Benarkah Setiap Manusia Diikuti Jin Qarin Selama Hidup di Dunia?

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 18 Dec 2020

Benarkah Setiap Manusia Diikuti Jin Qarin Selama Hidup di Dunia?

Ilustrasi jin qarin - Image from congkop.xyz

Siapakah jin qorin itu dan apa tugasnya?

Istilah qarin terdapat dalam Al Quran dan juga hadist Rasulullah SAW. Berikut dalil yang menyebutkan tentang jin qarin dan juga penjelasan ulama mengenai siapa dan apa tugas jin qarin mengikuti manusia?

Pernahkah kamu mendengar ada yang menyebut bahwa setiap manusia pasti disertai qarin? Lantas, apakah kamu tahu apakah qarin itu? 

Qarin adalah teman dari kalangan jin yang selalu menemani kapan pun dan dimana pun manusia berada selama di dunia. Namun, apakah sebenarnya yang dimaksud qarin, apakah itu jin, setan atau yang lainnya? 

Pakar Ahli Tafsir Alquran, Prof M Quraish Shihab menjelaskan dalam bukunya Mistik, Seks, dan Ibadah, istilah qarin ditemukan dalam Alquran dan juga hadits. 

Allah berfirman dalam surat Az-Zukhruf ayat 36 :

وَمَنْ يَّعْشُ عَنْ ذِكْرِ الرَّحْمٰنِ نُقَيِّضْ لَهٗ شَيْطٰنًا فَهُوَ لَهٗ قَرِيْنٌ 

“Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Mahapemurah (Alquran), Kami adakan baginya setan (yang menyesatkan)."

Setan yang dimaksud ayat tersebut adalah qarin atau teman yang selalu mengikuti manusia selama hidup di dunia. 

Dalam hadits Abdullah bin Mas’ud RA, Rasulullah SAW juga menyebutkan perihal qarin, beliau bersabda.

عن ابن مسعود رضي الله عنه أن النبي ـ صلى الله عليه وسلم ـ قال “ما منكم من أحد إلا وقد وُكِّل به قَرِينُه من الجن وقرينُه من الملائكة” قالوا: وإيَّاك؟ قال: “وإيَّايَ إلا أن الله أعانني عليه فأسلم فلا يأمرني إلا بخير"

“Tidak seorang pun di antara kamu kecuali telah ditetapkan bersamanya qarin (pendamping dari makhluk jenis jin atau setan). Para sahabat lalu bertanya, “Walau engkau wahai Rasul Allah?” 

Rasulullah menjawab “Aku pun demikian, hanya saja Allah melimpahkan rahmat-Nya kepadaku sehingga aku selamat atau (dengan terjemahan yang lain) sehingga dia memeluk Islam."

Qarin yang ditegaskan dalam hadits tersebut yaitu mereka yang membisikkan pikiran-pikiran buruk dalam hati manusia. 

Rasulullah menyebut bisikan tersebut sebagai lammah syaithaniyah. Ada juga lammah malakiyah, yakni dorongan malaikat. Tak hanya itu, qarin juga disebut dalam surat Qaf ayat 23-24:

وَقَالَ قَرِيْنُهٗ هٰذَا مَا لَدَيَّ عَتِيْدٌۗ اَلْقِيَا فِيْ جَهَنَّمَ كُلَّ كَفَّارٍ عَنِيْدٍ 

“Dan berkata qarin atau temannya : inilah di sisiku telah tersedia. Lemparkanlah oleh kamu berdua wahai malaikat ke dalam Jahanam semua yang sangat ingkar dan keras kepala.”

Kata qarin atau teman yang teradapat di ayat tersebut, dipahami sebagian ulama dalam arti setan yang menyertai manusia saat di dunia. 

Dialah yang berkata, “Orang kafir yang ada di sisiku ini telah siap untuk dimasukkan ke dalam neraka karena aku telah menyesatkannya.”

Ada pula yang berpendapat qarin yang dimaksud adalah malaikat penggiring manusia dalam neraka. 

Oleh sebab itu, manusia harus selalu waspada akan godaan dan hasutan qarin ataupun setan di sekitar kita. Entah dalam keadaan sendiri atau bersama orang lain. 

Senantiasa membaca basmillah setiap akan beraktivitas, agar diri kita dijaga oleh Allah SWT dan dilindungi dari segala keburukan. 

Wallahu a'lam bishawab. 

SHARE ARTIKEL