Masyaallah, Bikin Haru, Akbar Bertemu Calon Ayah Asuhnya, Syekh Ali Jaber

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 11 Nov 2020

Syekh Ali Jaber dan Akbar - Image from republika.co.id

Syekh Ali berniat untuk mengangkatnya jadi anak asuh 

Tak hanya itu, beliau juga ingin memberangkatkan Akbar untuk pergi umroh ke Tanah Suci Mekkah. Begini kondisi dan suasana pertemuan keduanya yang membuat jamaah terharu.

Muhammad Gifari Akbar (16), pemulung yang viral saat sedang mengaji di trotoar Jalan Braga, Bandung, akhirnya berkesempatan untuk bertemu dengan Syekh Ali Jaber di Muslimah Center Nuurun Nisa, Cihanjuang, Kabupaten Bandung Barat.

Akba langsung datang dari Garut pada Selasa (10/11/2020) tetapi baru berkesempatan bertemu dengan Syekh Ali Jaber pada keesokan harinya pada Rabu (11/11/2020). Waktu ini bertepatan dengan agenda tausyiah di muslimah center tersebut.

Kedatangan Akbar jadi kejutan bagi Syekh Ali Jaber, yang sebelumnya tidak tahu jika dirinya ikut hadir di kegiatan tersebut. Sebab Syekh Ali Jaber sebetulnya berniat untuk mendatangi Akbar secara langsung di rumahnya di Garut. 

Penuh Haru 

Pertemuan Akbar dan Syekh Ali Jaber berlangsung penuh haru dan membuat para jamaah yang hadir turut menangis. 

Keduanya saling berpelukan, disaksikan jemaah tausyiah. Syekh Ali Jaber tak sungkan mencium pipi dan juga kepala Akbar lalu memeluknya kembali. 

Akbar kemudian diminta untuk membacakan Surat Alfatihah di samping Syekh Ali Jaber. Suaranya yang merdu membuat sang pendakwah tidak henti meneteskan air mata penuh haru. 

Akbar Tak Menyangka Bisa Bertemu Syekh Ali Jaber

Akbar yang mengenakan gamis berwarna putih kemudian mengaku tak menyangka akhirnya bisa bertemu dengan Syekh Ali Jaber. Apalagi sampai bisa dipeluk dan juga dicium oleh pendakwah tersebut. 

"Ketemu Syekh Ali Jaber perasaannya senang sekali, tidak menyangka. Saya kira ini mimpi ternyata ini kenyataan," ungkap Akbar sambil terbata-bata.

Akbar belum banyak berbincang dengan Syekh Ali Jaber. Namun ia mengaku sudah mendengar perihal kabar akan diangkat anak dan diumrahkan oleh Syekh Ali Jaber. Namun ia mengaku belum tahu kapan keduanya dilaksanakan. 

"Katanya memang mau dijadikan anak angkat dan diumrahkan. Tapi belum tahu kapan. Saya ketemu dengan Syekh saja sudah bahagia. Saya akan mendoakan yang terbaik buat Syekh Ali Jaber, semoga selalu dilindungi Allah SWT," tuturnya.

Masyaallah, berangkat dari membaca Al Quran, mengantarkan Akbar bertemu ulama yang dicintai Umat Islam. Semoga perjalanan ini memberikan kesempatan padanya untuk menjadi seorang muslim yang lebih baik lagi.