada anak ketika gondongan, antara lain : 

  1. Pembengkakan pada kelenjar air liur, baik di satu maupun kedua sisi wajah.
  2. Merasa lelah dan pegal-pegal.
  3. Sakit kepala.
  4. Demam tinggi.
  5. Nafsu makan menurun.
  6. Mulut terasa kering.
  7. Sakit ketika mengunyah atau menelan makanan.
  8. Nyeri pada perut.

Obat Gondongan Alami

Bunda bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai obat gondongan untuk bayi dan anak-anak, selain minim efek samping, bahan alami juga mudah didapatkan. Dan berikut beberapa bahan alami untuk obat gondongan anak :

1. Minum banyak air putih

Obat Gondongan Alami dan Resep Medis Untuk Anak

Obat gondongan - Image from id.pinterest.com

Gejala gondongan pada anak yang paling umum terjadi adalah nyeri rahang bagian belakang ketika mengunyah yang disertai kaku pada rahang, sehingga anak akan kesulitan membuka mulut. Akibatnya, anak akan kehilangan selera makan karena sulit untuk mengunyah, termasuk sekedar minum air putih.

Jika hal tersebut terus dibiarkan, maka anak akan rentan mengalami dehidrasi. Padahal, asupan air yang tercukupi akan membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh anak.

Oleh karena itu, Bunda harus memastikan anak mengkonsumsi banyak air putih, hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya dehidrasi akibat demam.

Hal yang tak kalah penting adalah, jangan memberikan anak terlalu banyak minuman yang berasa, khususnya minuman kemasan atau jus, karena hal tersebut dapat merangsang produksi air liur yang justru membuat gondongan makin sakit.

2. Mengompres air hangat

Obat Gondongan Alami dan Resep Medis Untuk Anak

Kompres air panass sebagai obat gondongan - Image from kumparan.com

Obat gondongan apa yang paling minim efek samping? Jawabannya adalah air hangat. Ya, Bunda bisa mengompres air hangat pada bagian leher yang membengkak saat gondongan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa tidak nyaman karena nyeri, rasa sakit dan mengurangi bengkak.

3. Pastikan anak istirahat yang cukup

Obat Gondongan Alami dan Resep Medis Untuk Anak

Istirahat yang cukup bisa digunakan sebagai obat gondongan - Image from lifestyle.okezone.com

Obat gondongan anak selanjutnya adalah istirahat yang cukup. Ya, Bunda harus memastikan anak mendapatkan istirahat yang cukup. Apabila anak terus rewel, Bunda bisa menemaninya selama tidur agar ia menjadi tenang.

Istirahat berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak sekaligus menghentikan penyebaran virus, sebaiknya anak mengistirahatkan diri di rumah selama kurang lebih lima hari, terhitung setelah kelenjar parotis mulai terlihat membengkak.

Selain itu, istirahat juga bertujuan untuk mencegah menularnya virus pada orang lain. Pasalnya, virus penyebab gondongan akan sangat menular bahkan hingga seminggu setelah gejala mulai muncul.

4. Perhatikan asupan makanan anak

Obat Gondongan Alami dan Resep Medis Untuk Anak

Asupan makanan anak - Image from nakita.grid.id

Pemilihan asupan makanan yang tepat merupakan salah satu obat gondongan pada anak yang ampuh. Selain itu, asupan makanan yang baik serta terkontrol juga dapat membantu menurunkan resiko komplikasi dari gondongan, serta mempercepat proses penyembuhan penyakit gondongan.

Makan makanan yang keras membuat anak susah menelan dan akhirnya menjadi tidak nafsu makan, oleh karena itu cobalah memberikan anak makanan yang lunak dan mudah ditelan, seperti bubur, sup, yogurt, kentang rebus tumbuk, bubur nasi, nasi tim, dan makanan lainnya yang mudah dikunyah dan ditelan.

Hindari pula memberi anak makanan atau minuman yang asam, seperti jus jeruk, lemon, grapefruit dan nanas. Pasalnya, makanan tersebut dapat memperbanyak produksi air liur. 

Yang mana kondisi tersebut bisa memperburuk gejala gondongan yang dialami oleh anak. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menghindari memberikan anak makanan yang pedas dan makanan yang berminyak.

Obat Gondongan Medis

Selain memberi anak pengobatan alami, Bunda juga bisa mendapatkan obat gondongan di apotik tanpa atau dengan resep dokter.

Perlu diketahui, obat antibiotik bukanlah obat gondongan pada anak maupun orang dewasa yang paling ampuh. Anda dapat meringankan gejala gondongan dengan cara minum obat pereda nyeri.

Obat tersebut berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan juga meredakan demam yang muncul akibat pembengkakan di kelenjar air liur.

Adapun obat pereda nyeri yang bisa Anda beli di apotek antara lain paracetamol, ibuprofen, dan naproxen. Obat gondongan di apotik tersebut bisa Anda beli secara bebas tanpa resep dokter.

Hal yang harus diperhatikan adalah, Anda diwajibkan untuk membaca petunjuk pemakaian obat tersebut pada label kemasan obat. Pasalnya, dosis obat gondongan mungkin bisa berbeda-beda berdasarkan usia pasien.

Jika Anda memerlukan jenis dan dosis obat yang lebih kuat, Anda bisa mengkonsultasikan ke dokter agar dokter meresepkannya untuk Anda.

Penting juga untuk lebih berhati-hati ketika memberikan obat aspirin pada penderita gondongan yang masih anak-anak atau remaja. Pasalnya, penggunaan aspirin pada anak-anak bisa saja menyebabkan sindrom Reye yang bisa mengancam kesehatan anak. Oleh karena itu, pastikan Bunda tidak memberikan aspirin sebagai obat gondongan pada anak.

Nah, untuk penyakit gondongan yang lebih parah, penggunaan obat gondongan tersebut mungkin tidak akan memberikan efek kesembuhan yang optimal. Pasalnya, komplikasi akibat gondongan memerlukan perawatan medis yang lebih lanjut, misalnya seperti rawat inap.

Pencegahan Gondongan Pada Anak

Obat Gondongan Alami dan Resep Medis Untuk Anak

Ilustrasi vaksin MMR - Image from parenting.orami.co.id

Gondong pada anak dapat dicegah dengan cara memberikan vaksin MMR (Mumps, Measles, dan Rubella) pada bayi usia 15 bulan dan diulangi lagi pada umur 5 hingga 6 tahun. Vaksin MMR mencegah tiga penyakit sekaligus yakni gondong, campak, serta campak Jerman.

Bisa dibilang, kemungkinan si Kecil terserang penyakit gondong sangat kecil apabila ia telah mendapatkan vaksin MMR.

Namun apabila si Kecil belum mendapatkan vaksin MMR, maka Bunda bisa mencegah gondong dan kedua penyakit lainnya dengan cara selalu menjaga kebersihan tangan dan juga tidak bertukar atau bergantian tempat makan serta alat mandi terutama sikat gigi, hal ini tentu saja guna mencegah penularan virus gondong.

Komplikasi yang ditimbulkan oleh penyakit MMR sangatlah berbahaya, bahkan bisa berakibat pada nyawa penderita. Oleh karena itu, mulailah pola hidup sehat dengan cara menjaga kebersihan lingkungan dan juga kebersihan si Kecil, serta memenuhi asupan nutrisinya agar ia memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Semoga bermanfaat.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb