Sosok Berjasa Dibalik Perubahan Nasib Akbar, Pemulung yang Ngaji di Emperan

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 13 Nov 2020

Sosok Berjasa Dibalik Perubahan Nasib Akbar, Pemulung yang Ngaji di Emperan

Foto viral Akbar dan Hermawan si tukang parkir - Image from style.tribunnews.com

Masyaallah, inilah sosok yang mengunggah foto Akbar

Ia adalah seorang tukang parkir di jalan Braga. Ia turut mengisahkan tentang cerita dibalikk foto yang diambil dan diunggahnya di media sosial. Ia tak menyangka foto yang diambilnya bisa membantu Akbar. 

Terungkap inilah sosok yang mengabadikan foto Akbar pemulung yang viral ngaji di emperan. Ternyata ia adalah seorang tukan parkir. 

Jika Allah SWT sudah berkendak mengubah nasib seseorang, maka siapapun pasti bisa dipakai untuk menjadi alatnya.

Dan inilah yang tengah terjadi pada Muhammad Gifari Akbar, pemulung yang sempat viral saat membaca Al Quran di emperan, ditemani hujan rintik saat itu. 

Siapa sangka setelah fotonya ngaji di emperan viral di media sosial, kehidupan Muhammad Gifari Akbar alias Akbar dibanjiri oleh rezeki. 

Tak hanya akan diangkat jadi direktur, kini Abkar ternyata telah diangkat anak oleh seorang pendakwah kondang Syekh Ali Jaber.

Tak hanya itu ia juga berencana berangkat umrah bersama Syekh Ali Jaber dan bakal dipersiapkaan menjadi imam besar kelak.

Sosok Hermawan Dibalik Viralnya Pemulung 

Namun tahukah kamu siapa sosok yang paling berjasa mengubah nasib Akbar menjadi seperti saat ini?

Ya, ia adalah Hermawan, seorang tukang parkir yang saat itu tak sengaja memfoto Akbar ketika sedang mengaji di emperan. 

Saat dihubungi, Hermawan ternyata bekerja sebagai juru parkir di Jalan Braga, tempat Akbar difoto saat sedang mengaji. 

Hermawan mengaku, sejak 1999, ia sudah menjadi tukang parkir. Awan pun kemudian menceritakan kisah di balik foto viral Akbar itu.

Foto itu diambil Awan pada Selasa, 27 Oktober 2020. Ia sempat mengunggah foto tersebut melalui akun facebooknya. Namun dihapus kembali karena Awan merasa kasihan dengan Akbar.

"Waktu itu sore, sekitar jam 16.30 WIB. Memang lagi hujan rintik di Braga. Saya lagi jaga kendaraan. Ada konsumen yang minta diantar ke seberang jalan, saya antar," ujar Awan pada Kamis (12/11/2020).

Di seberang jalan itu lah, Awan melihat Akbar yang sedang mengaji di emperan sebuah bangunan saat hujan rintik-rintik. Ia pun terkesan dengan sosok Akbar.

"Di sana, saya lihat dia (Akbar) lagi mengaji. Ya saya foto saja. Karena itu kan pemandangan yang bagaimana lah," katanya.

Sempat Hapus Postingan karena Kasihan 

Awan mengaku sebelumnya tak mengenal Akbar sama sekali. Di hari itu, ia baru pertama kali melihat Akbar di Jalan Braga. Ia pun tak menyangka jika foto tersebut bisa ubah nasib Akbar.

"Hari itu saya belum langsung posting di Instagram. Awalnya saya posting di Facebook. Lalu tak lama saya hapus, karena saya pikir kasihan," katanya.

"Baru saya posting lagi malam jam 21.30 di Facebook. Besoknya, banyak komentar yang masuk. Kata istri saya, foto saya itu banyak diposting ke IG (instagram). Baru saya unggah ke IG," kata ayah dua anak itu.

Warga Kampung Babakan Sawah, RT 7/3, Kelurahan Sukahaji, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung tersebut mengaku banyak yang bertanya soal keberadaan Akbar pasca foto tersebut diunggah. 

Banyak yang mau membantu Akbar, namun Awan tidak mengetahui keberadaannya. Bahkan mengenalnya saja tidak. 

"Akhirnya Akbar ditemukan juga. Banyak orang yang akhirnya membantunya," katanya.

Banyaknya orang yang membantu Akbar, membuat Awan senang karena secara tidak langsung bisa membantu orang lain.

Sementara itu setelah viral, kini Akbar telah diangkat anak oleh Syekh Ali Jaber. Tak hanya itu saat ini Akbar juga sedang bersiap berangkat umrah bersama Syekh Ali Jaber.

Keteguhan hati Muhammad Gifari Akbar membawa dan membaca Alquran kemana pun ia pergi membuat Syekh Ali Jaber bertekad untuk mempersiapkannya menjadi imam besar kelak.

Semoga kelak Akbar bisa menjadi imam besar di masa depan yang bisa bermanfaat bagi nusa, bangsa dan agama. 

SHARE ARTIKEL